Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center

Kenapa Tulang Belakang Sakit? Mungkin Saja Karena Hal Ini

Kenapa tulang belakang sakit ? Ada beragam penyebab tulang belakang sakit, salah satunya adalah adanya kelainan tulang belakang.  Sementara itu, penyebab kelainan tulang belakang juga sangat banyak. Oleh karenanya, agar bisa menangani keluhan tersebut, kita perlu cari tahu dulu penyebabnya.

Kenapa tulang belakang sakit?

Berikut adalah penyebab kelainan tulang belakang yang menjadi alasan tulang belakang sakit.

Masalah kesehatan

Risiko mengalami lordosis,  kifosis, skoliosis, dan spondilosis bisa meningkat karena adanya masalah kesehatan tertentu, seperti:

  • Osteoporosis
  • Penyakit Scheuermann
  • Distrofi otot
  • Cerebral palsy
  • Kanker tulang belakang
Genetik

Pada beberapa kasus, ada orang-orang yang terlahir dengan kondisi tulangbelakang yang tipis dari normalnya. Hal inilah yang kemudian menyebabkan rentan mengalami patah tulang dan masalah pada tulangbelakang.

Kelainan bawaan dari  lahir

Ada kemungkinan pada anak yang masih dalam kandungan akan mengalami tulangbelakang yang tidak berkembang dengan sempurna sehingga menyebabkan tulangbelakang bengkok yang tidak normal.

Cedera dan aktivitas tertentu

Saat mengalami cedera maka akan menyebabkan tulang bergeser atau melengkung. Selain itu, aktivitas yang berlebihan dapat memberi beban berat pada tulangbelakang secara terus menerus bisa mengakibatkan masalah pada bagian tulang tersebut.

Faktor risiko kelainan tulang belakang

Berbikut faktor-faktor  yang dapat  meningkatkan risiko seseorang mengalami kelainan pada tulangbelakangnya, yakni:

Obesitas

Memiliki berat badan yang berlebihan bisa memberikan beban ekstra pada bagian punggung bawah sehingga tulangpunggung menjadi bengkok.

Postur tubuh yang buruk

Saat berjalan ataupun duduk dengan posisi tubut yang tidak tepat, misalnya terlalu membungkuk ke depan, belakang, kanan atau kiri bisa menjadi salah satu faktor.

Riwayat keluarga

Skoliosis bisa diturunkan dari orangtua meskipun kasusnya jarang terjadi.

Profesi atlet

Atlet juga bisa risiko mengalami masalah pada tulangbelakang. Hal ini karena banyak melakukan aktivitas yang memberikan beban atau tekanan berat pada bagian tersebut.

Apakah ada risiko komplikasi?

Setelah mengetahui salah satu alasan kenapa tulang belakang sakit.  Selanjutnya, kita akan membahas kemungkinan komplikasi atau risiko yang bisa terjadi jika memiliki kelainan pada tulangbelakang. Berikut beberapa komplikasi yang mungkin bisa terjadi akibat tulangpunggun yang membengkok tidak normal.

Penampilan yang kurang baik

Postur tubuh saat berjalan, berdiri, duduk akan telihat kurang baik karena melengkung yang berlebihan. Selain itu, bagian pundak dan pinggang menjadi tidak seimbang serta salah satu tulang-rusuk menonjol.

Masalah pencernaan

Membengkoknya tulangbelakang secara berlebihan akan membuat seseorang rentan alami asam refluks dan sulit untuk menelan.

Masalah pernapasan

Kelainan ini akan memberikan tekanan bagi paru paru sehingga akan mengganggu fungsinya.

Fungsi tubuh terbatas

Munculnya rasa nyeri tulang belakang atau gejala lainnya akibat kelainan ini, akan membuat seseorang sulit untuk beraktivitas. Misalnya, duduk, berjalan, bergerak bebas bahkan untuk berbaring.

Segera konsultasikan dengan dokter keluhan yang dialami agar segera mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi dan tingkat keparahan penyakit.

Artikel Terkait