Cara Mengatasi Sakit Punggung Bawah dari Rumah

JAKARTA — Begitu nyeri punggung bawah menyerang dan tak jua membaik setelah beberapa pekan maka tak ada cara lain selain berkonsultasi dengan dokter. Namun penderita juga jangan menyerah. Anda bisa mendapatkan cara mengatasi sakit punggung bawah dengan beberapa latihan berikut. Hanya saja sekali lagi Anda harus mengkonsultasikan latihan ini dulu dengan dokter Anda, karena beberapa gerakan justru akan membuat nyeri semakin buruk.

Nyeri punggung bawah biasanya tak selalu merupakan gejala dari penyakit serius. Jika dokter mengatakan tak ada yang masalah yang berisiko, makan bisa jadi nyeri punggung bawah hanya masalah ketegangan dan keseleo. Dalam kondisi ini, maka keputusan untuk tetap aktif bergerak adalah kunci kesehatan Anda. Selain bisa mengusir rasa sakit, aktivitas fisik juga bisa membuat tubuh lebih bugar.

Berikut beberapa gerakan yang bisa dilakukan di rumah saran ahli yoga:

Peregangan ala kucing sebagai cara  mengatasi sakit punggung bawah

– Gerakan ini bisa diulang 5-10 kali dalam sehari. Posisi merangkak dengan kaki dan tangan sebagai penyangga.
– Pastikan punggung lurus dan kepala berada lurus dengan tulang belakang.
– Perlahan membungkuk dan jatuhkan kepala dan punggung atas ke lantai. Biarkan punggung memanjang saat Anda melakukan hal ini.
– Kembali ke posisi merangkak di awal.

Ada banyak latihan lain yang bisa dilakukan di rumah dan bisa dilakukan siapapun sebagai cara mengatasi sakit punggung bawah. Misalnya berenang, berjalan santai dan bersepeda statis.

Kenapa berenang sangat dianjurkan bagi pengidap nyeri punggung dan nyeri punggung bawah? Karena gerakan renang memang bagus untuk nyeri punggung, sementara air punya kemampuan memindahkan sebagian berat badan sehingga kita bisa bergerak lebih lembut tanpa hambatan. Berenang juga baik untuk latihan jantung dan baik untuk kesehatan tulang belakang.

Saat Anda bergerak di air dingin, sebagian besar otot akan menguat. Yakni otot perut, punggung dan kaki. Otot jadi memanjang dan langsing dengan tulang belakang yang lebih stabil. Tubuh jadi bisa mengirim oksigen lebih banyak ke seluruh bagian tubuh. Inilah yang membuat sakit punggung bawah jadi mereda.

Saat berada di dalam air, Anda akan bergerak lebih perlahan dan gerakan Anda akan mengurai sumber rasa nyeri punggung bawah, selama nyeri punggung bukan disebabkan hal-hal yang serius.

Sakit punggung bawah yang harus diwaspadai

Menurut NHS, lembaga kesehatan Amerika Serikat, Anda harus waspada pada sakit punggung bawah apabila:

1. Ada rasa kebas atau kesemutan di bagian kelamin dan bokong.
2. Sulit berkemih
3. Kehilangan kendali untuk berkemih dan usus besar
4. Nyeri dada
5. Demam dengan suhu 38 derajat Celcius atau lebih.
6. Berat badan turun tanpa alasan.
7. Bengkaka atau bentuk yang berubah di bagian punggung.
8. Semua keluhan tak membaik setelah beristirahat dan memburuk di malam hari.
9. Nyeri muncul setelah terjadi kecelakaan.
10. Dalam beberapa kasus bisa jadi nyeri punggung adalah gejala dari kanker pankreas. (TM)

RS Meilia, Lantai 7, Jl. Alternatif Cibubur KM1, Cimanggis, Depok, Jawa Barat 16454

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2867-8888

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now