Faktor Perparah Rasa Nyeri Kanker

Berbagai metode teknik intervensi rasa nyeri pada pasien kanker kini mulai banyak dilakukan. Banyak penelitian yang meningkatkan cara lebih efektif mengatasi Rasa Nyeri Kanker. Pasien kanker umumnya menjalani pengobatan kemoterapi, radioterapi, dan operasi. Namun tidak menutup kemungkinan saat menjalani kemoterapi rasa nyeri lebih sakit atau bahkan sel kanker tetap menyebar. “Kemoterapi berhasil apa enggak, kita enggak pernah tahu ya.

Ada pasien yang sudah 15 tahun kemoterapi  kanker payudara hasilnya bagus, ternyata setelah 15-20 tahun kemudian kankernya ternyata menyebar,” jelas Pakar Nyeri Klinik Nyeri dan Tulang Belakang, Prof. Darto Satoto, SpAn, KAR. Bisa saja penyebaran kanker tersebut terjadi karena banyak faktor, salah satunya pola hidup tak sehat dalam rentang 15-20 tahun setelah kemoterapi.

Faktor Perparah Rasa Nyeri Kanker

Darto meminta para pasien kanker dan siapa saja menjaga pola hidup sehat. Prof Darto menyebutkan sejumlah faktir yang memperparah rasa nyeri pasien kanker. Salah satunya karena cara hidup yang salah. “Banyak faktor seperti cara hidup yang salah, tak mau berobat, enggak punya obat kemoterapi. Lalu stres,” katanya.

Darto mencontohkan bagi wanita harus rajin memeriksa di area payudara untuk mencegah Faktor Perparah Rasa Nyeri Kanker payudara. Jika rasa nyeri sudah datang, kata dia, maka harapan hidup pasien kanker kurang baik. “Enggak bisa diramalkan usia sampai kapan, stadium 4 umumnya sulit. Walaupun ada yang sembuh entah itu miracle tapi itu 1 banding sekian juta pasien,” tukas Prof Darto.

KLIK DISINI UNTUK KONSULTASI GRATIS DENGAN DOKTER WAWAN DAN TIM (082123977262)