Cara Mengobati Syaraf Kejepit

JAKARTA — Syaraf kejepit saat ini menjadi keluhan yang cukup sering ditemukan kasusnya. Salah satunya karena orang semakin mudah menemukan informasi via internet dan mengecek kondisi dan keluhan yang dialaminya. Berikut beberapa cara mengobati syaraf kejepit yang bisa dipelajari.

Syaraf kejepit kadang disebut juga syaraf terjepit sebenarnya adalah akibat dari proses panjang disk yang meleset dari tempatnya di dua ruas tulang belakang. Spinal disc adalah adalah semacam bantalan yang memisahkan dua ruas tulang, maka para ahli medis menyebutnya sabegai intervertebral disc.

Setiap disk bentuknya rata semacam capsul dengan diameter sekitar 1,5 centimeter. Benuk bagian luar agak keras, berserat dan disebut annulus fibrous. Bagian dalam disk disebuh nucleus pulposus yang sifatnya sangat elastis.

Disk ini normalnya menempel dengan kuat diantara ruas tulang belakang diperkuat dengan ligamen yang menghubungkan dengan tulang belakang dan dikelilingi dengan otot dan kelopak.

Sebenarnya hanya ada sedikit ruang yang tersisa bagi disk untuk bisa ‘terpeleset’ keluar atau bergerak keluar dari ruang diantara ruas tulang belakang.

Perkembangan Disk Syaraf

Pada anak-anak, disk di ruas tulang belakang berbentuk gel dan berisi cairan. Tapi cairan itu semakin memadat seiring pertambahan usia. Saat awal masa dewasa bagian lembut itu semakin keras dan akhirnya tidak lagi elastis. Di usia paruh baya, bagian dalam disk jadi keras. Kira-kira kekerasannya mirip karet.

Perubahan-perubahan ini membuat proses penuaan di bagian luar jadi lebih lemah dan disk cenderung mudah untuk mengalami cedera.

Bagaimana Syaraf Kejepit Terjadi

Sebenarnya hanya ada sedikit ruang yang tersisa bagi disk untuk bisa ‘terpeleset’ keluar atau bergerak keluar dari ruang diantara ruas tulang belakang.

Titik di mana disk mengalami hernia, disebut facet joints. Disini disk bisa keluar dan bentuknya seperti sayap yang menekuk keluar dari vertebrae. Facet joints ini terpisah dari di membuat ruas tulang belakang jadi bisa menekuk dan terpelintir secara acak dan bisa mencederai serat-serat syaraf tulang belakang dan sistem kerja di pusat kanal syaraf yang berpusat di tulang belakang.

Syaraf yang terjepit oleh disk yang meleset inilah yang disebut syaraf terjepit. Kondisi ini menimbulkan rasa nyeri tak tertahankan, lemas dan kebas di anggota badan, hingga kesulitan beraktivitas normal.

Disk ini berfungsi sebagai penyerap kejutan dari gerakan di tulang belakang. Tapi jangan samakan disk dengan penyerap kejutan seperti di kendaraan yang seperti per.

Penanganan Sederhana Syaraf Kejepit 

Syaraf terjepit atau kadang disebut juga sebagai syaraf kejepit terjadi ketika ada sesuatu yang menekan syaraf atau saraf tulang belakang dan mengakibatkan rasa nyeri, lemah dan baal di bagian leher, punggung, lengan dan kaki. Kadang gejala-gejala tersebu muncul cukup parah hingga bisa mengganggu aktivitas di keseharian.

Ada beberapa gejala herniated disc yang bisa membaik dengan sendirinya dalam hitungan minggu. Sembari menjalankan program penanganan yang diberikan dokter penderita syaraf kejepit bisa melakukan beberapa hal berikut sebagai cara mengobati syaraf kejepit.

— Beristirahat
Istirahat bermanfaat untuk meredakan peradangan dan memberi punggung waktu untuk sembuh. Saat punggung Anda sakit, hindari olahraga terutama dengan latihan-latihan berat seperti yang membutuhkan gerakan khusus seperti membungkuk atau mengangkat.

Beristirahat dengan tidur untuk waktu singkat memang baik. Tapi sangat tak disarankan untuk rebahan dalam waktu lama. Misalnya lebih dari 1-2 hari. Bergeraklah, berjalan kaki di sekitar rumah saja, cukup baik agar sendi dan otot tidak terlalu kaku.

– Kompres dingin dan panas
Anda juga bisa menggunakan kompres dingin dan panas untuk meringankan nyeri. Kompreskan kantong berisi atau handuk yang sudah direndam di air hangat di bagian yang nyeri. Anda bisa menggunakan keduanya bergantian, tergantung mana yang paling nyaman untuk Anda.

— Obat-obatan
Untuk kondisi darurat, Anda bisa menggunakan obat-obatan anti-nyeri yang bisa didapatkan di pasaran. Misalnya ibuprofen yang bisa membantu untuk mengurangi rasa nyeri dan meredakan peradangan. Namun jangan gunakan obat-obatan bebas ini sebagai cara mengobati syaraf kejepit lebih dari 10 hari tanpa berkonsultasi dengan dokter.

— Terapi fisik.
Beberapa latihan bisa membantu memperbaiki gejala syaraf kejepit. Terapis akan mengajarkan latihan yang memperkuat otot pendukung punggung. Misalnya: latihan kelenturan, aerobik, berjalan, berenang atau bersepeda statis.

Cara Mengobati Syaraf Kejepit oleh Dokter 

Untungnya, sebagian besar dari kasus syaraf terjepit atau herniated disc tidak membutuhkan pembedahan. Namun sebagian kecil dari pengidap syaraf kejepit mungkin mengalami gejala yang parah dan sakit punggung bawah yang sangat menganggu aktivitas sehari-hari mereka.

Beberapa literatur menyebutkan herniated disc sering kali cukup ditangani dengan suntikan anti-inflamantory nonsteroidal jika nyeri yang dialami sifatnya masih ringan dan moderat.

Injeksi steroid epidural mungkin akan dilakukan dengan menggunakan jarum spinal dengan panduan X-Ray agar suntikan bisa tepat masuk di disc yang mengalami hernia dan menyababkan syaraf terjepit.

Dokter mungkin akan merekomendasikan terapi fisik. Terapis akan melakukan evaluasi mendalam, menggabungkan dengan diagnosis dokter dengan mendesain penanganan mengobati syaraf kejepit pada pasien herniated disc.

Di Klinik Nyeri dan Tulang Belakang yang sebentar lagi akan berganti nama menjadi Lamina Pain and Spine Surgery Anda akan mendapatkan beberapa cara mengobati syaraf kejepit yang akan disesuaikan dokter dengan kondisi Anda, seperti:

1. Endoskopi PELD
Endokskopi PELD merupakan teknologi invasif minimal untuk mengatasi saraf tejepit. Keunggulan luka sayatan minimal, sembuh cepat dan tanpa rawat inap.

2.Radiofrekuensi Ablasi
Memanfaatkan gelombang radio yang bersumber dari arus listrik, Radiofrekuensi Ablasi digunakan untuk membaalkan saraf-saraf spesifik penghantar nyeri.

3. Percutaneous Laser Disc Decompression (PLDD)
Sayatan atau luka bekas operasi yang minimal. Recovery paska tindakan mengobati syaraf kejepit ini cepat, efek samping/ komplikasi paska tindakan ringan, tanpa membutuhkan rawat inap.

4. Laminektomi
Laminektomi adalah cara mengobati syaraf kejepit deng pembedahan untuk membebaskan tekanan pada tulang belakang atau akar saraf tulang belakang yang disebabkan oleh stenosis tulang belakang. Stenosis tulang belakang adalah penyempitan kanal tulang belakang yang menekan pada urat tulang belakang yang berisi saraf.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi layanan pasien dengan konsultasi gratis via WA di nomor  082213116661 (berbagai sumber/TM)

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Daftar Online

Daftar Online

Daftar Sekarang