Fisioterapi Bisa Jadi Pengobatan Masalah Saraf!

Pengobatan fisioterapi bisa menjadi jalan ke luar bagia penderita yang mengalami masalah saraf atau neurologis. Biasanya, penderita yang memiliki permasalahan saraf memiliki masalah dengan mobilitas tubuh, yang menyebabkan gerak menjadi terganggu dan terhambat. Mengutip dari artikel kesehatan Triangle Psyotherapy (2021) menyebutkan bahwa fisioterapi bisa menjadi salah satu jalan pengobatan bagi permasalahan saraf. Hal ini, karena sesuai dengan tujuan dan manfaat dari fisioterapi sendiri yang memang untuk memulihkan fisik dan memperkuat otot dan jaringan yang rusak.

Jenis penyakit saraf atau neurologis

Fisioterapi Bisa Jadi Pengobatan Masalah Saraf!

Penyakit yang menyerang saraf atau terkenal dengan neurologis ini merupakan masalah yang menggangu sistem saraf seperti otak, sistem saraf pusat di sumsum tulang belakang, hingga sistem perifier (yang menghubungkan sistem saraf pusat dan seluruh organ tubuh). Beberapa area tersebut dapat mengalami gangguan dengan berbagai macam faktor, seperti akibat kecelakaan, infeksi, gangguan kekebalan tubuh dan aliran darah, hingga akibat adanya tumor di dalam tubuh. Pada umumnya, ada 5 jenis penyakit yang menyerang saraf yang sering terjadi pada manusia, di antaranya:

– Radang selaput otak

Penyakit yang menyerang otak ini terkenal dengan nama meningitis. Biasanya, masalah ini banyak menyerang bayi hingga remaja, penyebabnya adalah virus dan bakteri yang terdapat pada area selaput otak. Jika, tidak tertangani dengan baik. Maka, penyakit ini mampu membuat penderitanya mengalami kerusakan permanen, seperti kejang, kehilangan indera pendengaran, hingga kehilangan ingatan.

– Stroke

Penyakit yang mendapatkan gelar sebagai penyakit mematikan dan penyebab kematian terbesar di dunia ini merupakan masalah yang menyerang saraf. Penyakit stroke penyebabnya adalah akibat pecahnya atau tersumbatnya pembuluh darah. Sehingga, pasokan darah dari tubuh ke otak menjadi terganggu atau tersumbat. Selain itu, kekurangan pasokan darah juga bisa membuat otak kekurangan nutrisi dan oksigen yang menyebabkan sistem saraf menjadi terganggu.

– Multiple Sclerosis

Penyakit ini merupakan masalah yang menyerang otak dan area sum-sum tulang belakang. Selain itu, multiple sclerosis juga menjadi penyakit yang menyebabkan sebagian besar kecacatan permanen pada orang dewasa di usia 20 hingga 30 tahun. Meskipun penyebabnya belum diketahui secara pasti. Namun, para pakar kesehatan percaya bahwa masalah ini berkaitan dengan masalah imun. Biasanya penyakit ini menyebabkan penderitanya mengalami depresi hingga epilepsi.