Nyeri Punggung Bertahun-Tahun Kini Bisa Sembuh dalam 45 Menit

JAKARTA — Bagi mereka yang pernah mengalami nyeri punggung kronik seperti herniasi diskus, rasanya mungkin seperti hampir putus asa. Meski ada masa rasa nyeri hilang, tapi pada masa lainnya rasa mengganggu itu nyeri punggung sekaligus kebas, lemas dan kesemutan di tangan atau kaki bisa muncul kapan saja.

Jikapun berobat dan menjalani treatment sering dikhawatirkan prosesnya akan memakan waktu yang lama untuk pemulihan.

Di Klinik Lamina Pain and Spine Center, keluhan pasien seperti ini menjadi perhatian besar kami. Ada banyak pilihan pengobatan dan treatment yang sebagian besar dilakukan dengan teknik minimal invasif.

Sehingga pasien tak perlu lama menjalani penanganan, waktu istirahat lebih singkat, sayatan kecil dan ada beberapa kasus pasien yang malah bisa langsung pulang tanpa rawat inap.

Pilihan layanan utama untuk nyeri punggung di Lamina, mulai dengan teknik laser pada Percutaneous Laser Disc Decompression (PLDD), dengan endoskopi pada Percutaneous Endoscopy Lumbar Discectomy (PELD) dengan radiofrekuensi ablasi (RF) atau dengan Injeksi Intra Artikular.

Masing-masing treatment tentu disesuaikan dengan kondisi pasien. Saat ini untuk Injeksi Intra Artikular bisa dilakukan hanya dalam waktu sekitar 15 menit saja, untuk RF dan dan PLDD bisa sedikit lebih lama. Tapi meski lebih lama untuk PELD yang lebih rumit pun sudah bisa dilakukan dalam waktu 45 menit saja!

Bahkan untuk nyeri akibat herniasi diskus (Herniated Nucleus Pulposus — HNP) di leher atau servikal, di Lamina ada layanan Percutaneous Endoscopy Cervical Discectomy (PECD) yang dilakukan dari arah leher depan (anterior).

Uniknya lagi Dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS saat ini menjadi salah satu dari sekitar 10 dokter di Indonesia yang bisa melakukan teknik ini. Dengan tingkat keberhasilan yang cukup memuaskan bisa dikatakan jumlah pasien yang telah ditangani Dr. Mahdian cukup membuat optimis dalam perkembangan teknologi medis ini di Indonesia ke depannya.

Biasanya sebelum bicara tentang pilihan pengobatan yang bisa dilakukan, pasien akan dijelaskan tentang apa saja sebab-sebab munculnya nyeri punggung. Setidaknya sekali dalam seumur hidup seseorang pernah mengalaminya. Akibatnya penderita sering jadi kehilangan hari kerja, tak produktif bahkan ada yang sampai tahap mobilitasnya terganggu.

Nyeri punggung bisa dikatakan kronis jika berlangsung selama 12 minggu atau lebih, menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS). Berikut 14 jenis penyebab nyeri punggung.

  1. Usia
  2. Terkilir dan keseleo
  3. Herniasi diskus
  4. Arthritis
  5. Kehamilan
  6. Cedera traumatis
  7. Endometriosis
  8. Fibromialgia
  9. Masalah di kaki
  10. Bone spurs atau taji tulang
  11. Kanker
  12. Kelebihan berat badan atau obesitas
  13. Perokok
  14. Kecemasan dan depresi

Untuk berbagai sebab nyeri punggung itu bisa jadi dokter akan bekerja sama dengan spesialis terkait untuk menentukan pilihan pengobatan yang terbaik.

Di Klinik Lamina Pain dan Spine Center, Anda akan menemui para dokter yang sangat memahami kondisi ini sehingga saat konsultasi Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat dengan menggunakan teknologi terkini. (***)

bahaya nyeri punggung

RS Meilia, Lantai 7, Jl. Alternatif Cibubur KM1, Cimanggis, Depok, Jawa Barat 16454

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2867-8888

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now