Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
peregangan kaki

Cara Sederhana Menangani Kaki Kram

Kaki kram bisa terjadi karena banyak faktor. Dalam beberapa kasus penyebabnya tidak bisa diketahui dengan jelas. Kondisi ini bisa terjadi karena cedera saat berolahraga, kehamilan, gangguan sirkulasi darah pada bagian tungkai ataupun kaki, suhu dingin, hingga kurangnya asupan mineral. 

Kram yang terjadi pada otot bagian kaki atau bagian lainnya, karena adanya kontraksi atau karena menegangnya otot secara kuat dan tiba-tiba. Kondisi ini  bisa terjadi dengan durasi yang cukup cepat. Melansir dari Mayo Clinic (2018), Symptoms, Night Leg Cramps, menjelaskan, kebanyakan nyeri terjadi pada malam hari dan saat bangun tidur. Kondisi ini umumnya menyerang bagian otot betis.  

Berbagai Penyebab Kaki Kram

Kondisi ini  bisa terjadi karena beberapa faktor. Berikut beberapa penyebab kaki kram seperti dilansir dari Mayo Clinic (2017): 

1. Adanya tekanan pada saraf

Tekanan pada saraf bisa menyebabkan keluhan ini dan juga nyeri. Hal ini bisa semakin memburuk, saat penderita melakukan kegiatan berjalan. Biasanya berjalan dengan posisi yang membungkuk ke depan bisa membuat penderita makin merasakan nyeri pada kaki. 

2. Terhambatnya suplai darah

Penyempitan yang terjadi di pembuluh darah bisa membuat keluhan satu ini dan juga nyeri, terutama saat melakukan aktivitas olahraga. Kaki kram karena kejadian ini bisa berangsur membaik dengan melakukan istirahat selama beberapa waktu. 

3. Kehamilan 

Ibu hamil paling mengeluhkan kondisi satu ini, terutama saat bulan-bulan terakhir. Hal ini terjadi akibat kurangnya asupan kalsium dan magnesium atau terhambatnya aliran darah ke kaki. 

4. Cedera 

Cedera dan aktivitas otot secara berlebihan bisa menjadi penyebabnya. Selain itu aktivitas seperti, terlalu lama duduk di atas permukaan yang keras atau meletakkan kaki pada posisi yang salah saat beristirahat atau tidur, juga bisajadi penyebabnya. Olahraga yang tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu juga bisa menjadi pemicunya.

5. Kekurangan mineral 

Kekurangan mineral seperti kandungan kalsium, kalium dan magnesium.

6. Dehidrasi 

 Kondisi ini terjadi akibat tubuh kekurangan cairan. Saat tubuh kekurangan cairan menyebabkan elektrolit dalam tubuh berkurang sehingga menyebabkan nyeri.

7. Efek samping dari obat-obatan

Bisa terjadi karena konsumsi obat-obatan tertentu seperti, pil kontrasepsi, statin, diuretik, kortikosteroid, dan asma yang bisa meningkatkan risiko terjadinya nyeri. 

8. Infeksi 

Infeksi akibat penyakit tetanus.

9. Penyakit hati 

Kondisi ini bisa terjadi akibat adanya penyakit dalam organ hati. Ketika hati tidak bekerja dengan baik dan dalam darah bisa meningkat dan menyebabkan otot kram. 

10. Kondisi medis lainnya 

Beberapa penyakit seperti, penyakit ginjal, penyakit diabetes, penyakit tiroid, penyakit arteri perifer bisa meningkatkan risiko terjadinya kaki kram. 

Cara Menangani Kaki Kram 

Melansir dari Healthline (2020), kaki kram dalam kondisi yang masih ringan, bisa reda dengan melakukan beberapa cara, seperti: 

1. Istirahat 

Penderita bisa beristirahat dari aktivitas dan melakukan peregangan ringan, seperti menggerakkan kaki atau berjalan perlahan untuk mengurangi nyeri kram. 

2. Pijat 

Penderita bisa memijat perlahan area otot yang menegang untuk meredakan kram. Saat memijat, sebaiknya penderita melakukannya secara perlahan karena pijatan terlalu kencang bisa berpengaruh pada aliran darah. 

3. Kompres 

Penderita juga bisa mengompres area yang nyeri  dengan air hangat. Selain itu penderita juga bisa mengombinasikannya dengan air dingin untuk membantu meringankan nyeri 

4. Minum air putih 

Penderita kram juga bisa menambah asupan mineral lewat air putih dan minuman yang mengandung elektrolit untuk mengisi cairan tubuh. Metode ini mungkin akan berlangsung lebih lama, namun cara sederhana ini bisa menjadi cara untuk meredakan kaki kram. 

5. Mengonsumsi makanan kaya magnesium 

Mengonsumsi makanan seperti kacang-kacangan dan juga biji-bijian yang kaya akan magnesium bisa membantu mencegah terjadinya kram. 

Jika kaki kram sering muncul dan terjadi secara berulang, konsultasi dengan dokter adalah pilihan terbaik untuk mengetahui penyebab dan juga pengobatan yang efektif untuk penderita kaki kram.

Artikel Terkait