Bahan alami untuk redakan nyeri punggung

Redakan Nyeri Punggung dengan Bahan Alami

JAKARTA — Nyeri punggung bisa diakibatkan oleh banyak sebab. Kasusnyapun dengan mudah bisa kita temui di masyarakat sekitar kita. Penyebab paling umun misalnya perubahan akibat proses penuaan, cedera, peradangan dan meski jarang tapi ada terjadi, karena kanker.

Biasanya lebih banyak menyerang punggung bagian bawah dan akan terasa lebih sakit ketika penderita membungkuk. Akibat nyeri ini mungkin otot-otot di punggung jadi semakin lemah dan lunak.

Nyeri punggung yang diakibatkan oleh proses penuaaan mungkin akan terasa sampai ke kaki karena ada tekanan pada syaraf. Misalnya saja pada kasus-kasus syaraf kejepit atau herniated disc.

Nyeri punggung juga bisa diakibatkan oleh ketegangan pada otot-otot punggung. Setidaknya ada 200 otot di punggung yang harus dijaga untuk mendapatkan postur tubuh yang tegak.

Pemicu munculnya nyeri punggung di antaranya:
– Membawa benda yang berat
– Mengangkat benda dengan posisi yang aneh dan tidak tepat
– Bekerja terlalu keras dengan menggunakan otot-otot punggung.

Bahan alami rumahan yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan nyeri punggung.

1. Es batu, bahan alami bermanfaat yang mudah dicari.

Es sangat baik untuk meredakan rasa sakit. Anda bisa menggunakan dua atau tiga kali sehari. Es bahkan bisa untuk menyembuhkan peradangan. Gunakan es batu yang dibungkus dengan handuk untuk meredakan rasa nyeri punggung.

2. Menjaga postur tubuh yang baik.

Manusia modern cenderung lebih banyak dalam posisi duduk saat mengerjakan sesuatu. Bahkan biasanya dilakukan dalam waktu yang lama. Maka sangat penting untuk selalu menjaga postur yang baik saat beraktivitas. Duduk dengan cara yang tepat bisa mengurangi ketegangan di punggung. Artinya Anda harus duduk dengan posisi tulang punggung yang lurus, dan kaki yang menapak datar di lantai. Usahakan juga untuk bisa tidur dengan posisi yang benar.

3. Pemijatan secara rutin.

Pemijatan yang baik dan tepat bukan hanya baik untuk meredakan nyeri punggung, tapi juga sebagai pereda stres. Anda juga boleh menggunakan minyak-minyak alami untuk memaksimalkan pemijatan.

4. Bawang putih.

Makan dua dan tiga siung bawang putih tiap pagi dalam kondisi perut kosong. Anda juga bisa menggunakan bawang putih untuk pemijatan punggung. Untuk membuat minyak urut dengan bawang putih caranya adalah dengan memanaskan minyak kelapa, minyak mustard atau minyak wijen dengan api kecil saja. Masukkan 8-10 siung bawang putih hingga kecoklatan. Saring dan biarkan sampai berada dalam suhu ruangan. Pijat ringan punggung dengan minyak itu. Biarkan selama beberapa saat sebelum kemudian mandi dengan air hangat untuk membilas bekas minyak.

5. Berolahraga

Olahraga adalah cara bijak untuk tercegah dari nyeri punggung. Caranya dengan melatih otot-otot punggung agar terus berada dalam kondisi prima. Karenanya otot punggung dan perut harus mendapat prioritas saat berolahraga setiap hari. Latihan peregangan adalah yang paling baik.

6. Menggunakan garam mandi.

Mandi berendam air hangat dengan menggunakan garam mandi bisa membantu mengurangi nyeri punggung. Garam mandi tak hanya baik untuk meringankan nyeri punggung tapi juga membuat tubuh lebih rileks setelah bekerja seharian. Hanya saja waspadai temperatur air yang Anda gunakan untuk mandi berendam. Jangan sampai terlalu panas atau terlalu dingin.

Jika nyeri punggung tetap membandel setelah menggunakan pereda nyeri dari bahan-bahan alami rumahan, artinya Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.  Di Klinik Nyeri dan Tulang Belakang yang akan segera berganti nama menjadi Lamina Pain and Spine Center Anda bisa berkonsultasi gratis dulu via WA dan sekaligus membuat janji bertemu dengan dokter-dokter ahli kami. (berbagai sumber/TM)

RS Meilia, Lantai 7, Jl. Alternatif Cibubur KM1, Cimanggis, Depok, Jawa Barat 16454

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2867-8888

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now