Matras Nyeri Punggung dan Bantal untuk Meringankan Nyeri Punggung

JAKARTA — Matras nyeri punggung — Nyeri punggung tak seperti keyakinan banyak orang yang berpikir, “dibiarkan saja, nanti juga lama-lama sembuh” ternyata bukan perkara sepele. Meski sekali seumur hidup manusia pasti merasakannya, nyeri punggung harus ditangani dengan profesional pula. Setidaknya satu dari tiga manusia pernah merasakannya.

Di Klinik Lamina Pain and Spine Center, berbagai keluhan yang berhubungan dengan nyeri dan masalah-masalah tulang belakang akan diberikan layanan paripurna. Mulai dari pemeriksaan yang teliti dengan teknologi paling mutakhir hingga pelayanan medis terbaik bersama dokter-dokter yang kompeten di bidangnya.

Untuk sakit punggung kronis dan berlangsung dalam waktu yang lama usai tindakan medis pasien juga akan disarankan untuk melakukan beberapa modifikasi gaya hidup. Terutama agar proses pemulihan bisa berlangsung cepat dan maksimal.

Salah satunya adalah dengan memilih alas tidur atau matras yang tepat dan pemilihan bantal yang baik. Bantal digunakan untuk mengganjal bagian tubuh tertentu saat pasien nyeri tidur untuk mengurangi rasa tak nyaman sepanjang malam hingga terbangun di pagi hari.

MELETAKKAN BANTAL YANG IDEAL UNTUK NYERI PUNGGUNG

Meletakkan bantal di bagian bawah tubuh tak bisa sembarangan. Pasien harus tahu bagian tubuh mana yang harus mendapat dukungan untuk mengurangi rasa nyeri.

Menurut para ahli medis, posisi tidur Anda akan menentukan dimana harus meletakkan bantal.

-Jika Anda biasa tidur telentang, maka peletakan bantal yang baik adalah di leher, pinggang belakang dan lutut. Ini akan membuat tulang belakang Anda berada dalam posisi lurus.

-Jika Anda suka tidur miring ke salah satu sisi, letakkan di antara 2 lutut. Ini akan membuat pinggul, panggul dan tulang belakang satu garis lurus.

-Jika Anda sering tidur tengkurap, letakkan bantal di bawah panggul dan perut bagian bawah. Ini akan mengurangi ketegangan di punggung Anda.

Tidur tengkurap pada umumnya dianggap sebagai posisi terburuk bagi penderita sakit punggung, karena tidak memberikan dukungan untuk tulang belakang dan dapat menambah tekanan pada leher.

Tetapi jika Anda tidur telungkup dan merasa tidak nyaman tidur di punggung atau samping, meletakkan bantal di bawah panggul dan perut bagian bawah mungkin lebih bermanfaat daripada memaksa diri Anda ke posisi lain.

Jika Anda dapat menghindari tidur tengkurap, lebih baik tidur telentang atau miring karena ini akan mendukung kelengkungan tulang belakang Anda.

Tidur berbaring menghadap di sisi kanan baik untuk aliran darah, karena dalam posisi ini paru-paru kiri yang lebih kecil dan lebih ringan akan bertumpu pada jantung.

LATIHAN UNTUK NYERI PUNGGUNG

1. Posisi Cobra
Posisi latihan yang baik untuk membalikkan lekuk duduk. Berbaringlah di depan Anda dengan lengan setinggi dada. Dorong lengan Anda selurus mungkin. Ulangi 10-12 kali

2. Latihan Twist
Latihan yang baik untuk mobilitas tulang belakang. Posisikan diri Anda telentang, meremas bantal kecil di antara lutut Anda. Biarkan lutut Anda berguling ke samping sejauh yang nyaman, sambil memandang sebaliknya

3. Peregangan Satu Kaki
Latihan yang baik untuk kekuatan dan stabilitas tulang belakang.
Posisikan panggul Anda dalam posisi datar. Tarik pusar ke arah tulang belakang Anda saat menarik nafas. Jaga posisi panggul yang baik ini saat Anda meluruskan satu kaki dari Anda. masukkan kembali untuk melepas kaki yang ditekuk sambil bernapas.

MATRAS YANG TAK TERLALU KERAS ATAU LEMBUT

Para ahli soal tempat tidur menyarankan saat membeli matras Anda harus yakin bahwa bagian antara bahu, leher dan kepala bisa terisi dengan bantal. Agar tulang belakang dan tulang leher dalam posisi sejajar dan tidak menerima beban.

“Bayangkan jika Anda duduk dan tulang leher bisa lurus dengan seluruh rangka tulang belakang, saat Anda tidur dalam posisi miring Anda tentu ingin posisi lurus ini tetap terjadi,” kata Dreams.

Penting juga untuk meyakinkan bahwa Anda menggunakan matras nyeri punggung yang bisa mendukung tulang belakang dengan benar.

Matras atau alas tidur yang terlalu keras bisa memberi tekanan berlebih pada area yang membuat pasien tidak merasa nyaman. Namun sebaliknya matras yang terlalu lembut tidak akan cukup memberi sokongan bagi area nyeri yang membutuhkannya.

“Karenanya mereka yang mengidap sakit punggung akan lebih diuntungkan dengan matras yang padat dengan sisi-sisi yang netral,” kata Dream.(***)

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now