Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
makanan yang baik untuk penderita arthritis

Anjuran Makanan Bagi Penderita Arthritis

Arthritis merupakan masalah umum yang melibatkan radang kronis pada sendi. Hal ini dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri pada bagian tubuh yang terserang. Bahkan, bisa kerusakan sendi hingga tulang. Arthritis ini terbagi menjadi beberapa jenis, salah satu yang paling umum adalah osteoarthritis. Mengutip dari Healthline (2020) menyebutkan bahwa lebih dari 40% pria dan 47% wanita terdiagnosis memiliki osteoarthritis semasa hidupnya.

Meskipun ada banyak berbagai jenis pengobatan, namun ternyata makanan bisa menjadi beberapa faktor yang bisa mempercepat dan memperlambat penyembuhan pada penderita arthritis.

Makanan yang baik untuk penderita arthritis

Mengutip dari Rheumatology Center of New Jersey (2021) menyebutkan bahwa makanan yang penderita konsumsi sehari-hari dengan kandungan gizi tertentu dapat mengurangi gejala dari arthritis, serta bisa meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan. Berikut adalah makanan yang baik bagi penderita arthritis, di antaranya:

  • Asam lemak omega 6

Kandungan gizi tersebut dapat kamu temukan dalam makanan seperti, jagung, sayuran, dan biji matahari. Makanan tersebut memiliki anti-inflamasi yang para ahli percaya bisa mengurangi gejala pada radang sendi.

  • Omega 3

Sama halnya dengan omega 6, makanan yang mengandung omega 3 juga memiliki anti-inflamasi yang baik untuk pada penderita arthritis/radang sendi. Suplemen ikan, maupun ikan seperti sarden dan salmon juga memiliki kandungan gizi omega 3.

  • Sayuran dan buah

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, sayur dan buah juga sangat baik untuk para penderita radang sendi. Beberapa sayuran memiliki anti-inflamasi dan kartenoid yang bisa memperbaiki gejala pada radang sendi. Sedangkan pada buah, vitamin C juga bisa memperkuat dan sekaligus melindungi tulang yang rawan.

Baca juga: Waspada Bahaya Cedera Mata Kaki, Sprain Ankle!

Makanan yang memperparah kondisi

Selain makanan yang baik, sebagai penderita arthritis, kamu juga harus menghindari beberapa pantangan yang bisa membuat kondisi radang sendimu menjadi lebih buruk. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari agar tak memperparah kondisi sendi, seperti:

  • Membatasi asupan gula

Mengutip dari Healthline (2020) menyebutkan bahwa hasil dari sebuah penelitian pada hubungan makanan dan gejala arthritis, ditemukan bahwa makanan yang mengandung gula merupakan makanan yang sering memperbutuk gejala pada arthritis.

  • Daging merah

Penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa bila seseorang sering mengonsumsi daging merah, menunjukan adanya inflamasi tingkat tinggi seperti interleukin yang dapat memperparah kondisi radang sendi.

  • Makanan yang mengandung gluten

Gluten merupakan protein yang ada pada makanan jenis padi-padian, salah satunya adalah gandum. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ada peningkatan keparahan gejala secara signifikan pada orang-orang yang sering mengonsumsi makanan dengan kandungan gluten.

Selain beberapa kandungan makanan seperti di atas, penderita arthritis juga sebaiknya menghindari makanan junkfood, dan minuman alkohol. Keduanya juga dapat memperburuk kondisi pada radang sendi yang kamu alami. Jika, gejala yang muncul tidak membaik, sebaiknya segerakan diri untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis di klinik Lamina Pain and Spine Center.

Baca juga: 6 Tanda Osteoporosis Yang Perlu Kamu Waspadai

Artikel Terkait