Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
cara menangani kaki terkilir

Cara Menangani Kaki Terkilir Dengan Metode Sederhana

Cara menangani kaki terkilir dengan cara sederhana adalah melakukan pengobatan rumahan. Kaki terkilir merupakan jenis cedera yang umum terjadi. Namun, akibat kondisi ini, penderita bisa mengalami nyeri yang membuatnya mengalami kesulitan berjalan. 

Cedera karena kaki terkilir bisa menyebabkan jaringan pada bagian engkel atau pergelangan kaki meregang bahkan terjadi robek. Salah satu penyebab terjadinya kaki terkilir yang sering terjadi adalah akibat aktivitas olahraga. 

Meskipun cedera karena kaki terkilir bisa sembuh dengan sendiri-nya, namun menahan kaki yang nyeri karena terkilir bisa menyebabkan penderita mengalami kesulitan berjalan dan menghambat aktivitas harian. Cara menangani kaki terkilir bisa dengan cara sederhana seperti pengobatan rumahan. Namun, jika sudah cukup parah maka penderita bisa memeriksakan diri ke dokter terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. 

Cara menangani kaki terkilir dengan pengobatan rumahan 

cara menangani kaki terkilir

Cara menangani kaki terkilir saat kondisinya masih ringan bisa dengan melakukan perawatan dari rumah, berikut beberapa cara menangani kaki terkilir yang bisa penderita lakukan saat terjadi nyeri seperti melansir dari Medical News Today (2021): 

Menggunakan balsem otot 

Balsem otot bermanfaat untuk meredakan nyeri pada kaki terkilir. Balsem otot juga termasuk jenis obat yang mudah dan juga murah. Penderita bisa mengoleskan secara perlahan ke bagian kaki yang terasa nyeri dan kemudian diamkan sampai otot kaki mulai terasa nyaman. 

Kompres panas 

Cara menangani kaki terkilir berikutnya adalah dengan mengompresnya dengan air panas. Mengompres area kaki yang terkilir menggunakan air panas bisa melancarkan peredaran darah dan membuat nyeri lebih cepat sembuh. Selain itu dengan mengompres air hangat juga bisa membantu melemaskan otot yang tegang dan bisa mengurangi rasa sakit yang penderita alami. 

Namun, sebaiknya kamu tidak mengompres bagian kaki terkilir saat kaki sedang bengkak. Kamu bisa mengompresnya perlahan saat kondisi lebih baik secara perlahan selama 15-20 menit setiap hari. 

Melakukan peregangan 

Penderita kaki terkilir bisa melakukan peregangan ringan. Cedera pada bagian kaki bisa menyebabkan otot dan juga struktur area sekitarnya mengalami kerusakan. Hal ini membuat jaringan kaki melemah dan tidak bisa berfungsi dengan baik. 

Melakukan peregangan ringan bisa membantu melancarkan aliran darah pada area kaki dan mempercepat proses penyembuhan. Namun sebaiknya penderita juga tidak terlalu sering melakukan peregangan untuk menghindari munculnya penyakit tulang lain. 

Berjalan 

Cara menangani kaki terkilir adalah dengan berjalan kaki. Berjalan kaki, seperti dikutip dari Mayo Clinic (2021), bisa mempercepat proses penyembuhan pada penyakit kaki terkilir. Penderita bisa rutin berjalan kaki pada area sekitar rumah dan melakukannya secara rutin selama proses penyembuhan. 

Menjalani fisioterapi 

Menjalani fisioterapi adalah cara menangani kaki terkilir yang cukup efektif. Fisioterapi bisa menjadi metode penyembuhan pada kaki terkilir terutama pada pasien yang mengalami kondisi terkilir serius. Biasanya seorang fisioterapis akan melakukan pemeriksaan menyeluruh pada bagian pergelangan kaki dan akan melakukan identifikasi otot yang lemah dan menjadi penyebab munculnya nyeri. Melalui metode fisioterapi, penderita nyeri kaki terkilir juga akan mendapatkan informasi terkait proses penyembuhan yang lebih cepat. 

Seorang fisioterapis akan memberikan informasi terkait penerapan pola hidup yang sehat serta pembuatan rencana terapi fisik yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing penderita. Tentunya hal ini bertujuan agar proses penyembuhan pada pasien kaki terkilir lebih cepat dan tidak menimbulkan munculnya masalah komplikasi penyakit lain. 

Baca juga: Waspada, Ini Bahaya Vertigo yang Harus Kamu Ketahui!

Artikel Terkait