Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
Waspada! Cedera Bisa Jadi Penyebab Munculnya Syaraf Kejepit!

5 Hal Bisa Menjadi Penyebab Saraf Kejepit Kambuh Kembali

Penyebab saraf kejepit adalah akibat bantalan tulang yang menonjol ke luar dari tempatnya. Hal ini dapat membuat saraf di sekitar area tulang mengalamai tekanan akibat jepitan bantalan tulang. Sehingga, dapat menyebabkan nyeri yang luar biasa di area sekitar bantalan tulang yang terjepit. Hal ini karena, mengutip dari artikel (2021) menyebutkan bahwa, jalur saraf menjalar dari otak ke sum-sum tulang belakang. Jadi, ketika seseorang mengalami saraf yang terjepit, maka tubuh akan mengirim sinyal ke otak berupa rasa nyeri sebagai tanda bahaya. Efek atau komplikasi yang timbul akibat saraf kejepit bisa menjadi ringan hingga berat. Juga, bisa menimbulkan efek langsung atau efek jangka panjang.

Hal tersebut bergantung pada tingkat keparahan pada saraf yang terjepit. Semakin cepat terobati, semakin minor dampak yang akan timbul. Untuk itu, sebaiknya hindari beberapa kegiatan di bawah ini yang dapat menyebabkan saraf terjepit memburuk atau kambuh kembali.

  1. Kelebihan berat badan

Ketika tubuh menopang beban terlalu berlebih akibat kenaikan berat badan, maka akan menyebabkan tekanan pada musculoskeletal. Sehingga, tulang belakang dan struktur tulang lainnya juga akan ikut tertekan. Hal ini tentunya dapat menyebabkan cakram menonjol ke luar dari jalurnya dan menimbulkan rasa sakit serta kesemutan. Inilah yang dapat menyebabkan Herniated Nucleous Pulposus (HNP)> Dengan menjaga berat badan tetap ideal, maka kamu telah mengurangi tekanan pada struktur tulang belakang.

  1. Berdiri dalam waktu yang lama

Beberapa orang yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk beridiri dalam waktu yang lama, serta melakukan gerakan punggung yang memutar lebih berisiko terkena HNP. Hal ini karena berdiri terlalu lama serta melakukan gerakan memutar punggung yang konstan dapat menyebabkan tulang mengalami keausan/kerusakan pada tulang. Hal ini tentu dapat menjadi salah satu penyebab munculnya saraf kejepit.

  1. Pernah mengalami saraf kejepit yang kronis sebelumnya

Mengutip dari Integrated Spine and Pain Care (2022) menyebutkan bahwa jika seseorang pernah mengalami saraf kejepit. Maka, akan lebih berisiko mengalaminya kembali di masa yang akan datang. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengobatan yang tepat pada masalah HNP/saraf kejepit agar

  1. Usia

Seiring berjalannya usia, maka kepadatan tulang akan semakin berkurang. Sehingga, tulang menjadi rapuh dan mudah rusak. Begitupun dengan bantalan disk yang terdapat di sekitar tulang. Kondisi ini dapat menyebabkan HNP atau saraf yang terjepit oleh bantalan tulang.

  1. Kurang bergerak

Gaya hidup yang malas dan jarang bergerak dapat memberikan tekanan pada punggung. Sehingga, dapat meningkatkan risiko pada masalah punggung, termasuk HNP. Oleh karena itu, olahraga sangat membantu seseorang untuk terhindar dari masalah ini.

Baca juga: Kapan Harus Melakukan Operasi saraf? Ini Yang Harus Kamu Ketahui!

Pengobatan terbaik saraf kejepit

Jika, kamu telah melakukan segala cara untuk mengatasi saraf kejepit. Namun, saraf kejepit tetap kambuh. Maka, sebaiknya segeralah melakukan pengobatan medis yang telah teruji oleh para pakar kesehatan. Seperti, pengobatan di klinik Lamina Pain and Spine Center. Semua konsultasi, pemeriksaan, hingga tindakan didukung oleh para dokter spesialis bedah saraf berpengalaman dalam menangani masalah saraf kejepit. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi nomor yang ada pada website.

Baca juga: Nyeri Tulang Belakang Bisa Menjadi Gejala dari Skoliosis

Artikel Terkait