Cara Mengobati Sakit Kepala Dari Alami Hingga Medis - Lamina Pain and Spine Center
preloader
Edit

Tentang Kita

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Cara Mengobati Sakit Kepala Dari Alami Hingga Medis

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Cara Mengobati Sakit Kepala Dari Alami Hingga Medis
 Cara Mengobati Sakit Kepala Dari Alami Hingga Medis

Cara mengobati sakit kepala ada beberapa cara. Mulai dari yang alami hingga melalui pengobatan medis. Berikut ini adalah pengobatan yang bisa dilakukan.

Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami

Beberapa cara berikut ini bisa membantu meredakan sakit kepala.

1. Istirahat di ruangan yang gelap

Segeralah cari tempat untuk berbaring atau duduk. Usahakan  beristirahat di ruangan yang tenang dan  gelap. Cahaya yang terlalu terang  bisa memicu sakit kepala migrain.

2. Pijatan lembut 

Pijat lembut pada bagian pelipis, leher, bahu, dan kepala, selama 30 menit.

3. Kompres dingin maupun hangat

Kompres pada bagian yang terasa nyeri dengan kompres hangat maupun dingin. Kedua cara ini bisa membantu meredakan nyeri pada kepala. Apabila menggunakan kompres dingin gunakan kain atau handuk  untuk melapisinya.

Baca juga: 3 Jenis Sakit Kepala Yang Paling Sering

Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Medis

Untuk mengatasi sakit kepala, pengobatan akan sesuai dengan penyebabnya. Ada juga beberapa jenis obat yang dapat kamu gunakan untuk meredakan kondisi ini:

Paracetamol

Jika masih tergolong ringan, paracetamol bisa menjadi solusi. Selain  obat penurun demam, juga memiliki efek sebagai anti-nyeri, sehingga bisa untuk membantu meredakan nyeri di kepala.

Golongan antiinflamasi nonsteroid

Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) juga bisa untuk meredakan sakit kepala. Jenis obat ini, misalnya ibuprofen dan propyphenazone.

 

Berbagai obat sakit kepala tersebut bisa temukan dalam bentuk kandungan tunggal maupun kombinasi. Obat kombinasi, misalnya gabungan paracetamol dan obat antiinflamasi nonsteroid, terkadang lebih efektif untuk mengatasi rasa sakit, dan biasanya untuk mengatasi sakit kepala yang tidak reda dengan obat tunggal.

Anda dapat mencoba beberapa jenis pengobatan di atas untuk meredakan sakit kepala. Bila ingin menggunakan obat pereda nyeri,  pastikan untuk membaca dulu dosis dan aturan penggunaannya, terlebih jika memiliki kondisi medis tertentu.

Apabila sakit kepala semakin berat, semakin sering muncul, atau  kaku pada leher, pandangan kabur, gangguan berbicara, atau gangguan berjalan, segeralah periksa ke dokter. Dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan penyebab yang kamu alami.

Selain itu, jagalah pola gaya hidup sehat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. All Rights Reserved.

    Daftar Online