Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
lokasi saraf kejepit tersering

Ketahui Lokasi Saraf Kejepit Tersering yang Harus Diwaspadai

Saraf kejepit merupakan kondisi serius yang bisa menimbulkan rasa nyeri dalam waktu lama. Lokasi saraf kejepit yang tersering yaitu di area leher dan punggung bawah. Kedua bagian tubuh ini memang lebih sering terdampak karena yang paling sering digunakan untuk mobilitas. Penyebabnya pun beragam, mulai dari cedera, postur tubuh yang salah, mengangkat beban berat, ataupun faktor usia tua (degeneratif). 

Gejala Saraf Kejepit 

kebiasaan penyebab saraf kejepit

Gejala saraf kejepit bervariasi tergantung lokasi terjepitnya saraf. Pada saraf kejepit leher, Anda mungkin akan merasakan nyeri yang menjalar hingga ke bahu, lengan dan pergelangan tangan. Pada kondisi yang masih tergolong ringan, rasa nyeri ini bisa menghilang, namun bisa kambuh jika mengangkat beban berat atau terus menunduk saat bermain gadget.

Sementara itu, jika Anda mengalami saraf kejepit pinggang, rasa nyerinya muncul di area pinggang dan bisa meluas hingga ke bokong dan tungkai. Saraf kejepit juga bisa menyebabkan mati rasa, kesemutan, hingga kelemahan otot. Kondisi ini tentu dapat menyulitkan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Pada kondisi yang sudah parah, gejala bisa menetap dan berlangsung sangat lama bahkan dalam hitungan tahun. Jika sudah seperti ini, sebaiknya jangan menunda pengobatan karena bisa berisiko pada kerusakan saraf permanen dan kelumpuhan anggota tubuh. 

Faktor Risiko

Berbagai hal bisa meningkatkan risiko terkena saraf kejepit, antara lain: 

  • Usia tua
  • Pernah mengalami cedera
  • Efek pasca operasi
  • Memiliki riwayat penyakit diabetes dan arthritis (radang sendi kronis)
  • Menderita kelainan tulang belakang seperti skoliosis dan kifosis
  • Memiliki profesi dengan aktivitas yang berat, misalnya atlet angkat beban atau kuli bangunan

Cara Mengatasi Saraf Kejepit

Saraf kejepit terkadang dapat membaik dengan sendirinya. Anda bisa mencoba beberapa cara perawatan sederhana berikut ini untuk meredakan nyerinya: 

  • Istirahat cukup agar tidak memperparah nyerinya
  • Minum obat pereda nyeri
  • Kompres dingin atau hangat bagian yang terkena saraf kejepit
  • Lakukan peregangan ringan agar otot-otot tidak kaku dan lebih rileks
  • Hindari mengangkat benda berat sampai nyeri membaik

Pengobatan Efektif dengan Endoskopi Joimax

Saat ini, berbagai teknologi pengobatan telah digunakan untuk mengatasi saraf kejepit. Namun, tidak semua bisa memberikan hasil kesembuhan yang optimal. Endoskopi Joimax, merupakan solusi terbaik untuk saraf kejepit dengan teknologi mutakhir yang berasal dari Jerman.

Dengan endoskopi Joimax, dokter akan membuat satu sayatan kecil sebesar 7mm untuk memasukkan alat dekompresi endoskopi ke ruas tulang belakang. Alat ini memiliki kamera berukuran mikro yang terhubung dengan layar monitor HD agar dokter dapat melihat dengan jelas lokasi dan kondisi saraf yang terjepit. 

Prosedur ini termasuk tindakan minimal invasif tanpa operasi yang lebih minim risiko. Kelebihan lain dari endoskopi Joimax adalah waktu tindakan yang relatif singkat, tidak merusak banyak jaringan di sekitar saraf, dan risiko perdarahan minimal. Anda juga tak perlu rawat inap dan bisa langsung pulang setelah observasi pasca tindakan. Kembalilah ke dokter untuk melakukan kontrol agar dokter dapat memantau kondisi dan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Assistance Center Lamina Pain and Spine Center di nomor 021-7919-6999. Atau bisa juga chat kami via whatsapp ke nomor 0811-1443-599. 

Bagi Anda yang terkendala jarak dan tetap ingin berkonsultasi dengan dokter kami, jangan khawatir ya. Lamina memiliki layanan telekonsultasi yang akan memudahkan Anda agar terhubung langsung dengan dokter spesialis bedah saraf untuk diagnosa dan penanganan yang tepat.

Tonton juga video testimoni pasien Lamina yang mengalami saraf kejepit pinggang dan sembuh dengan endoskopi Joimax!

Artikel Terkait