Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
penyebab sakit pinggang

Kenali Penyebab Sakit Pinggang yang Sering Diremehkan

Hampir semua orang pasti pernah mengalami sakit pinggang. Namun, penyebab sakit pinggang sering diabaikan sehingga bisa memunculkan rasa nyeri yang semakin parah. Kondisi ini tentu sangat tidak menyenangkan dan bisa mengganggu aktivitas harian yang Anda lakukan. Meski demikian, tak perlu khawatir ya, sebab rasa nyerinya bisa hilang dengan pengobatan yang tepat. 

Mengapa Anda Sering Mengalami Sakit Pinggang? 

Sakit pinggang biasanya menimbulkan gejala nyeri di area pinggang yang bisa menjalar hingga ke bokong, paha ataupun pergelangan kaki. Kondisi ini memang dapat sembuh dengan sendirinya seiring waktu, namun terkadang Anda membiarkannya sehingga tidak juga membaik dalam waktu lama.

Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui apa penyebab pasti dari nyeri pinggang. Beberapa hal dapat menyebabkan kondisi ini, antara lain: 

  • Cedera otot: Ketika otot dan ligamen di area pinggang robek atau meregang sehingga menimbulkan rasa nyeri dan kaku pada pinggang.
  • Saraf  kejepit: Adanya bantalan tulang yang menonjol dan menekan saraf di sekitarnya.
  • Stenosis tulang belakang: Penyempitan pada ruas tulang belakang sehingga memberikan tekanan pada sumsum dan saraf tulang belakang. Kondisi ini akan berdampak pada area pinggang dan menyebabkan nyeri.
  • Skiatika: Terjadi akibat adanya tekanan pada saraf skiatik yang bercabang dari punggung bawah melewati pinggul dan bokong. Selain rasa nyeri di area pinggang, bisa meluas sampai ke kaki dan terasa seperti terbakar atau tertusuk jarum
  • Kelainan pada tulang belakang: Lekukan tulang belakang tidak normal karena faktor tertentu. Misalnya, skoliosis, kifosis ataupun lordosis.
  • Gaya hidup tidak sehat: Ini juga bisa menyebabkan sakit pinggang, seperti tidak rutin berolahraga, mengangkat benda berat dengan tumpuan yang salah, sering memakai sepatu high heels atau postur tubuh yang tidak baik.
  • Obesitas: Kelebihan berat badan dapat menambah tekanan besar pada tulang belakang, sehingga lebih rentan mengalami sakit pinggang.

Cara Mencegahnya

Ada banyak cara untuk mencegah sakit pinggang, yaitu:

  • Berolahraga secara teratur
  • Lakukan pemanasan sebelum berolahraga
  • Menjaga postur tubuh yang baik saat duduk, berdiri atau berjalan
  • Hindari mengangkat beban terlalu berat
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang 
  • Jaga berat badan yang ideal

Bagaimana Jika Sakit Pinggang Ternyata Saraf Kejepit? 

Ketika merasa nyeri pinggang yang tidak juga membaik, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter ahli. Dokter akan mendiagnosa penyakit dengan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik, yang dilanjutkan dengan pemeriksaan radiologis guna memastikan penyebab dan seberapa parah kondisi sakit pinggang Anda. 

Jika ternyata sakit pinggang ini adalah gejala dari saraf kejepit, maka penanganan yang tepat adalah dengan endoskopi BESS. BESS atau Biportal Endoscopic Spine Surgery merupakan teknik non-bedah yang bertujuan untuk melepaskan atau membuang bantalan tulang yang menonjol dan menekan saraf. Prosedur ini menggunakan dua sayatan sebagai pintu masuk alat dekompresi endoskopi. Dengan teknologi tinggi, BESS menggunakan kamera berukuran mikro yang terhubung dengan layar monitor HD agar dokter dapat melihat lebih jelas lokasi dan kondisi saraf yang terjepit. 

Dengan BESS, waktu tindakan relatif singkat, hanya dengan bius lokal, tanpa rawat inap dan proses penyembuhan lebih cepat dari operasi besar. 

Jadi, jangan pernah abaikan sakit pinggang karena bisa mempengaruhi semua aktivitas sehari-hari yang Anda lakukan. Langsung saja hubungi Lamina Pain and Spine Center dan berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah saraf kami untuk penanganan tepat masalah sakit pinggang dan saraf kejepit Anda.

Untuk melihat jadwal dokter, silakan klik di sini dan langsung saja datang ke klinik Lamina yang berlokasi di Mampang, Cibubur, Pulomas dan Kuningan.

Semoga bermanfaat!

Baca juga: Kenali Bedanya Saraf Terjepit dan Sakit Pinggang Biasa

Artikel ini telah ditinjau oleh: dr. Faisal, Sp.BS

Artikel Terkait