Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
Benarkah Merokok Penyebab Tulang Belakang Nyeri?

Benarkah Merokok Penyebab Tulang Belakang Nyeri?

Tulang belakang nyeri bisa terjadi karena berbagai kondisi. Saat tulang belakang nyeri maka aktivitas bisa terganggu dan membuat kamu tidak nyaman. Kondisi medis, cedera dan juga kecelakaan bisa menjadi beberapa penyebab tulang belakang nyeri. Penyakit nyeri pada tulang belakang bisa menyerang semua usia tanpa terkecuali. 

Mengutip Journal of Scoliosis and Spinal Disorder (2021), seiring dengan bertambahnya usia maka kemungkinan nyeri tulang makin mungkin terjadi. Hal ini karena adanya faktor seperti pekerjaan sebelumnya hingga penyakit pada cakram yang degeneratif. 

Penyebab tulang belakang nyeri

Benarkah Merokok Penyebab Tulang Belakang Nyeri?

Kondisi tulang belakang nyeri sering berkembang tanpa sebab yang jelas. Biasanya dokter akan melakukan tes dan juga rangkaian perencanaan studi pada pasien. Melansir Mayo Clinic (2021), berikut beberapa penyebab umum terjadinya nyeri pada tulang belakang: 

1.Saraf kejepit 

Kondisi saraf kejepit bisa terjadi saat peredam kejut yang berada pada tulang belakang akan menyusut dan menimbulkan gesekan sehingga memicu terjadinya nyeri pada tulang belakang. Hal ini bisa terjadi seiring dengan bertambahnya usia pada seseorang. 

2.Peradangan dan juga keausan pada sendi 

Kondisi ini terjadi saat sendi yang terletak pada tulang belakang dan panggul menjadi satu. Tidak banyak bergerak namun penting untuk memindahkan beban tubuh ke bagian atas dan bawah. Pembengkakan dan pengikisan tulang rawan sendi bisa terjadi setelah cedera, karena kondisi radang sendi, infeksi, bahkan saat kehamilan. 

3.Saraf rusak 

Pada setiap vertebrata tulang belakang terdapat saraf. Jika cakram rusak, maka akan lebih banyak menekan saraf dan menjadi penyebab nyeri tulang belakang. 

4.Tegang otot

Tegang otot bisa menyebabkan sakit pada punggung. Ketegangan ini biasanya terjadi karena kebiasaan mengangkat benda berat dengan cara yang salah serta gerakan canggung yang tiba-tiba terjadi dan menyebabkan tulang belakang nyeri. 

5.Osteoporosis 

Kondisi tulang belakang akan menjadi rapuh dan keropos, sehingga membuat fraktur kompresi menjadi lebih mungkin menyebabkan nyeri pada tulang belakang. 

6.Gaya hidup tidak sehat

Tahukah kamu gaya hidup tidak sehat bisa menjadi penyebab tulang belakang sakit? 

Kebiasaan seperti mengangkat beban terlalu berat, jarang olahraga, kebiasaan merokok, stress, hingga kebiasaan sederhana seperti menggunakan sepatu dengan hak tinggi bisa menyebabkan nyeri pada tulang belakang. Hal ini karena terjadinya ketegangan pada otot punggung dan depresi akibat kecemasan yang menimbulkan nyeri pada tulang belakang. 

Baca juga: Waspada Komplikasi Penyakit Saraf Kejepit

Mengatasi tulang belakang nyeri 

Melansir Healthline (2021), berikut beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi tulang belakang nyeri: 

1.Rutin berolahraga 

Kamu bisa mengatasi tulang belakang nyeri dengan rutin melakukan olahraga. Beberapa jenis olahraga yang bisa kamu pilih adalah berjalan dan juga berenang. Namun, sebaiknya kamu juga berkonsultasi dengan dokter terkait jenis pilihan olahraga yang tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatan kamu. 

2.Pertahankan berat badan ideal

Kelebihan berat badan juga bisa menyebabkan tulang belakang nyeri. Kondisi ini terjadi karena otot pada punggung tegang dan harus menopang berat tubuh yang berlebih. Kamu bisa mempertahankan berat tubuh ideal untuk mengantisipasi terjadinya nyeri tulang belakang. 

3.Berhenti merokok 

Jika kamu memiliki keluhan penyakit tulang belakang nyeri, kamu bisa mulai untuk berhenti merokok. Risiko nyeri pada bagian tulang belakang bisa meningkat akibat kebiasaan mu merokok setiap hari. Maka sebaiknya kamu mengurangi atau bahkan berhenti merokok jika ingin sembuh dari penyakit tulang belakang nyeri. 

4.Posisikan tubuh dengan benar 

Cara mengatasi tulang belakang nyeri adalah dengan memerhatikan posisi tubuh baik saat berdiri maupun duduk. Sebaiknya kamu mempertahankan posisi panggul yang netral saat duduk. Jika kamu harus berdiri dalam waktu yang lama, kamu bisa meletakkan satu kaki pada bangku yang lebih rendah untuk mengambil sebagai beban dari punggung bawah. Postur tubuh yang baik bisa mengurangi risiko stres pada bagian otot punggung yang menyebabkan tulang belakang nyeri. 

Baca juga: Pengobatan Syaraf Kejepit Ini Banyak Dipilih Pasien

Artikel Terkait