Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
Brace untuk Skoliosis - Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Mengenal Manfaat Brace untuk Skoliosis Sebagai Terapi Tanpa Operasi

Tahukah Anda jika brace khusus dapat digunakan sebagai terapi untuk skoliosis? Skoliosis merupakan kelainan tulang belakang yang ditandai dengan lengkungan lateral yang tidak normal. Kondisi ini menyebabkan punggung tampak bengkok, terkadang seperti huruf C atau S. Kondisi ini dapat mempengaruhi orang dari segala usia, tetapi paling sering terjadi selama masa pertumbuhan, terutama pada masa remaja. Dalam upaya untuk mengatasi skoliosis dan mencegah kemajuan lebih lanjut, penggunaan brace telah menjadi salah satu pendekatan utama dalam perawatan konservatif. 

Apa itu Brace Skoliosis? 

Brace untuk Skoliosis - Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Brace adalah perangkat ortopedi yang bertujuan untuk membantu menstabilkan dan memperbaiki kelengkungan tulang belakang pada penderita skoliosis. Mereka biasanya terbuat dari bahan plastik yang kuat dan ringan, untuk menyesuaikan dengan bentuk tubuh individu. Pemilihan dan desain brace biasanya dilakukan oleh tenaga medis yang berpengalaman, seperti ahli ortotik dan dokter spesialis ortopedi.

Apa Saja Manfaatnya?

  • Menghentikan atau Mengurangi Kemajuan Kelengkungan: Salah satu manfaat utamanya adalah mencegah atau mengurangi kemajuan kelengkungan tulang belakang pada penderita skoliosis. Pada usia remaja, saat pertumbuhan tulang belakang masih berlangsung, sehingga dapat membantu menjaga posisi yang lebih baik, sehingga kelengkungan tidak semakin parah.
  • Memperbaiki Postur Tubuh: Penggunaan brace umumnya untuk memberikan dukungan eksternal yang dapat membantu memperbaiki postur tubuh. Dengan postur yang lebih baik, punggung dapat tetap sejajar, mengurangi tekanan pada tulang belakang, otot, dan jaringan di sekitarnya.
  • Mengurangi Nyeri: Beberapa penderita skoliosis mengalami nyeri atau ketidaknyamanan karena kelengkungan tulang belakang yang abnormal. Dengan memperbaiki postur dan menstabilkan tulang belakang, brace dapat membantu mengurangi nyeri dan meningkatkan kualitas hidup penderita.
  • Meningkatkan Kemandirian: Pada beberapa kasus, brace dapat membantu penderita skoliosis untuk tetap aktif dan terlibat dalam kegiatan sehari-hari. Dengan membatasi pergerakan kelengkungan tulang belakang, brace memungkinkan penderita untuk menjalankan aktivitas tanpa membatasi secara signifikan.
  • Alternatif Non-Bedah: Penggunaan brace merupakan pilihan non-bedah yang efektif bagi penderita skoliosis dengan kelengkungan yang tidak terlalu parah. Dalam beberapa kasus, penggunaannya dapat menghindari kebutuhan untuk menjalani operasi pembedahan yang lebih invasif.

Pentingnya Pemantauan Medis Secara Teratur

Untuk mencapai manfaat yang optimal, penting bagi penderita skoliosis untuk patuh dalam mengenakan brace sesuai dengan petunjuk dari ahli medis yang merawat. Kepatuhan yang baik akan membantu mencapai hasil yang maksimal, terutama pada usia remaja ketika pertumbuhan tulang belakang masih aktif.

Selain itu, pemantauan secara teratur oleh dokter dan ahli ortotik adalah bagian penting dari perawatan brace. Dengan pemantauan yang tepat, penggunaannya dapat lebih sesuai dengan lengkung tulang belakang dan memastikan bahwa perangkat bekerja dengan baik sesuai perkembangan kondisi skoliosis.

Brace memiliki peran penting dalam pengobatan skoliosis, terutama pada masa pertumbuhan. Dengan manfaatnya yang beragam, brace dapat membantu menghentikan atau mengurangi kemajuan kelengkungan tulang belakang, memperbaiki postur tubuh, mengurangi nyeri, meningkatkan kemandirian, dan memberikan dukungan psikologis bagi penderita. Namun, penting untuk selalu berkonsultasi dengan tim medis yang berpengalaman untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan efektif sesuai dengan kondisi skoliosis masing-masing individu.

Baca juga: Punggung Belakang Nyeri, Benarkah Tanda dari Skoliosis?

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apakah Brace Dapat Digunakan Sebagai Alat Terapi Pasien Skoliosis?

Skoliosis merupakan kelainan tulang belakang yang ditandai dengan lengkungan lateral yang tidak normal. Dalam upaya untuk mengatasi skoliosis dan mencegah kemajuan lebih lanjut, penggunaan brace telah menjadi salah satu pendekatan utama dikarenakan dapat membantu menstabilkan dan memperbaiki kelengkungan tulang belakang pada penderita skoliosis

Apa Manfaat Penggunaan Brace pada Pasien Skoliosis?

Brace memiliki peran penting dalam pengobatan skoliosis, diantaranya: 1. Menghentikan atau mengurangi kemajuan kelengkungan 2. Memperbaiki postur tubuh 3. Mengurangi nyeri 4. Meningkatkan kemandirian 5. Sebagai alternatif non-bedah

Mengapa Penggunaan Brace Disebut Sebagai Alternatif Non-Bedah?

Penggunaan brace merupakan pilihan non-bedah yang efektif bagi penderita skoliosis dengan kelengkungan yang tidak terlalu parah. Dalam beberapa kasus, brace dapat menghindari kebutuhan untuk menjalani operasi pembedahan yang lebih invasif.

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Artikel Terkait