Mengenal Fisioterapi untuk Sembuhkan Nyeri Tulang - Lamina Pain and Spine Center
preloader
Edit

Tentang Kita

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Mengenal Fisioterapi untuk Sembuhkan Nyeri Tulang

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Mengenal Fisioterapi untuk Sembuhkan Nyeri Tulang
 Mengenal Fisioterapi untuk Sembuhkan Nyeri Tulang

Nyeri tulang merupakan kondisi yang bisa mengganggu aktivitas penderitanya. Selain itu, nyeri tulang yang dibiarkan juga akan memengaruhi sistem gerak manusia. Sakit pada tulang juga banyak penyebabnya, dari cedera hingga kelainan pada tulang itu sendiri. Biasanya, pengobatan untuk mengobati tulang yang bermasalah dilakukan dengan injeksi vitamin tertentu hingga operasi. Namun, di Lamina Pain and Spine Center kamu bisa menemukan fisioterapi khusus untuk mengembalikan fungsi tubuh akibat nyeri tulang.

Baca juga: Fisioterapi Cedera Olahraga Merupakan Pilihan Terapi Atasi Nyeri

Nyeri tulang dan penyebabnya

Tulang merupakan jaringan kompleks yang ada di dalam tubuh manusia. Selain berfungsi untuk melindungi organ tubuh yang lembek, tulang juga mempunyai fungsi sebagai penggerak aktivitas manusia. Namun, sayangnya tulang bisa saja memiliki banyak masalah atau gangguan yang terjadi baik karena aktivitas yang terlalu berlebihan. Maupun akibat adanya kelainan pada tulang belakang. Biasanya, gangguan pada tulang akan ditandai dengan rasa nyeri pada penderitanya. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan rasa nyeri pada tulang, seperti:

  • Cedera

Cedera tulang dapat terjadi ketika seseorang mengalami kecelakaan atau terjatuh sehingga tulang mengalami trauma. Hal ini dapat merusak jaringan pada tulang, seperti patah tulang, dislokasi tulang dan lainnya.

  • Osteoporosis

Kondisi di mana tulang menjadi rapuh dan gampang rusak merupakan gejala dari osteoporosis. Selain itu, kepadatan tulang yang mulai menurun akibat usia lanjut merupakan penyebab utama dari timbulnya rasa sakit pada area tulang.

  • Arthritis

Radang tulang rawan seperti arthritis juga menjadi alasan timbulnya sakit pada tulang. Peradangan tulang ini juga biasanya juga memengaruhi fungsi sendi menjadi terganggu.

  • Kanker tulang

Sakit tulang juga bisa menjadi tanda bahwa kamu mengalami kanker tulang. Hal ini dapat terjadi ketika sel-sel abnormal tumbuh di area tulang, hal ini dapat menimbulkan nyeri dan pembengakakan pada area tulang yang terdapat tumor.

Namun, untuk mengetahui penyebab pasti yang terjadi akibat nyeri tulang. Sebaiknya, segeralah lakukan konsultasi di Klinik Lamina atau klinik yang fokus menangani masalah nyeri dan tulang belakang.

Baca juga: Kiropraktik Obati Sakit Tulang Belakang? Waspada Bahayanya!

Bisakah sembuh?

nyeri tulang

Penyembuhan pada nyeri tulang tergantung dari penyebabnya. Untuk cedera, saraf kejepit, radang sendi, penyembuhan bisa saja dilakukan dengan operasi kecil atau terapi biasa. Selain itu, untuk arthritis dan osteoporosis pengobatan mungkin saja akan dokter lakukan untuk menghilangkan gejala hingga meningkatkan fungsi gerak pada otot atau tulang yang mengalami masalah. Salah satunya adalah dengan menggunakan fisioterapi.

Mengenal fisioterapi

Fisioterapi merupakan serangkaian perawatan yang dilakukan untuk memulihkan dan mengembalikan fungsi pada otot, saraf, hingga tulang yang terkena cedera atau gangguan lainnya. Selain sebagai jalan penyembuhan, fisioterapi juga memiliki manfaat untuk mengurangi risiko terjadinya cedera di masa depan. Fisioterapi ini termasuk ke dalam tindakan seperti rehabilitasi baik secara manual maupun menggunakan alat-alat canggih dan terkini, seperti yang ada di klinik Lamina Pain and Spine Center.

Jenis fisioterapi nyeri tulang di Lamina

Ada beberapa jenis fisioterapi yang tersedia di Lamina sebagai salah satu terapi untuk menyembuhkan nyeri tulang, di antaranya:

  • Terapi manual

Fisioterapi ini dilakukan dengan cara memijat bagian yang terkena cedera dengan langsung.

  • Terapi magnetic

Pada terapi penyembuhan ini menggunakan alat elektromagnet untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri.

  • Terapi stimulasi transkutan listrik

Perawatan ini berguna untuk meredakan rasa sakit menggunakan alat elektroda yang akan fisioterapis letakan di atas permukaan kulit yang terkena cedera/mengalami kerusakan.

  • Diathermy

Menggunakan bantuan air panas yang mengalir melalui elektromagnetik, terapi ini efektif untuk menyembuhkan kondisi nyeri yang terjadi.

Itu dia beberapa fisioterapi yang ada di Lamina untuk penyembuhan nyeri . Jika kamu tertarik untuk memulai fisioterapi, silahkan lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan datang langsung ke klinik atau melalui layanan konsultasi online.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. All Rights Reserved.

    Daftar Online