Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
efek saraf kejepit leher - Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Cegah Efek Saraf Kejepit Leher dengan Penanganan yang Tepat

Tahukah Anda bahaya dan efek saraf kejepit leher yang tidak segera ditangani? Selain menimbulkan gejala nyeri yang sangat mengganggu, saraf kejepit leher dapat menyebabkan kelumpuhan dan bahkan kematian. Anda tentu tidak mau hal tersebut terjadi bukan. Nah, untuk itu segera lakukan penanganan yang tepat dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis bedah saraf terbaik di Lamina Pain and Spine Center. Mau tahu lebih banyak seperti apa pengobatan saraf kejepit leher yang efektif? Yuk, simak ulasannya di sini!

Efek Saraf Kejepit Leher

efek saraf kejepit leher - Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Saraf kejepit leher merupakan kondisi yang terjadi akibat bantalan tulang atau sendi yang bergeser dan menonjol keluar sehingga menekan saraf di sekitarnya. Tekanan berlebih pada saraf ini tentu dapat menimbulkan rasa nyeri yang menjalar sampai ke bahu dan tangan, kebas, dan kesemutan yang berlangsung intens. 

Apabila gejala tersebut tidak mendapatkan penanganan dalam waktu lama, maka bisa mengakibatkan efek yang berbahaya, seperti:

  • Kelemahan otot di bagian leher, bahu, sampai pergelangan tangan yang akan mengganggu mobilitas dan aktivitas sehari-hari
  • Pada beberapa kasus leher menjadi bengkak
  • Kesulitan menahan/ mengontrol buang air kecil dan buang air besar
  • Kerusakan saraf permanen
  • Kelumpuhan sebagian atau seluruh anggota tubuh
  • Kematian

Untuk mencegah risiko komplikasi dari saraf kejepit, maka perlu Anda perlu melakukan pengobatan secepatnya.

Baca juga: Waspadai Gejala Saraf Kejepit Leher yang Sering Diabaikan

Penanganan Saraf Kejepit Tanpa Operasi

Untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah saraf kami di Lamina Pain and Spine Center. Dokter akan melakukan tanya jawab seputar riwayat penyakit dan melakukan pemeriksaan fisik. Selain pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang pun diperlukan, seperti MRI (Magnetic Resonance Imaging) untuk menegakkan diagnosis. 

Salah satu pilihan metode pengobatan terbaik untuk mengatasi saraf kejepit leher adalah dengan endoskopi CESSYS Joimax. CESSYS atau Cervical Endoscopic Surgical System adalah tindakan minimal invasif dengan memasukkan alat endoskop ke area tulang belakang di mana terdapat saraf yang terjepit. Alat endoskop berteknologi canggih ini memiliki kamera khusus yang tersambung dengan layar monitor HD. Ketika alat dan kamera tersebut masuk, maka gambar pada layar monitor akan 40x lebih besar dari ukuran sebenarnya, sehingga dokter dapat melihat dengan jelas kondisi saraf dan jaringan di sekitarnya. 

Dengan prosedur CESSYS, dokter dapat mengambil atau membuang tonjolan bantalan tulang yang menekan saraf dengan lebih aman, karena tidak merusak jaringan di sekitarnya. Metode ini dapat dilakukan dari dua akses, yaitu melalui bagian depan leher (anterios) dan belakang leher (posterior).

Ketahui Berbagai Keunggulan CESSYS Joimax

  • Tindakan minimal invasif tanpa operasi
  • Lebih aman karena tidak merusak jaringan di sekitarnya
  • Waktu tindakan relatif singkat tergantung kondisi saraf yang terjepit
  • Hanya dengan satu sayatan kecil sebesar 4-7mm
  • Risiko komplikasi minimal
  • Tanpa rawat inap
  • Proses penyembuhan lebih cepat
  • Tingkat keberhasilan tinggi mencapai hingga 95%

Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda sebaiknya melakukan kontrol pasca tindakan dan menghindari berbagai aktivitas berat. Ikuti saran dokter terkait hal-hal apa saja yang boleh Anda lakukan dan sebaiknya dihindari. 

Bagi Anda yang memiliki keluhan saraf kejepit di leher, silakan menghubungi Assistance Center Lamina di nomor 021-7919-6999, atau chat melalui whatsapp ke 0811 1443 599.

Yuk, konsultasi sekarang untuk hidup bebas dari rasa nyeri!

Referensi:

OrthoInfo. Cervical Radiculopathy (Pinched Nerve).

https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases–conditions/cervical-radiculopathy-pinched-nerve/

Medical News Today. How to recognize and treat a pinched nerve in the neck.

https://www.medicalnewstoday.com/articles/pinched-nerve-in-neck

Joimax.com. Endoscopic Spine Surgery.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Kenapa Seseorang Dapat Mengidap Saraf Kejepit Leher?

Saraf kejepit leher merupakan kondisi yang terjadi akibat bantalan tulang atau sendi yang bergeser dan menonjol keluar sehingga menekan saraf di sekitarnya. Tekanan berlebih pada saraf ini tentu dapat menimbulkan rasa nyeri yang menjalar sampai ke bahu dan tangan, kebas, dan kesemutan yang berlangsung intens.

Apa Akibat Dari Saraf Kejepit Leher?

Beberapa akibatnya, sebagai berikut: 1. Kelemahan otot di bagian leher, bahu, sampai pergelangan tangan. 2. Pada beberapa kasus leher menjadi bengkak 3. Kesulitan menahan/mengontrol buang air kecil dan buang air besar 4. Kerusakan saraf permanen 5. Kelumpuhan sebagian atau seluruh anggota tubuh 6. Kematian

Bagaimana Cara Mengatasi Saraf Kejepit Leher?

Salah satu pilihan metode pengobatan terbaik untuk mengatasi saraf kejepit leher adalah dengan endoskopi CESSYS Joimax. CESSYS atau Cervical Endoscopic Surgical System adalah tindakan minimal invasif dengan memasukkan alat endoskop ke area tulang belakang di mana terdapat saraf yang terjepit.

Artikel Terkait