Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
Keluhan Nyeri Pinggang - Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Mengenal Macam-Macam Keluhan Nyeri Pinggang dan Cara Mengatasinya

Keluhan nyeri pinggang adalah masalah umum yang dialami oleh banyak orang di berbagai usia. Gejalanya dapat bervariasi mulai dari yang ringan hingga parah, dan bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, apa saja jenis nyeri pinggang yang sering terjadi? Yuk, simak penjelasan berikut!

Jenis Nyeri Pinggang yang Umum Terjadi

Ada berbagai keluhan nyeri pinggang yang mungkin muncul saat Anda tengah beraktivitas, seperti: 

1. Nyeri Pinggang Akut

Nyeri pinggang akut sering kali timbul secara tiba-tiba dan bisa terjadi karena berbagai faktor, termasuk cedera fisik, posisi tubuh yang tidak tepat saat mengangkat benda berat, atau gerakan yang berlebihan. Keluhan nyeri ini biasanya terasa di sekitar otot-otot dan persendian di sekitar pinggang. Untuk mengatasinya, anda bisa beristirahat sejenak, mengompres area yang terasa nyeri dengan es, dan menggunakan obat pereda nyeri, seperti parasetamol atau ibuprofen.

2. Nyeri Pinggang Kronis

Kondisi ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama, biasanya lebih dari 12 minggu. Penyebabnya bisa bervariasi, termasuk gangguan pada tulang belakang, masalah pada cakram tulang belakang, atau kondisi medis lainnya seperti radang sendi atau kelainan struktural. Cara mengatasinya membutuhkan pendekatan yang lebih komprehensif, termasuk terapi fisik, latihan khusus untuk memperkuat otot-otot inti, terapi panas atau dingin, dan penggunaan oba antiinflamasi nonsteroid. Namun, jika kondisi tidak juga membaik, maka penanganan lain seperti tindakan minimal invasif bisa dilakukan.

3. Nyeri Pinggang Karena Cedera Olahraga

Aktivitas fisik yang berlebihan atau cedera olahraga dapat menyebabkan rasa sakit yang intens di sekitar pinggang. Cedera yang umum meliputi otot-otot yang kencang atau kram, ketegangan ligamen, atau cedera pada cakram tulang belakang. Untuk mengatasi nyeri pinggang karena cedera olahraga, penting untuk beristirahat, mengompres dengan es pada area yang terkena, dan berkonsultasi dengan dokter atau fisioterapis untuk mendapatkan perawatan yang sesuai, seperti terapi fisik dan pemulihan yang terarah.

4. Nyeri Pinggang Karena Kondisi Medis Tertentu

Beberapa kondisi medis, seperti hernia nukleus pulposus (HNP), radang sendi, osteoporosis, atau infeksi pada ginjal, dapat menyebabkan sakit pinggang. Untuk mengetahui penyebab pastinya, penting untuk mencari evaluasi medis dari dokter. Pengobatan akan disesuaikan dengan kondisi yang mendasarinya, yang mungkin melibatkan obat-obatan, terapi fisik, atau prosedur medis tertentu.

Penanganan Tepat dengan Terapi PLDD

Salah satu metode terapi inovatif yang dapat membantu mengatasi sakit pinggang kronis adalah terapi PLDD (Percutaneous Laser Disc Decompression). 

PLDD atau Percutaneous Laser Disc Decompression, yang merupakan prosedur non-bedah untuk mengobati masalah pada cakram tulang belakang. Prosedur ini melibatkan penggunaan energi laser untuk menghilangkan bagian cakram yang rusak atau menekan saraf tulang belakang. Tujuan utama terapi ini adalah untuk mengurangi rasa sakit dan mengembalikan fungsi normal tulang belakang.

Prosedur terapi PLDD umumnya dilakukan oleh dokter spesialis bedah tulang belakang atau ahli bedah saraf. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam prosedur ini:

  • Persiapan: Dokter akan memberikan anestesi lokal atau sedasi ringan untuk memastikan kenyamanan selama prosedur. Pasien juga akan berbaring dalam posisi yang tepat.
  • Pemandu Gambar: Dokter menggunakan alat pandu gambar seperti sinar-X atau fluoroskopi untuk memandu masuknya jarum secara akurat ke lokasi yang tepat pada tulang belakang.
  • Pengiriman Jarum dan Laser: Jarum khusus dimasukkan melalui kulit dan jaringan lunak menuju cakram yang bermasalah. Dokter akan memandu jarum menggunakan gambar pandu untuk memastikan akurasi. Setelah posisi jarum tepat, serat optik dan laser akan mengalir melalui jarum untuk menguapkan atau menghilangkan bagian cakram yang rusak.
  • Penyembuhan: Setelah prosedur selesai, dokter akan mengobservasi pasien untuk memastikan tidak ada efek samping yang signifikan. Beberapa pasien mungkin memerlukan pemulihan yang lebih lama tergantung pada tingkat keparahan masalah tulang belakang mereka.

Terapi PLDD merupakan pilihan terapi inovatif yang efektif dalam mengatasi nyeri pinggang yang akibat masalah pada cakram tulang belakang. Metode non-bedah ini dapat membantu mengurangi nyeri, memperbaiki kualitas hidup, dan memungkinkan pemulihan yang cepat. Namun, sebelum memilih terapi PLDD, penting untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk menentukan apakah metode ini cocok untuk kondisi medis Anda.

Baca juga: Nyeri Pinggang Saat Hamil Bagaimana Cara Mengatasinya?

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Jenis Nyeri Pinggang yang Umum Terjadi?

Berikut beberapa keluhan nyeri pinggang yang mungkin muncul, seperti: 1. Nyeri pinggang akut 2. Nyeri pinggang kronis 3. Nyeri pinggang karena cedera olahraga 4. Nyeri pinggang karena kondisi medis tertentu

Apa itu PLDD?

PLDD merupakan prosedur non-bedah untuk mengobati masalah pada cakram tulang belakang. Prosedur ini melibatkan penggunaan energi laser untuk menghilangkan bagian cakram yang rusak atau menekan saraf tulang belakang. Tujuan utama terapi ini adalah untuk mengurangi rasa sakit dan mengembalikan fungsi normal tulang belakang.

Apakah Kondisi Medis Tertentu dapat Menyebabkan Nyeri Pinggang?

Beberapa kondisi medis, seperti hernia nukleus pulposus (HNP), radang sendi, osteoporosis, atau infeksi pada ginjal, dapat menyebabkan sakit pinggang. Untuk mengetahui penyebab pastinya, penting untuk mencari evaluasi medis dari dokter. Pengobatan akan disesuaikan dengan kondisi yang mendasarinya, yang mungkin melibatkan obat-obatan, terapi fisik, atau prosedur medis tertentu.

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Artikel Terkait