Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center

Mengenal Nyeri Tulang Ekor Dan Juga Penyebabnya

Nyeri tulang ekor adalah kondisi nyeri yang terjadi di dalam maupun sekitar tulang ekor. Dalam bahasa medis, umumnya disebut coccydynia. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya rangsangan yang menimbulkan sakit pada bagian tersebut. 

Memiliki bentuk seperti huruf V dan melengkung, berada pada area bawah tulang belakang. Bagian  ini berfungsi untuk menunjang tubuh ketika duduk dan membantu mengatur berat badan saat akan berdiri. Dalam bagian ini,  terdapat otot, saraf, ligamen dan juga tendon dari lokasi lain tempat tubuh berkumpul.

Apa sih nyeri tulang ekor?

Nyeri ini dapat muncul ketika melakukan beberapa aktivitas seperti, duduk, bersandar, bangkit dari posisi duduk ke posisi berdiri, atau berdiri dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, juga dapat terjadi saat seseorang buang air besar ataupun saat hubungan seksual. Khusus pada perempuan, kondisi ini akan sangat mengganggu, terutama saat datang bulan. 

Namun, pada kebanyakan kasus kondisi ini umumnya  terjadi akibat cedera ataupun trauma yang bisa menyebabkan peradangan. Lebih lanjut, ada juga pada beberapa kasus kondisi ini bisa timbul sendiri tanpa penyebab yang cukup jelas. 

Penyebab nyeri tulang ekor 

1. Jatuh

Terjatuh dari tangga, ataupun  kursi adalah beberapa kecelakaan kecil yang sering menyebabkan terjadinya nyeri pada tulang ekor. Pada kondisi yang serius, bahkan bisa mengalami memar pada tulang ataupun patah akibat dari hal ini.

2. Kehamilan dan juga melahirkan

Semakin bertambahnya usia kehamilan dan ukuran bayi, maka akan membuat tekanan yang besar pada tulang ekor. Hal inilah yang menyebabkan keluhan khususnya pada ibu hamil. Selain itu, saat persalinan bisa juga  mengalami kejang otot dan juga ligamen pada sekitar tulang ekor. 

3. Gerakan berulang

Bersepeda dan mendayung mengharuskan tubuh condong ke depan dan belakang serta meregangkan tulang punggung. Gerakan inilah yang bisa memicu keluhan terjadi.

4. Kelebihan berat badan

Pada orang yang kelebihan berat badan (obesitas) kondisi tulang ekor akan condong ke belakang atau keluar dari posisinya. Hal inilah yang menyebabkan nyeri tulang ekor. Sementara itu, untuk yang kekurangan berat badan,  umumnya akibat tubuh tidak memiliki cukup lemak pada area bokong sehingga menyebabkan pergesekan antara tulang ekor dengan otot, ligamen dan juga tendon.

5. Infeksi

Adanya infeksi pada tulang belakang, salah satunya osteomielitis akibat cedera dan terpapar kuman penyakit. Bisa juga mengalami keluhan ini.

6. Tumor atau kanker

Jangan menganggap sepele, keluhan ini juga bisa menjadi tanda penyakit serius dalam tubuh, salah satunya adalah tumor ataupun kanker pada bagian tulang belakang. 

Artikel Terkait