Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
kaki bengkok pada bayi

Mengenal Berbagai Jenis Kaki Bengkok Pada Bayi!

Kaki bengkok atau kaki pengkor, dalam istilah medis terkenal dengan nama Talipes Equinovarus (Clubfoot) merupakan kondisi cacat lahir yang memengaruhi bagian kaki dan telapak kaki. Kondisi bawaan lahir ini menyebabkan kaki bayi menjadi bengkok atau berbelok ke arah dalam. Ibu atau orang tua bisa memeriksakan kondisi ini dengan melihat bagian bawah kaki menghadap ke samping bahkan ke atas. Hal ini terjadi akibat adanya kelainan pada kerangka tulang kaki bayi, di mana jaringan yang menghubungkan otot dan tulang terlalu pendek, sehingga kaki menjadi seperti terkilir. 

Jenis kaki bengkok 

kaki bengkok pada bayi

Melansir dari Cleveland Clinic (2021) menyebutkan bahwa jenis kaki bengkok/pengkor ini dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu: 

  • Isolated atau idiopatik clubfoot

Jenis ini merupakan kelainan kaki bengkok yang banyak terjadi pada kebanyakan penderita. Idiopatik clubfoot merupakan kelainan kaki pada bayi tanpa dibarengi dengan masalah kesehatan lainnya. Sehingga, penyebabnya sendiri sulit tedeteksi. 

  • Nonisolated clubfoot 

Pada jenis kaki bengkok ini, kelainan terjadi dengan masalah kesehatan lainnya seperti masalah sendi dan spina bifida (gangguan tabung saraf), biasanya penderitanya juga memiliki masalah pada otak, tulang belakang dan sumsum tulang belakang.

Penyebab 

Melansir dari Patel. M& Herzenberg dalam situs eMedicene from WebMD menyebutkan bahwa Clubfoot atau kaki bengkok ini terjadi pada 1 dari seribu kelahiran bayi. Artinya, masalah ini cukup sering terjadi. Selain itu, penelitian juga menyebutkan bahwa laki-laki lebih berisiko terkena clubfoot daripada perempuan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan bayi bisa terkena masalah ini, seperti: 

  • Memiliki riwayat keluarga yang mengalami kaki bengkok. 
  • Mempunyai cacat/syndrome bawaan lahir. 

Selain itu, ada beberapa risiko juga yang bisa menyebabkan bayi terkena masalah ini, jika ibu hamil sering melakukan hal seperti: 

  • Ibu hamil tidak memiliki cukup cairan ketuban saat janin dalam keadaan hamil. 
  • Terinfeksi penyakit zika ketika sedang hamil. 
  • Menjalankan pola hidup tak sehat saat hamil, seperti merokok, minum alkohol, dan konsumsi obat-obatan terlarang. 

Baca juga: Waspada Penyakit Langka Penyebab Kaki Kesemutan

Apa yang terjadi jika dibiarkan? 

Kondisi kaki benkok yang tidak teratasi, mungkin saja tidak menyakitkan bayi anda. Bahkan, beberapa orang tua tidak menyadari permasalahan ini pada awal bulan kelahiran pertama. Akan tetapi, jika bayi terkena masalah ini, maka akan memperlambat pertumbuhan bayi untuk belajar berjalan. Kaki bengkok yang tidak teratasi dengan baik biasanya akan menyebabkan bayi menjadi: 

  • Memiliki masalah dengan cara berjalan, bahkan hingga dewasa. 
  • Biasanya bayi yang terlahir dengan kaki bengkok akan berjalan menggunakan bagian pinggir kaki mereka. 
  • Rentan mengalami infeksi pada kaki.
  • Terjadinya risiko kalus/kapalan pada area kaki. 
  • Dapat menimbulkan risiko arthritis atau kerusakan sendi yang menyebabkan rasa sakit, kaku, dan pembengkakan. 

Pengobatan

Salah satu cara untuk mengobati masalah ini adalah dengan metode operasi untuk memperbaiki kerangka pada tulang kaki. Selain itu, pasien bayi maupun pasien dewasa dengan masalah ini akan menjalani serangkaian fisioterapi tertentu untuk membantu pasien terbiasa dengan cara berjalan dan meningkatkan tingkat fungsi gerak pada bagian kaki yang telah terobati.

Baca juga: Hilangkan Nyeri Pinggang Belakang dengan Metode Ini!

Artikel Terkait