Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center

Jangan Sembarang Cara Memijat Syaraf Terjepit Bisa Bahaya!

Cara memijat syaraf terjepit menjadi ‘kata kunci’ yang paling cukup banyak dicari oleh masyarakat Indonesia saat mengalami nyeri pinggang.  Nyeri pinggang termasuk dalam keluhan yang paling umum di masyarakat. Dari sekian banyak penyebab nyeri pinggang, syaraf terjepit menjadi penyebab kronik, akut dan berulang tersering.

Syaraf terjepit atau herniated nucleus pulposus (HNP) memiliki gejala nyeri yang menjalar dari pinggang hingga paha maupun ke seluruh kaki serta dengan melemahnya otot pada salah satu atau kedua kaki.

Nah, selama ini kebanyakan orang Indonesia berpikir jika munculnya rasa nyeri pada bagian tulang belakang, salah satunya pinggang dapat sembuh dengan memijat. Selain itu, juga dengan mengonsumsi herbal atau pengobatan alternatif lainnya. Padahal nyeri tulang belakang akibat syaraf terjepit hanya bisa sembuh saat bantalan tulang belakang yang menonjol dikeluarkan dari tulang.

Lebih lanjut, banyak orang yang sebenarnya memilih lakukan pijatan. Cara memijat pun sebenarnya tidak bisa sembatangan karena bisa berisiko memperburuk kondisi syaraf terjepit.

Cara memijat pinggang untuk hilangkan nyeri syaraf terjepit

Memijat pinggang yang sedang alami nyeri akibat syaraf terjepit sebenarnya tidak direkomendasikan, jika yang melakukannya bukanlah seorang ahli. Hal ini karena khawatir akan menyebabkan tulang bergeser dan memperburuk kondisi.

Kendati demikian, bukan berarti melakukan pijatan tidak boleh sama sekali. Hanya saja, perlu seorang ahli yang benar-benar bisa dan mengerti teknik cara memijat syaraf terjepit.

Cara memijat syaraf terjepit yang disarankan adalah dengan melakukan fisioterapi. Fisioterapi dilakukan oleh seorang ahli, yakni fisioterapis yang mendapatkan saran rencana tatalaksana atau program perawatan dan pengobatan sesuai dengan riwayat kesehatan pasien dari dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi.

Salah satu cara memijat syaraf terjepit dengan melakukan fisioterapi manual. Cara melakukannya, yakni dengan pijatan, peregangan, mobilisasi serta manipulasi sendi. Cara ini dapat membantu merelaksasi, mengurangi nyeri serta meningkatkan fleksibilitas gerak anggota tubuh yang alami gangguan.

Baca Juga: Terapi Sakit Pinggang Karena Syaraf Terjepit

Jangan sepelekan nyeri saraf kejepit

Meskipun dalam kasus yang ringan, syaraf terjepit bisa membaik dengan sendirinya, namun jika terjadi selama berbulan-bulan sebaiknya segera temukan langkah penanganan yang tepat. Oleh sebab itu, sangat penting berkonsultasi dengan dokter, agar tak mengganggu aktivitas.

Jika mengabaikan kondisi ini tanpa mendapatkan penanganan yang tepat, khawatir dapat memicu risiko komplikasi yang serius, seperti kelumpuhan, gangguan buang air kecil dan besar.

Jika mengalami gejala saraf kejepit berikut ini, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter, sebelum terlambat:

  • Mati rasa, kebaspada daerah yang banyak sarafnya, misalnya nyeri pada bagian leher atau punggung bagian bawah
  • Sensasi sakit atau nyeri seperti terbakar yang menjalar ke bagian tubuh lain
  • Kesemutan
  • Melemahnya otot pada bagian yangterduga mengalami saraf kejepit
  • Mati rasa pada bagian kaki dan tangan
  • Rasanyeri seperti tertusuk-tusuk jarum

Baca Juga: Mengenal Pengobatan Syaraf Kejepit Modern yang Menjadi Pilihan Raffi Ahmad!

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai saraf kejepit atau nyeri tulang belakang silakan mengunjungi website kami www.lamina.id atau follow instagram @lamina_id.  Segera konsultasikan masalah nyeri saraf kejepitmu dengan dokter spesialis bedah saraf kami di 0811-1443-599.

Artikel Terkait