Korset Lumbal Ternyata Penting untuk Kesembuhan Saraf Kejepit - Lamina Pain and Spine Center
preloader
Edit

Tentang Kita

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Korset Lumbal Ternyata Penting untuk Kesembuhan Saraf Kejepit

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Korset Lumbal Ternyata Penting untuk Kesembuhan Saraf Kejepit
 Korset Lumbal Ternyata Penting untuk Kesembuhan Saraf Kejepit

Korset lumbal merupakan sebuah penopang tubuh yang sering digunakan sebagai tujuan dari estetika atau keindahan. Padahal, korset lumbal ini juga ternyata sangat berguna pada dunia medis, salah satunya adalah sebagai proses penyembuhan untuk masalah saraf kejepit. Namun, berbeda dengan korset biasa wanita gunakan, korset lumbal biasanya terbuat dari bahan lembut, memiliki tali di area depan, samping, atau belakang. Selain itu, korset lumbal ini juga biasanya memiliki potongan logam yang membuat korset ini tidak akan mudah tertekuk dan tetap tegak.

Kapan harus menggunakan korset lumbal?

korset lumbal

Korset lumbal berguna untuk menghilangkan beban sendi dan tulang belakang, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan beberapa masalah tulang belakang seperti:

  • Nyeri pinggang
  • Radang sendi atau arthritis
  • Saraf kejepit
  • Keseleo
  • Patah tulang

Selain beberapa masalah di atas, korset lumbal juga biasanya berguna untuk memperbaiki atau menstabilkan tulang belakang. Terutama setelah tindakan operasi. Di Klinik Lamina Pain and Spine Center sendiri, korset lumbal biasanya berguna sebagai salah satu terapi penyembuhan setelah tindakan PLDD (Percotaneous Lumbar Disc Decompression), PSLD (Percotaneous Stenosis Lumbar Decompression) atau tindakan untuk mengatasi saraf kejepit.

Pentingnya konsultasi sebelum penggunaan korset

Penggunaan korset lumbal sebaiknya harus kamu lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter ahli terlebih dahulu. Hal ini penting kamu lakukan agar dokter dapat melakukan evaluasi terhadap kebutuhan korset yang kamu perlukan untuk masalah tulang/sendi yang kamu alami. Biasanya dokter akan membantu menentukan jenis korset yang tepat dan sesuai dengan masalah tulang yang kamu alami.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui bahwa penggunaan korset yang tidak sesuai dengan masalah yang kamu alami justru dapat cedera hingga membuat masalahmu bertambah parah.

Baca juga: Terapi Fisik Untuk Saraf Terjepit, Bisakah Menyembuhkan?

Cara menggunakan yang benar

Selain melakukan konsultasi, pasien yang menggunakan korset lumbar juga harus berhati-hati terhadap cara pemakaian korset yang tepat. Hal ini agar proses penyembuhan lebih cepat, dan mengurangi risiko kesalahan pemakaian yang akan berdampak pada rasa nyeri hingga cedera.

  • Pilih jenis sesuai anjuran dokter

Korset lumbal yang tepat sangat menentukan tingkat penyembuhan pada pasien. Untuk itu, pilihlah jenis korset yang sesuai dengan kebutuhanmu atau rekomendasi dari dokter. Korset yang tepat artinya korset tersebut harus menutupi bagian tubuh yang bermasalah. Selain itu, dokter juga biasanya akan memberitahukan pasien mengenai berapa lama waktu pemasangan korset, seberapa ketat, dan lainnya.

  • Gunakan korset saat melakukan aktivitas tertentu

Selain membantu memilih jenis korset, dokter juga biasanya akan merekomendasikan pemakaian korset sesuai kebutuhan. Beberapa pasien mungkin harus menggunakan korset sepanjang waktu, beberapa lagi hanya harus menggunakan korset ketika melakukan aktivitas tertentu.

  • Rawat korset

Menggunakan korset yang rusak atau patah dapat menyebabkan cedera tulang belakang bertambah parah, bahkan menyebabkan masalah baru. Untuk itu, sering periksalah korset yang kamu gunakan.

  • Latihan fisik

Penggunaan korset akan lebih efektif jika kamu melakukan terapi fisik. Hal ini dapat memperkuat bagian yang bermasalah.

 

Jika kamu mengalami masalah tulang belakang seperti saraf kejepit atau masalah lainnya, dan membutuhkan korset untuk penyembuhan. Maka, kamu bisa datang ke klinik Lamina Pain and Spine Center untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan terlebih dahulu.

Baca juga: Nyeri Punggung Hilang dengan Layanan Fisioterapi di Lamina!

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. All Rights Reserved.

    Daftar Online