Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
susu kolostrum untuk syaraf kejepit

Benarkah Susu Kolostrum Ampuh untuk Atasi Syaraf Kejepit?

Susu kolostrum untuk syaraf kejepit menjadi salah satu pengobatan alami yang banyak penderitanya pilih. Namun, benarkah bahwa kandungan yang ada pada susu kolostrum ampuh untuk atasi syaraf kejepit? Mengutip dari artikel Mayo Clinic (2022) menyebutkan bahwa pinched nerve atau saraf kejepit merupakan masalah yang melibatkan bantalan tulang dan saraf. Pada kasus yang parah, pengobatan pada syaraf kejepit biasanya membutuhkan pengobatan medis seperti tindakan operasi. Meskipun begitu, pada kasus yang lebih ringan, penderita bisa mencoba beberapa pengobatan alami untuk mengatasi gejala yang muncul. Salah satu pengobatan yang terkenal adala susu kolostrum. 

Kandungan susu kolostrum 

Berbeda dengan kandungan susu sapi biasanya, susu kolostrum ini merupakan susu hasil dari induk sapi yang baru melahirkan. Sehingga, susu kolostrum mengandung zat-zat tertentu untuk memenuhi bayi sapi yang baru lahir, salah satu kandungan dari susu kolostrum adalah nutrisi yang memiliki peran penting untuk antibodi atau imunitas tubuh. Kenyataannya, menurut beberapa sumber menyatakan bahwa, susu kolostrum ini telah banyak orang terdahulu sejak dari ratusan tahun yang lalu. Selain dari sumber sejarah, lebih dari seribu penelitian uji klinis juga telah membuktikan kandungan dari susu kolostrum untuk tubuh manusia. Salah satunya adalah untuk penyakit stroke, lupus, usus, hingga penyakit syaraf kejepit. 

Manfaat susu kolostrum untuk syaraf kejepit 

Benarkah Susu Kolostrum Ampuh untuk Atasi Syaraf Kejepit?

Kandungan susu kolostrum ini dapat berguna untuk mengatasi syaraf kejepit karena mampu memenuhi kebutuhan nutrisi pada tulang dan saraf-saraf di sekitar tubuh. Salah satu nutrisi tersebut terdapat pada susu kolostrum adalah immunoglobulins dan bovine colostrums. Kedua kandungan tersebut sangat baik untuk tulang dan saraf. Sehingga, dapat mempercepat proses penyembuhan pada bantalan dan saraf yang bermasalah. Selain itu, multivitamin dan mineral yang ada pada susu kolostrum juga dapat mengurangi beberapa gejala yang muncul seperti nyeri dan kekakuan di beberapa bagian tubuh. Merangkum dari jurnal artikel US National Library of Medicine National Institutes of Health (2021) menyebutkan bahwa susu ini memiliki manfaat untuk syaraf kejepit seperti: 

  • Mengurangi rasa nyeri dan kekakuan 
  • Mampu mempercepat proses penyembuhan 
  • Dapat menyempurnakan pembentukan kalsium tulang sendi serta saraf dalam tubuh yang sudah melemah

Baca juga: Kenali 4 Obat Alami Sederhana Untuk Saraf Kejepit 

Benarkah ampuh atasi syaraf kejepit? 

Meskipun memiliki banyak kandungan yang mampu mengatasi beberapa gejala dari syaraf kejepit. Akan tetapi, susu kolostrum ini tidak bisa kamu jadikan satu-satunya pengobatan untuk syaraf kejepit. Hal ini karena, beberapa kandungan yang ada susu kolostrum hanya mampu atas gejala secara sementara. Sehingga, gejala tersebut bisa saja muncul kembali. Selain itu, untuk syaraf kejepit yang sudah sangat memburuk, susu kolostrum juga mungkin saja tak akan membawa banyak perubahan dan penyembuhan. Untuk saat ini, metode pengobatan medis seperti endoskopi tulang belakang masih menjadi salah satu metode pengobatan terbaik untuk atasi saraf kejepit. Namun, untuk mengetahui pasti terhadap pengobatan yang tepat untuk syaraf kejepit yang kamu alami. Maka, sebaiknya segeralah lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis bedah saraf terbaik di klinik Lamina Pain and Spine Center. 

Baca juga: Leher Kaku, Tanda-Tanda Syaraf Kejepit? Waspadai Gejalanya!

Artikel Terkait