Berapa Biaya Operasi Tulang Belakang dan Bernarkah Menyakitkan? - Lamina Pain and Spine Center
preloader
Edit

Tentang Kita

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Berapa Biaya Operasi Tulang Belakang dan Bernarkah Menyakitkan?

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Berapa Biaya Operasi Tulang Belakang dan Bernarkah Menyakitkan?
 Berapa Biaya Operasi Tulang Belakang dan Bernarkah Menyakitkan?

Biaya operasi tulang belakang selalu menjadi pertanyaan bagi para penderitanya yang ingin mengatasi permasalahan pada tulang belakang atau spine. Namun, biaya bukanlah menjadi salah satu masalah yang sering membuat pasien enggan melakukan tindakan pada tulang belakang. Mitos mengenai operasi yang menyakitkan juga menjadi salah satu halangan bagi beberapa pasien.

Apa itu masalah tulang belakang

Masalah tulang belakang seperti sakit punggung atau pun pinggul menjadi permasalahan utama orang dewasa. Meskipun sering dianggap sebagai masalah sepele, namun masalah pada spine merupakan salah satu penyebab utama terbesar yang menyebabkan kelumpuhan permanen pada orang dewasa hingga lansia. Tulang belakang bisa bermasalah ketika komponen seperti tulang, otot, atau saraf mengalami gangguan atau dislokasi. Ketika ini terjadi, saraf penghubung akan mengirimkan rasa sakit ke dalam otak untuk memberitahu bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuhmu. Untuk itu, ketika gejala sakit punggung menyerang segeralah lakukan konsultasi dan pemeriksaaan.

Apakah harus selalu operasi?

operasi tulang belakang

Penanganan pada permasalahan tulang belakang dilakukan dengan melihat beragam penyebabnya. Beberapa masalah ringan seperti cedera akibat melakukan aktivitas berat biasanya tidak memerlukan operasi. Untuk itu, ada beberapa kondisi yang biasanya mengharuskan seseorang untuk melakukan operasi, seperti:

  • Saraf kejepit

Masalah yang satu ini sangat banyak terjadi pada orang dewasa maupun lansia. Ketika terjadi pergeseran tulang, atau dislokasi yang menyebabkan saraf-saraf sekitar tulang menjadi tertekan dan terjepit. Pada kondisi yang cukup kronis dan parah, saraf kejepit memerlukan tindakan operasi.

  • Stenosis

Kondisi merupakan kondisi penyempitan pada kanal tulang belakang yang menyebabkan tertekannya sum-sum tulang belakang dan saraf sekitarnya sehingga menyebabkan nyeri. Kondisi ini biasanya terjadi di area leher atau pun pinggul.

  • Kelainan tulang belakang

Jenis kelainan tulang seperti skoliosis, lordosis, kifosis merupakan permasalahan pada tulang belakang akibat aktivitas yang dilakukan berulang-ulang sehingga mengubah struktur pada tulang punggung. Jika kemiringan tulang sudah mencapai 50 derajat maka operasi tindakan mungkin saja harus penderita lakukan.

Baca: Punggung Belakang Nyeri, Benarkah Tanda dari Skoliosis?

Jenis tindakan operasi tulang belakang

Tindakan untuk mengatasi tulang belakang kini tak perlu memerlukan bedah besar. Terutama dengan penggunaan teknologi terkini yang tersedia di Lamina Pain and Spine Center, seperti:

  • PELD

Percutaneous Endoskopi Lumbar Discectomy tindakan ini dilakukan dengan menggunakan alat endoskopi untuk mengambil saraf yang mengalami permasalahan di area tulang belakang. Tindakan ini termasuk minimal invasive surgery, artinya tidak memerlukan tindakan bedah besar, dengan sayatan kurang dari 1 cm. Tindakan ini memiliki efektifitas keberhasilan 93% dengan waktu tindakan yang singkat hanya sekitar 45 menit.

  • PSLD

Percutaneous Stenoscopic Lumbar Decompression merupakan tindakan yang biasanya diterapkan untuk pasien penderita nyeri tulang belakang bawah, tepatnya spinal stenosis. Tindakan ini juga termasuk minimal invasive surgery dengan luka sayatan kecil, dapat langsung beraktivitas setelah tindakan, risiko minimal, tidak merusak jaringan sekitar dan yang terpenting adalah biaya lebih hemat.

  • PLDD Laser

Percutaneous Laser Disc Decompression merupakan salah satu tindakan operasi alternatif untuk menangani kasus permasalah tulang belakang dengan alat fiber optic laser yang akan menyusutkan bantalan tulang yang mengalami masalah agar membebaskan saraf yang tertekan. Tindakan ini memiliki proses penyembuhan yang lebih cepat, langsung bisa beraktivitas setelah tindakan, dan memiliki angka keberhasilan sekitar 80-90%.

Baca juga: Hilangkan Kebas dan Nyeri Saraf Kejepit dengan Metode PSLD

Biaya operasi di Lamina

Biaya operasi sendiri di Lamina Pain and Spine Center lebih terjangkau dari tempat lainnya. Selain itu, pembayaran juga bisa pasien lakukan menggunakan asuransi kesehatan. Sebagai klinik one stop service. Lamina menyediakan layanan dari konsultasi permasalahan tulang belakang, tindakan hingga fisioterapi untuk penyembuhan. Semua itu dapat kamu dapatkan dengan harga terjangkau di klinik Lamina Pain and Spine Center!

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. All Rights Reserved.

    Daftar Online