Nyeri Pinggang Belakang Yang Sering Disepelekan - Lamina Pain and Spine Center
preloader
Edit

Tentang Kita

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Nyeri Pinggang Belakang Yang Sering Disepelekan

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Nyeri Pinggang Belakang Yang Sering Disepelekan
 Nyeri Pinggang Belakang Yang Sering Disepelekan

Nyeri pinggang belakang adalah keluhan yang banyak orang dewasa rasakan beberapa tahun belakangan ini. Aktivitas Work From Home (WFH) yang mengharuskan seseorang melakukan pekerjaan hingga berjam-jam di depan layar bisa menyebabkan nyeri pada pinggang. National Institute of Neurology Disorders and Stroke (NINDS), mengungkapkan fakta menarik, bahwa sakit pinggang adalah keluhan yang banyak orang alami dan menjadi penghambat aktivitas bekerja. 

Penyebab nyeri pinggang belakang bisa akibat kecelakaan maupun cedera, seperti keseleo otot, ketegangan akibat gerakan tiba-tiba dan juga mekanisme tubuh yang buruk saat mengangkat benda berat. Namun, bukan hanya itu, beberapa penyebab lain bisa menjadi pemicu terjadinya keluhan ini, seperti:

  1. Kanker sumsum pada tulang belakang, 
  2. Herniasi atau cakram pecah, 
  3. Linu panggul, 
  4. Radang sendi, 
  5. Infeksi ginjal, 
  6. Infeksi tulang belakang. 

Nyeri pinggang belakang umumnya berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa minggu. Sedangkan nyeri pinggang belakang akut bisa terjadi selama lebih dari tiga bulan. Jika keluhan ini tak kunjung sembuh, sebaiknya  memeriksakan diri  ke dokter. 

Apa saja penyebab nyeri pinggang belakang?

1. Kesalahan posisi tidur 

Salah satu yang sering menjadi penyebab kondisi ini adalah posisi tidur yang salah. Sayangnya kebanyakan orang bahkan tidak menyadarinya. 

Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa tidur dengan posisi terlentang dengan posisi punggung lurus di atas kasur. Kamu juga bisa menambahkan bantal tipis pada bagian bawah pinggul untuk mengurangi tekanan yang terjadi pada tulang belakang. 

2. Kasur terlalu keras 

Terlihat sepele memang, tapi selain kesalahan dalam posisi tidur, kasur yang terlalu keras juga bisa menjadi penyebab kamu alami kondisi ini, lho. Pilihlah kasur yang tepat dan juga nyaman untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya nyeri pinggang belakang. 

3. Salah bantal 

 Sebaiknya menggunakan bantal yang mendukung kurva pada bagian tulang belakang hingga leher. Selain itu, jika merasa kurang nyaman dengan bantal yang kamu gunakan, segeralah ganti bantal dengan bahan yang terbuat dari viskoelastik atau biasa disebut sebagai bantal isi ulang udara atau air. 

4. Kegemukan 

Kegemukan atau obesitas juga bisa menjadi penyebab munculnya keluhan tersebut. Hal ini bisa terjadi akibat adanya tekanan yang lebih berat pada tubuh. 

5. Otot tegang 

Ketegangan otot ini bisa terjadi akibat tertariknya otot ligamen pada tubuh. Pada kondisi yang cukup parah, ligamen dan juga otot bisa robek dan bisa menimbulkan nyeri pinggang belakang. 

Posisi duduk ataupun berdiri yang kurang tepat, olahraga berlebihan dan mengangkat benda terlalu berat, bisa menjadi salah satu penyebab ketegangan otot. Selain itu, kegiatan seperti membungkuk menambah beban dan regangan pada tulang belakang juga bisa memicu terjadinya keluhan. 

Kapan harus ke dokter?

Dalam beberapa kasus keluhan ini  bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, kamu harus berhati-hati jika nyeri ini berulang selama lebih dari satu bulan atau bahkan semakin memburuk, meskipun sudah minum obat atau istirahat. Segeralah pergi ke dokter bila mengalami keluhan atau merasakan gejala di bawah ini:

  1. Demam,
  2. Bagian paha mati rasa, 
  3. Tungkai kaki terasa lemas, 
  4. Pinggang sakit saat batuk ataupun buang air kecil, 
  5. Kesulitan saat buang air kecil dan buang air besar, 
  6. Berat badan naik ataupun turun secara drastis. 

Dalam banyak kasus, nyeri pinggang belakang juga berkaitan dengan penuaan. Jadi kamu perlu lebih peduli dengan kebiasaan dan aktivitas yang kamu lakukan setiap hari, untuk agar menghindari nyeri pinggang belakang. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. All Rights Reserved.

    Daftar Online