Neuralgia Oksipital Apa Penyebabnya dan Bagaimana Cara Menanganinya?

Neuralgia oksipital merupakan terganggunya syaraf oksipital yang kemungkinan penyebabnya adalah peradangan atau cedera. Penyakit ini  akan menyebabkan nyeri pada belakang kepala atau dasar tengkorak.

Saraf ini  mengelola kerja dan gerak fragmen atas tulangbelakang sampai ke pangkal tengkorak. Akibatnya, muncul gejala utama penyakit ini, adalah munculnya rasa nyeri kepala pada bagian belakang. Nyerinya kadang bisa membuat salah dugaan dengan migrain atau jenis sakit kepala lainnya karena memiliki gejala yang mirip.

Apa Aja Sih, Gejala Neuralgia Oksipital?

Sakit kepala  dari penyakit ini biasanya menimbulkan gejala, seperti:

• Nyeri seperti tertusuk, tertekan, tersetrum listrik
  • Rasa nyeri yang menjalar dari dasar kepala ke seluruh kulit kepala
  • Nyeri terasa pada belakang mata
  • Kulit kepala mengalami rasa nyeri
  • Rasa nyeri saat menggerakkan leher

Apa Aja Penyebabnya?

Kondisi ini terjadi saat ada tekanan atau iritasi pada saraf oksipital. Penyebabnya cukup bervariasi, antara lain:

• Cedera pada bagian belakang kepala
  • Peradangan atau pengapuran
  • Ketegangan otot
  • Tumor
  • Infeksi
  • Gout

Permasalahan pada ruas tulang leher

Neuralgia oksipital merupakan jenis sakit kepala primer maupun sekundar. Pada jenis primer hingga saat ini belum penyebabnya ketahui.  Sementara itu, pada jenis sekunder, biasanya dapat berkaitan  dengan penyakit tumor, trauma, penyakit sistemik, infeksi atau pendarahan.

Selain itu, kondisi ini juga bisa muncul karena ada masalah pada otot leher. Ketegangan atau kekakuan pada otot leher bisa menekan syaraf oksipital dalam waktu yang lama. Kemungkinan dapat mengakibatkan inflamasi atau cedera pada syaraf.

Bagaimana Cara Penanganannya?

Pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan untuk meringankan rasa sakitnnya dengan cara:

– Kompres panas pada leher
– Istirahat dalam ruangan sunyi dan gelap
– Pijat lembut otot-otot leher
– Minum obat pereda nyeri

Jika itu masih juga tidak membantu meredakan nyerinya, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan lain untuk membantu meringankan gejala nyeri yang kamu rasakan.
Salah satu alternatif penanganan kemungkinan akan  dokter rekomendasikan adalah injeksi steroid untuk membantu mengatasi nyeri.

Menghindari Aktivitas Pemicu

Selain melakukan perawatan, kamu juga perlu menghindari beberapa aktivitas yang bisa memicu munculnya gejala neuralgia oksipital, seperti:

• Sering mengangkat beban berat.
  • Posisi tidur yang kurang ideal misalnya, karena bantal terlalu tinggi
  • Membunyikan leher

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyakit ini dan bagaimana penanganannya, kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter.