preloader
Edit

Tentang Kita

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

4 Cara untuk Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • 4 Cara untuk Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat
 4 Cara untuk Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat

Tulang belakang merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang paling sensitif karena terdapat jaringan saraf yang menghubungkan langsung ke otak. Selain itu, otot dan tulang di bagian belakang tubuh manusia juga merupakan bagian tubuh yang paling aktif bergerak. Selain itu, mengutip dari artikel kesehatan Spine Health oleh Saurabh Dang, seorang dokter umum (2020) menyatakan bahwa gangguan tulang belakang seperti saraf kejepit, spinal stenosis, hingga osteoporosis merupakan salah satu gangguan yang sulit terobati.

Hal ini karena beberapa gangguan tersebut tak hanya saja memakan waktu pengobatan yang lama, akan tetapi juga membutuhkan banyak biaya. Agar terhindar dari gangguan yang membahayakan, maka sebaiknya ikuti 4 cara untuk menjaganya agar tetap kuat dan sehat.

4 cara menjaga kesehatan tulang belakang

Menjaga tulang belakang agar tetap sehat

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat, di antaranya:

  • Biarkan beristirahat saat tertidur

Saat beristirahat seperti berbaring, maka tulang belakang atau spine yang telah bekerja keras dalam beraktivitas seharian akan memiliki waktu untuk beristirahat dan mengalami proses pemulihan atau peremajaan. Untuk itu, agar proses peristirahatan menjadi maksimal, sebaiknya gunakanlah Kasur dan bantal yang menunjang. Seperti, kasur yang tidak terlalu empuk maupun terlalu keras. Ini kamu lakukan agar menimbulkan tekanan pada tulang  untuk membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Selain itu, bantal juga sangat penting untuk kamu perhatikan posisi bantal saat tertidur.

  • Latihan otot perut dan punggung

Otot inti terletak di antara punggung bawah dan perut. Otot tersebut harus kuat untuk menopang dan mengurangi tekanan di bawah punggung. Sayangnya, beberapa dari kita jarang menggunakan otot ini untuk beraktivitas. Sehingga, otot menjadi lemah. Untuk itu, latihan fisik sangat baik untuk melatih otot-otot tersebut agar kembali kuat. Kamu bisa melakukan konsultasi dengan fisioterapis untuk melakukan latihan fisik yang sesuai dengan kebutuhanmu.

  • Perhatikan sepatu yang kamu gunakan

Sepatu yang kamu gunakan sehari-hari, berperan penting dalam menopang punggung bagian bawah. Sepatu yang baik biasanya memberikan alas yang mendukung untuk membantu tulang dan tubuh agar tetap sejajar. Selain itu, pilihlan juga sepatu yang memiliki struktur yang bagus, sehingga keseimbangan tubuh juga tetap terjaga.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Perbedaan Cedera dan Trauma Pada Tulang!

  • Perhatikan posisi dan lama waktu duduk

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan tekanan berlebih pada tulang. Jika terlalu lama duduk. Hal ini akan membuat punggung rentan terkena risiko saraf kejepit, dan nyeri punggung. Memilih kursi kantor yang tepat dan mempraktikan postur yang baik saat duduk memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan punggung.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar membuat tulang tetap sehat sehingga terhindari dari risiko masalah lainnya. Jika kamu mengalami gangguan, segeralah melakukan pemeriksaan dan konsultasi di klinik Lamina Pain and Spine Center.

 

Baca juga: Benarkah Merokok Penyebab Tulang Belakang Nyeri?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. All Rights Reserved.

    Daftar Online