Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
Jangan Konsumsi Pantangan Makanan Ini Ketika Alami Syaraf Kejepit!

Jangan Konsumsi Pantangan Makanan Ini Ketika Alami Syaraf Kejepit!

Pantangan makanan syaraf kejepit adalah beberapa makanan yang berisiko menyebabkan kondisi syaraf kejepit atau Herniated Nukleous Pulposus (HNP) menjadi lebih buruk. Mengutip dari artikel kesehatan Texas Spine Health (2017) menyebutkan bahwa saat menderita HNP sangat penting untuk selalu mengonsumsi makanan sehat yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Sebaliknya, mengonsumsi makanan tidak sehat, akan sangat berisiko membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama. Bahkan, bisa memicu peradangan hingga membuat HNP menjadi tambah memburuk. Untuk menghindari terjadinya hal-hal seperti ini, maka penting untuk penderita memerhatikan setiap asupan dan kandungan pada makanan yang ingin dikonsumsi. 

Pantangan makanan syaraf kejepit

Jangan Konsumsi Pantangan Makanan Ini Ketika Alami Syaraf Kejepit!

Syaraf kejepit merupakan salah satu masalah tulang belakang yang banyak terjadi pada orang dewasa hingga lansia. Meskipun termasuk ke dalam salah satu penyakit umum, namun dampak dari syaraf kejepit sendiri sebaiknya harus penderitanya waspadai. Pasalnya, HNP sendiri tak hanya menyebabkan rasa nyeri kronis pada penderitanya. Namun, HNP juga dapat menyebabkan para penderitanya mengalami kelumpuhan permanen. Salah satu hal yang sering dianggap sepele adalah tidak menghiraukan beberapa pantangan makanan. Melansir dari Pain Management and Injury Relief (2020) menyebutkan bahwa dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa makanan sehat bisa meringankan gejala syaraf kejepit. Begitupun jika penderitanya banyak mengonsumsi makanan tak sehat. Maka, berisiko membuat gejala nyeri memburuk. 

Berikut adalah beberapa pantangan makanan yang sebaiknya tak penderita konsumsi selama mengalami sakit syaraf kejepit, seperti: 

  • Makanan manis 

Tak hanya buruk untuk para penderita diabetes, makanan manis juga buruk bagi penderita saraf kejepit karena dapat memicu peradangan hingga obesitas. Kedua hal tersebut, peradangan dan obesitas merupakan kondisi yang dapat memperburuk kondisi syaraf kejepit. 

  • Minyak sayur

Sebagian besar minyak sayur mengandung omega 6 yang tinggi. Meskipun baik untuk tubuh, namun ketika seseorang memiliki jumlah omega 6 yang tinggi dalam tubuh. Maka, hal tersebut dapat memicu peradangan, hal ini tentu akan memperlambat proses penyembuhan pada banyak penderita HNP.  

  • Biji-bijian olahan

Pizza, roti putih, sereal, dll. Merupakan beberapa makanan yang terbuat dari bijia-bijian yang di haluskan. Makanan tersebut dapat memicu lonjakan insulin dalam tubuh yang dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh. 

  • Daging merah 

Mengandung neu5gc, daging merah merupakan makanan yang sebaiknya penderita HNP hindari. Karena, kandungan tersebut dapat memicu peradangan di dalam tubuh yang memperburuk kondisi HNP.

Baca juga: Kenali 4 Obat Alami Sederhana Untuk Saraf Kejepit 

Makanan yang baik untuk syaraf kejepit 

Itu dia beberapa pantangan makanan bagi para penderita syaraf kejepit. Untuk itu, sebaiknya konsumsilah beberapa makanan yang memiliki kandungan tertentu yang baik untuk melawan peradangan, beberapa makanan tersebut di antaranya: 

  • Buah beri 
  • Sayuran yang memiliki daun berwarna gelap seperti, bayam, sawi, dll.
  • Salmon, ikan sarden, hingga ikan kembung
  • Kacang-kacangan

Selain beberapa makanan di atas, menjaga pola hidup dengan selalu berolahraga dan perbanyak minum air putih juga dapat meringankan gejala yang muncul. Namun, perlu penderita ingat bahwa makanan tertentu hanya dapat mengurangi gejala untuk sementara waktu. Oleh karena itu, untuk mendapatkan pengobatan medis yang tepat, sebaiknya segeralah melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis bedah saraf terbaik. Salah satu tempat pengobatan nyeri dan saraf kejepit terbaik adalah di klinik Lamina Pain and Spine Center. Menjadi klinik terbaik se Asia Tenggara, klinik Lamina menyediakan layanan tindakan endoskopi modern dengan sayatan minim, sehingga lebih minim risiko dan nyeri. 

Baca juga: Sakit Saraf Kejepit? Kenali 3 Pengobatan Mulai dari Terapi Hingga Korset!

 

Artikel Terkait