Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
kencur obat saraf kejepit

Benarkah Kencur Efektif untuk Mengobati Saraf Kejepit? Simak Penjelasannya!

Sebagai salah satu tanaman herbal, kencur ternyata memiliki khasiat untuk mengobati saraf kejepit. Saraf kejepit atau hernia nucleus pulposus (HNP) adalah kondisi ketika bantalan ruas tulang belakang mengalami pergeseran dan menonjol, sehingga menekan saraf di sekitarnya. Dengan banyaknya metode pengobatan untuk mengatasi saraf kejepit, sebagian masyarakat masih percaya untuk mengonsumsi obat-obatan alami. Lantas, seberapa efektifkah kencur untuk mengobati saraf kejepit? Berikut ulasannya.

Gejala dan Penyebab Saraf Kejepit

saraf kejepit

Saraf kejepit bisa terjadi pada bagian tubuh manapun, namun seringnya terjadi di bagian tulang belakang, seperti leher dan punggung bawah (pinggang). Penyebab umumnya, yaitu karena gerakan yang berulang, cedera olahraga atau terjatuh, arthritis (radang sendi), dan kelebihan berat badan.

Terkadang, nyeri akibat saraf kejepit ini terjadi hanya di beberapa bagian tubuh saja. Namun, jika Anda tidak segera menangani saraf kejepit, rasa nyerinya bisa menjalar ke bagian tubuh lain dan bisa sangat menghambat aktivitas harian yang Anda lakukan.

Gejala umum yang biasanya timbul karena saraf kejepit ini, antara lain:

  • Kebas atau mati rasa pada area tubuh yang terkena
  • Kesemutan yang bisa menjalar hingga ke tangan atau kaki
  • Ada sensasi terbakar atau tersetrum yang menjalar hingga ke luar
  • Kelemahan otot pada bagian yang terkena saraf kejepit

Jika Anda merasakan gejala yang semakin memburuk dan tak kunjung sembuh maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Meski kini banyak pilihan pengobatan medis yang tersedia, namun obat alami seperti kencur masih dipercaya dapat meredakan nyeri akibat saraf kejepit.

Manfaat Kencur untuk Redakan Nyeri

Kencur yang memiliki nama lain Kaempferia galanga merupakan jenis tanaman herba yang termasuk dalam keluarga jahe (Zingiberaceae) yang dapat dijadikan obat tradisional atau obat ramuan rumahan.

Herbal ini memiliki kandungan jenis empon dengan minyak atsiri dan senyawa alkaloid yang berkhasiat dalam mengobati berbagai penyakit tertentu. Kencur juga bersifat anti radang, antioksidan, dan anti nyeri.

Memang belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kencur merupakan obat untuk saraf kejepit. Namun, dengan berbagai kandungan nutrisi yang dimiliki, kencur dianggap sebagai salah satu tanaman yang dapat mengatasi saraf kejepit. Sebab, kencur mempunyai efek anti nyeri dan anti radang. Alhasil, ketika Anda mengonsumsinya maka dapat mengurangi rasa nyeri.

Anda bisa mengonsumsi kencur sebagai jamu ataupun suplemen. Atau bisa juga dengan menumbuk bagian rimpang dan daunnya sampai halus, kemudian sangrai dan rebus bersama dengan bahan lainnya.

Namun, tetap pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan agar tidak menimbulkan risiko pada kesehatan Anda. Bagi yang memiliki penyakit tertentu, maka sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar saraf kejepit yang Anda alami tidak bertambah parah dan lebih aman dari efek samping.

Untuk informasi lebih lanjut tentang saraf kejepit dan pengobatan nyeri lainnya, Anda bisa menghubungi Care Line Officer pada nomor kontak yang tertera.

Semoga bermanfaat ya!

Baca juga: HNP Saraf Kejepit dan Pengobatannya

 

Artikel Terkait