Facet Block Solusi Atasi Nyeri Pungggung Kronik Anda - Klinik Lamina
preloader
Edit

Tentang Kita

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Facet Block Solusi Atasi Nyeri Pungggung Kronik Anda

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Facet Block Solusi Atasi Nyeri Pungggung Kronik Anda
 Facet Block Solusi Atasi Nyeri Pungggung Kronik Anda

Mungkin masih terasa asing bagi orang awam untuk mengetahui kemajuan teknologi kedokteran yang satu ini, namun sebenarnya blok rasa nyeri pada punggung, leher (facet block) sudah lama dikenal di dunia kedokteran.

Karena nyeri merupakan suatu perasaan yang mengakibatkan ketidaknyamanan sehingga membuat pasien menderita dan kehilangan produktivitas dan tidak mandiri saat menjelang usia senja. Sakit punggung adalah salah satu masalah kesehatan paling khas yang dihadapi, salah satu penyebabnya adalah perubahan gaya hidup.

Perlu dicatat bahwa suntikan facet block adalah pilihan terapi yang lebih masuk akal daripada obat-obatan oral untuk linu panggul atau masalah punggung lainnya. Arti di balik suntikan facet block yang lebih efektif adalah mereka memberikan obat anti- inflamasi segera pada pasien saat muncul ketidak nyamanan.

Keunggulan lain terapi ini adalah proses kesembuhan yang tepat hingga akarnya. Dampaknya pasien mendapatkan kesembuhan dan dapat kembali beraktivitas. Namun pada beberapa kasus, meski nyerinya hilang pasien merasakan ada tekanan di lokasi suntikan atau pada otot.

Pada kondisi yang lain dapat terasa rasa nyeri yang hebat di tulang belakang. Ada kemungkinan bantalan sendi tulang belakang mengalami cidera. Nyeri tulang belakang juga dapat disebabkan karena ligamen penghubung di sekitar sendi cidera.

Nyeri sendi facet juga tergantung pada sendi mana yang terpengaruh. Dokter akan mengetahui daerah-daerah mana saja pda pasien yang mengalami rasa sakit yang biasanya berkaitan dengan cidera facet. Terkadang nyeri terasa hanya seperti tekanan pada otot.

Dikatakan oleh dr Mahdian Nur Nasution, SpBS, pakar nyeri dari Lamina Pain and Spine Center, gangguan pada pinggang dapat menimbulkan nyeri berlebih dan berkepanjangan. Sehingga penderitanya tidak dapat bekerja, melakukan aktivitas sehari-hari, bahkan berujung pada kelumpuhan atau depresi. Salah satu penyebab nyeri punggung bawah (low back pain) sekitar lebih dari 30% kasus berasal dari kerusakan sendi facet.

Masalah Sendi Facet Di Leher Atasi Dengan Facet Block

Kerusakan sendi facet juga sering menjadi penyebab nyeri leher. Kerusakan sendi facet merupakan penyebab nyeri punggung bawah atau low back pain dan nyeri leher yang umumnya berlangsung cukup lama. Dan dirasakan lebih dari 3 bulan sehingga sering dianggap sebagai nyeri punggung bawah kronis.

Gejala yang Anda rasakan ketika menderita facet sindrome adalah merasakan sakit pada satu tempat atau lebih. Dan telah berlangsung lebih dari dua bulan, Anda mungkin menderita facet joint syndrome.

Segera lakukan tes-tes umum seperti X-ray atau MRI mungkin tidak menunjukkan jika sendi facet menimbulkan rasa sakit. Cara terbaik untuk mendiagnosa rasa sakit pada facet adalah menghambat sinyal rasa sakit pada syaraf cabang medial dengan facet block radiofrekuensi ablasi.

Jika Anda, keluarga atau rekan Anda memiliki berbagai keluhan nyeri, jangan berhenti untuk memberikan dukungan. Karena dukungan dan masukan positif merupakan hal yang sangat penting bagi proses kesembuhan pasien. Jangan ragu untuk mengonsultasikan nyeri Anda bersama Klinik Nyeri dan Tulang Belakang.

1 Comment

  • Mungkin masih terasa asing bagi orang awam untuk mengetahui kemajuan teknologi kedokteran yang satu ini, namun sebenarnya blok rasa nyeri pada punggung, leher (facet block) sudah lama dikenal di dunia kedokteran.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. All Rights Reserved.

    Daftar Online