Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
Pijat Pinggang - Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Awas, Ini Bahaya Pijat yang Salah di Bagian Pinggang!

Pijat telah menjadi salah satu cara populer untuk mengurangi stres, mengurangi ketegangan otot, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Pijat pada bagian tubuh tertentu dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Termasuk pada bagian pinggang yang sering kali menjadi sasaran pijatan karena sering mengalami ketegangan dan rasa sakit. Namun, perlu Anda ingat bahwa pijat yang salah atau dilakukan tanpa pengetahuan yang memadai dapat menyebabkan bahaya serius, terutama pinggang.

Bahaya Pijat di Area Pinggang

Pijat Pinggang - Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Berikut adalah beberapa bahaya pijat yang salah di bagian pinggang:

Cedera Otot dan Jaringan Lunak

Jika melakukan pijat dengan tekanan yang terlalu keras atau gerakan yang tidak tepat, dapat menyebabkan cedera pada otot, tendon, atau ligamen pada sekitar pinggang. Ini bisa menyebabkan rasa sakit yang lebih buruk daripada sebelumnya dan memperburuk kondisi yang sedang dalam pengobatan.

Masalah Tulang Belakang

Pijatan yang salah pada daerah pinggang dapat menyebabkan masalah pada tulang belakang. Termasuk pergeseran cakram, hernia nukleus pulposus, atau masalah lain yang berhubungan dengan tulang belakang. Area pinggang adalah daerah yang sensitif dan rentan, sehingga perlu penanganan yang tepat.

Kerusakan Organ Dalam

Jika pijat dilakukan dengan tidak hati-hati, terutama dengan tekanan yang kuat, dapat menyebabkan kerusakan pada organ internal di sekitar pinggang. Perut adalah rumah bagi beberapa organ penting, seperti ginjal dan usus, sehingga risiko cedera harus diperhatikan dengan seksama.

Peradangan Lebih Parah

Jika ada kondisi peradangan pada daerah pinggang, seperti arthritis atau penyakit lainnya, pijatan yang salah dapat menyebabkan peradangan lebih lanjut dan memperburuk kondisi tersebut.

Nyeri Migrain

Tekanan yang salah atau gerakan pijatan yang tidak tepat pada bagian pinggang dapat menyebabkan nyeri kepala atau migrain pada beberapa orang. Ini terjadi karena adanya hubungan jaringan saraf yang kompleks antara pinggang dan kepala.

Efek pada Kehamilan

Jika seorang wanita hamil mendapatkan pijatan yang salah pada pinggang, bisa membahayakan janin dan menyebabkan kontraksi atau masalah kehamilan lainnya.

Pijat yang Salah Pada Kondisi Saraf Kejepit

Pada kasus saraf kejepit, pijatan dapat memicu rasa nyeri yang hebat dan memperparah kondisinya. Apabila saraf kejepit sudah parah, maka dokter biasanya akan menyarankan pengobatan lainnya. 

Salah satu pengobatan yang efektif untuk saraf kejepit yaitu dengan endoskopi Joimax. Endoskopi Joimax adalah teknik bedah minimal invasif yang digunakan untuk mengatasi masalah saraf, termasuk saraf kejepit. Teknik ini memanfaatkan endoskop, yaitu sebuah alat berbentuk tabung yang dengan kamera dan cahaya yang melengkapinya, untuk memperoleh gambar internal tubuh secara real-time. Dokter bedah dapat mengakses area yang terkena masalah melalui sayatan kecil (biasanya sekitar 7 mm) dan mengobati saraf yang terjepit dengan presisi tinggi.

Endoskopi Joimax telah membawa terobosan dalam penanganan saraf kejepit dengan pendekatan minimal invasif yang lebih aman dan efisien. Teknik ini mengurangi risiko dan mempercepat pemulihan pasien daripada pembedahan konvensional. Namun, sebelum menjalani tindakan, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah saraf kami di Lamina untuk mengetahui kondisi dan risiko komplikasi yang mungkin terjadi.

Baca Juga: Bahaya Pijat Injak Punggung Untuk Atasi Sakit Punggung

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Bahaya yang Mungkin Terjadi Jika Melakukan Pijat di Area Pinggang?

Berikut adalah beberapa bahaya pijat yang mungkin terjadii: 1. Cedera otot dan jaringan lunak 2. Masalah tulang belakang 3. Kerusakan organ dalam 4. Peradangan 5. Nyeri migrain 6. Efek pada kehamilan

Apa itu Endoskopi Joimax?

Endoskopi Joimax adalah teknik bedah minimal invasif yang digunakan untuk mengatasi masalah saraf, termasuk saraf kejepit. Teknik ini memanfaatkan endoskop, yaitu sebuah alat berbentuk tabung yang dengan kamera dan cahaya yang melengkapinya, untuk memperoleh gambar internal tubuh secara real-time.

Kenapa Pijatan yang Salah Dapat menimbulkan Masalah pada Tulang Belakang?

Pijatan yang salah pada daerah pinggang dapat menyebabkan masalah pada tulang belakang. Termasuk pergeseran cakram, hernia nukleus pulposus, atau masalah lain yang berhubungan dengan tulang belakang. Area pinggang adalah daerah yang sensitif dan rentan, sehingga perlu penanganan yang tepat.

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Artikel Terkait