Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center

Setiap Udara Dingin Punggung Menjadi Sakit Tanda Apa, Dan Solusinya

JAKARTA — Musim penghujan masih akan berlangsung beberapa bulan. Cuaca yang bisa berubah dalam hitungan jam membuat aktivitas juga bisa tertahan. Mendung dan hujan bisa membuat kita malas bergerak ke luar, apalagi berolahraga. Padahal ini bisa membuat pengidap nyeri punggung semakin menjadi. Ada juga yang tindak pernah sakit, setiap udara dingin punggung menjadi nyeri.

Tiap orang sekali dalam hidupnya pasti pernah mengalami nyeri punggung. Ada kalanya nyeri punggung hilang dengan sendirinya. Namun dalam beberapa kasus nyeri punggung kronik, keluhan ini bisa mengurangi kualitas hidup.

Ketika cuaca tak bersahabat dan olahraga jadi jarang dilakukan. Akhirnya aliran darah menjadi terhambat dan membuat otot dan sendi jadi lebih kaku.

Cara Mengatasi Setiap Udara Dingin Punggung Sakit

Inilah 7 cara mudah agar pengidap sakit punggung bisa tetap aktif bergerak setiap cuaca atau udara dingin tak bersahabat.

  1. Mulai dengan yoga yang ringan
    Yoga sangat fokus pada latihan kekuatan, fleksibilitas dan nafas. Hal ini sangat terkait dengan pemulihan nyeri punggung. Khususnya gerakan seperti bridge. dan downward dog.
  2. Berjalan kaki setiap hari
    Berjalan santai akan membuat otot tetap siap untuk bergerak. Cobalah tantang tubuh Anda untuk menambah jarak tempuh tiap harinya.
  3. Cobalah latihan low-impact
    Latihan low-impact bisa mengurangi rasa nyeri dan membuat tubuh lebih siap bergerak. Hindari gerakan yang memaksa sendi dan berisiko menimbulkan keseleo. Latihan ini sangat baik untuk pengidap sakit punggung bawah yang disebabkan oleh postur yang buruk, atau setiap udara dingin muncul.
  4. Cari dukungan
    Jika Anda bingung untuk memulai olahraga dari mana, carilah dulu dukungan sekitar. Mulailah dengan berkonsultasi dengan dokter tentang apa yang sebaiknya Anda lakukan atau tidak.

Anda bisa berkonsultasi dengan Dr dr Wawan Mulyawan, SpBS atau dr Yosi Yudha, SpBS di Lamina Pain and Spine Center atau dulu dikenal sebagai Klinik Nyeri dan Tulang Belakang.

Olahraga apapun latihannya bisa membantu memperbaiki suasana hati sampai meredakan rasa nyeri. Sementara rasa nyeri sendiri jika tak ditangani dengan serius akan merusakkan suasana hati juga. (*)

Artikel Terkait