Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center

Aktivitas Pemicu Terjadinya Tulang Kering Sakit

Tulang kering sakit ditandai dengan rasa nyeri pada bagian bawah kaki sepanjang tulang kering kaki atau tibia. Penyebabnya beragam, namun yang paling sering terjadi akibat shin splint. 

Penyebab terjadinya tulang kering sakit saat beraktivitas 

Berikut adalah beberapa kondisi yang menyebabkan tulang kering sakit saat beraktivitas: 

1. Shin splints 

Adalah kondisi peradangan yang terjadi pada bagian tendon, otot, dan jaringan tulang pada sekitar tulang kering. Shin splints dapat terjadi karena penggunaan kaki bagian bawah secara berulang-ulang, seperti berlari, menari, dan juga saat senam. Rasa nyeri yang timbul biasanya terasa tajam dan juga berdenyut. 

2. Cedera ringan

Akibat dari aktivitas olahraga terlalu keras, terjatuh dan terbentur. Cedera ini umumnya menimbulkan sejumlah gejala seperti, pembengkakan, rasa sakit, memar, benjol, pendarahan hingga kelemahan ataupun kaku pada tulang kering kaki. 

Baca juga: ankle sprain

3. Memar tulang 

Umumnya terjadi setelah seseorang mengalami cedera cukup serius, sehingga menyebabkan bagian tulang merusak pembuluh darah. Pada kondisi ini darah dan juga cairan menumpuk pada jaringan sehingga menyebabkan kerusakan. Meerupakan kondisi serius yang memerlukan penanganan dokter maupun tenaga medis profesional. 

4. Fraktur stres atau retak 

Fraktur stres adalah kondisi otot yang terlalu lelah akibat sering beraktivitas. Otot yang terlalu bekerja keras tidak lagi sanggup menerima tekanan sehingga memberikan tekanan ke tulang yang menyebabkan munculnya retakan. 

5. Adamantinoma dan osteofibrous displasia

 Adamantinoma adalah tumor yang pertumbuhannya lambat dan terbentuk setelah tulang berhenti mengalami pertumbuhan. Sedangkan osteofibrous displasia adalah kondisi tumor bersifat non-kanker dan tidak menyebar. Jenis tumor ini umumnya terbentuk sejak anak-anak. 

6. Displasia fibrosa 

Adalah penyakit berupa tumor jinak dan juga non-kanker. Penderita displasia fibrosa pada tulang kering kaki akan mengalami pertumbuhan jaringan fibrosa abnormal yang dapat menggantikan fungsi tulang normal.

Mengatasi tulang kering sakit 

Pada kondisi yang cukup ringan, kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya. Namun kamu juga bisa mempercepat proses penyembuhan dengan melakukan beberapa langkah sederhana seperti berikut: 

1. Mengistirahatkan kaki 

Ketika terasa nyeri, kamu bisa beristirahat dan melakukan peregangan pada otot betis dan bagian depan. Jika rasa nyeri masih terus berlanjut kamu perlu beristirahat total dan segera menghubungi dokter. 

2. Mengompres dengan es batu

Kamu juga bisa meletakkan es batu pada bagian tubuh yang terasa nyeri, termasuk pada tulang kering rutin selama 10 menit setiap 3 atau 4 jam sekali untuk meringankan bengkak dan juga rasa sakit. Lakukan secara berulang selama beberapa hari. 

3. Minum obat penghilang rasa sakit 

Kamu juga bisa minum obat analgesik antiinflamasi untuk membantu mengurangi nyeri  dan juga pembengkakan.  Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menentukan jenis obat yang hendak kamu konsumsi. 

4. Mengurangi aktivitas berat 

Mengurangi aktivitas berat yang kamu lakukan. Misalnya saat berolahraga kamu bisa melakukannya secara rutin dan tidak secara berlebihan untuk mengurangi resiko terjadinya cedera.

Kamu juga bisa memilih sepatu yang nyaman saat berolahraga. Hal ini penting sebab untuk menghindari terjadinya benturan pada permukaan tanah dan bisa menimbulkan cedera pada tulang kering. Selain itu juga kamu disarankan untuk melakukan pemanasan dan peregangan setelah berolahraga. 

Jika rasa nyeri tidak kunjung mereda setelah melakukan perawatan dan juga pengobatan, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan tindakan medis lain, seperti operasi fasciotomy. Prosedur ini adalah pilihan terakhir jika beberapa pengobatan tidak berhasil. 

Artikel Terkait