Atasi Sakit Punggung, Ini Salah Satu Gerakan yang Disarankan

JAKARTA — Satu kali dalam seumur hidup manusia pasti pernah mengalami nyeri punggung. Kadarnya memang berbeda-beda seperti juga sebabnya. Atasi sakit punggung yang ringan dan bukan disebabkan hal yang berbahaya dengan gerakan sederhana ini.

Sebenarnya untuk mereka yang mengalami nyeri punggung berolahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda dan berenang tetap dianjurkan untuk menjaga kebugaran. Minimal 150 menit dalam sepekan.

Hanya saja sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter agar tak malah menimbulkan kerusakan lebih besar.

Untuk berkonsultasi Anda bisa mengunjungi Klinik Nyeri dan Tulang Belakang yang kini berganti nama menjadi Lamina Pain and Spine Center di Jl. Warung Jati Barat, Jakarta Selatan. Ada sejumlah dokter ahli seperti Dr.dr. Wawan Mulyawan SpBS dan dr. Yosi Yudha SpBS yang bisa membantu Anda. Ingin infomasi lebih lanjut? Cobalah konsultasi gratis via WhatsApp di nomor 0822131161.

Sedangkan jika nyeri punggung dan punggung bawah yang Anda rasakan masih ringan sifatnya, Anda bisa mencoba beberapa hal berikut.

Pertama, hindari keinginan untuk hanya rebahan di tempat tidur atau sofa. Perilaku ini malah akan membuat otot menjadi kaku dan rasa nyeri semakin menjadi.

Kedua, cobalah untuk bergerak ringan hingga lebih aktif. Ini akan menguatkan otot dan meningkatkan fleksibilitas untuk otot yang lebih kuat.

Ketiga, pastikan meski bergerak Anda tak melakukannya terlalu bersemangat. Jaga gerakan dalam intensitas moderat.

Atasi Sakit Punggung dengan Gerakan Yoga 

“Untuk atasi sakit punggung ringan Anda bisa mencoba gerakan peregangan ringan seperti cobra pose dalam yoga,” kata Lyndsay Hirst, fisioterapis di majalah Waitrose’s.

Anda bisa tidur tengkurap. dengan kedua telapak tangan menapak di lantai dekat dengan kepala. Tarik nafas dalam perlahan lalu angkat kepala sampai dada dari lantai. Biarkan tangan tetap menapak sebagai tumpuan Anda. Luruskan siku semampu Anda dan senyaman mungkin.

Tahan selama beberapa detik. Saat kembali ke posisi tengkurap, ambil nafas lagi.

Selain sering melakukan gerakan ini, dianjurkan juga untuk menghindari posisi duduk diam terlalu lama. “Hidup aktif bergeraklah sesering mungkin. Berdiam diri terlalu lama bisa menyebabkan sakit punggung dan memperparah sakit punggung yang sudah terjadi. Gerakan ringan seperti cobra pose ini bisa Anda lakukan berulang kali di rumah kapanpun Anda membutuhkannya. “

Jika nyeri tak juga hilang dalam beberapa pekan, segera cari bantuan ahli medis profesional. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan sebelum mengambil tindakan yang diperlukan. (***)

RS Meilia, Lantai 7, Jl. Alternatif Cibubur KM1, Cimanggis, Depok, Jawa Barat 16454

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2867-8888

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now