Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center

Bagaimana Posisi Tidur Penderita Syaraf Kejepit Pinggang Agar Bisa Tidur Nyenyak?

Bagi penderita syaraf kejepit jangankan melakukan aktivitas harian, untuk menentukan posisi tidur yang nyaman saja sudah cukup sulit. Entah berbaring, tengkurap atau bahkan dalam posisi miring akan terasa serba salah.

Syaraf kejepit atau dalam bahasa medisnya hernia nukleus pulposus (HNP), dapat menyebabkan sakit pinggang. Kondisi ini bisa terjadi akibat gangguan saraf yang sebabkan menonjolnya bantalan permukaan ruas tulang belakang dari ruang antar ruas tulang. Tonjolan tersebut kemudian dapat menekan saraf, sehingga menyebabkan munculnya rasa nyeri yang hebat pada pinggang.

Nah, posisi tidur yang buruk ternyata bisa semakin menekan area pinggang yang bermasalah sehingga memperparah rasa nyeri.

Baca Juga: Penyebab Syaraf Kejepit adalah Hernia Nucleus Pulposus dan Pengobatannya

Posisi Tidur Penderita Syaraf Kejepit dengan Keluhan Nyeri Pinggang

Sangat penting untuk menjaga ruas tulang belakang tetap lurus sejajar dengan posisi kepala, bahu, hingga pinggul ketika pinggang sakit. Posisi tidur yang tepat ketika tidur pada penderita syaraf kejepit ternyata bisa membantu mengurangi ketegangan otot dan ligamen pada tulang belakang. Selain itu, bisa juga membantu mencegah posisi tulang punggung berubah abnormal.

Lebih lanjut, posisi tidur penderita syaraf kejepit yang tepat juga dapat membantu meringankan rasa pegal. Hal ini karena otot berada dalam kondisi santai sehingga tidak terlalu membuang energi. Sehingga, posisi tidur yang tepat dapat membantu meningkatkan dan memelihara kesehatan tulang dan sendi. Berikut berbagai posisi tidur yang bisa dicoba:

1. Berbaring telentang dengan bantal yang mengganjal

Berbaring telentang atas kasur dan pastikan posisi tulang belakang tetap lurus sejajar dengan kepala, leher, dan kaki. Kemudian, siapkan bantal kecil dan letakkan bawah lutut untuk menopang berat tubuh.  Cara ini akan membuat posisi tubuh tegak lurus.

Untuk mendapatkan topangan yang lebih baik, kamu bisa mengisi celah pada punggung bagian bawah dengan bantal tambahan.

2. Telentang bersandar

Tidur berbaring dengan menyelipkan beberapa bantal pada bagian punggung atas juga bisa membuat nyaman. Caranya, tempatkan tangan pada  atas perut dan dada atau  samping tubuh saat tidur, bergantung kenyamanan tiap individu.

Posisi ini dapat membantu mengurangi tekanan berlebihan pada beberapa titik tertentu seperti kepala, leher, dan tulang belakang selama tidur saat mengalami keluhan sakit pinggang.

3. Rebahan menyamping dengan memeluk guling

Tidur menyamping merupakan salah satu posisi tidur yang sayangnya dapat memperparah rasa nyeri akibat saraf terjepit. Hal ini karena, posisi tersebut akan menekan pinggang yang bermasalah dan menggeser tulang belakang keluar dari posisi semulanya.

Kendati demikian, kamu masih bisa tidur dengan posisi ini hanya saja dengan memerhatikan beberapa hal. Misalnya, menyelipkan bantal atau guling antara kedua lutut. Bantal akan membantu menjaga pinggul, panggul, dan tulang belakang dalam posisi yang lebih baik.

4. Posisi meringkuk seperti janin

Posisi tidur seperti ini cukup baik untuk penderita saat sakit pinggang akibat syaraf kejepit. Tidur seperti ini akan membantu tubuh membuka ruang untuk sendi-sendi yang ada pada antara tulang belakang.

Caranya, posisikan tubuh dengan tiduran meringkuk ke kanan atau kiri. Lalu, gunakan  bantal yang empuk dan nyaman untuk menunjang kepala dan leher. Kemudian, tekuk lutut ke arah dada hingga punggung berada dalam posisi lurus. Ubah posisi miring secara bergantian agar terhindar dari  ketidakseimbangan tekanan pada satu sisi.

Baca Juga: Pantangan Syaraf Kejepit, Ini 10 Aktivitas Yang Harus Dihindari

 

Artikel Terkait