preloader
Edit

Tentang Kita

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Nyeri Punggung, Ini Penyebab Utamanya

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Nyeri Punggung, Ini Penyebab Utamanya
 Nyeri Punggung, Ini Penyebab Utamanya

Nyeri punggung merupakan sekumpulan gejala yang menandakan bahwa terdapat sesuatu yang salah. Bila penanganannya tepat, nyeri punggung atau back pain dapat sembuh dalam beberapa hari atau minggu.

Apakah Yang Menyebabkan Nyeri Punggung?

Terdapat berbagai alasan mengapa Anda dapat mengalami nyeri punggung. Nyeri dapat merupakan akibat dari kehidupan sehari-hari (seperti postur tubuh yang buruk saat mengemudi atau saat duduk bekerja), atau yang lebih jarang, back pain merupakan akibat dari beberapa penyakit lain.

Sebagian besar kasus back pain terkait dengan masalah mekanik sederhana, kurang dari 5 persen menandakan nyeri akar sarat, dan kurang dari 2 persen menggambarkan patologi tulang punggung yang serius. Back pain bisa sebagai akibat dari:

  1. Tarikan/sprain (misalnya cedera pada ligamen)
  2. Cedera (misalnya Kecelakaan mobil atau saat berolahraga)
  3. Kerusakan otot (misalnya akibat olahraga berlebihan)
  4. Patah tulang akibat penyakit tulang (misalnya osteoporosis)
  5. Penyakit peradangan (misalnya artritis reumatiod)
  6. Penyakit degeneratif (misalnya fibromiagia)
  7. Kanker (misalnya kanker prostat dan kanker pankreas)
  8. Infeksi (misalnya infeksi kandung kemih dan infeksi tulang punggung seperti tuberkulosis)

Terdapat beberapa faktor yang dapat memperburuk dan memicu back pain sederhana , yaitu:

  1. Postur tubuh yang buruk
  2. Kurang berolahraga
  3. Duduk tanpa sandaran punggung yang baik
  4. Tidur pada kasur yang tidak sesuai
  5. Mengemudi dalam waktu yang lama tanpa istirahat
  6. Kegemukan
  7. Hamil
  8. Mengangkat, menjinjing, mendorong, atau menarik beban yang terlalu berat.

Baca juga : Penyebab rasa saki di leher

KAPAN SAYA HARUS MENEMUI DOKTER TERKAIT DENGAN NYERI PUNGGUNG SAYA ?

Nyeri punggung
Nyeri punggung

Sebagian besar back pain sederhana akan membaik sendiri hanya dalam waktu beberapa hari. Penghilang rasa sakit sederhana dapat menjaga nyeri tetap terkendali (asalkan sesuai dengan dosis yang anjuran dokter).

Namun demikian, Anda harus berkonsultasi dengan dokter bila rasa sakit berlangsung lebih dari satu minggu, atau jika nyeri tersebut akibat jatuh atau cedera punggung (misalnya kecelakaan mobil atau cedera saat berolahraga).

Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter dengan dokter bila nyeri punggung disertai dengan salah satu gejala berikut:

  1. Suhu tubuh yang tinggi
  2. Kemerahan atau pembengkakan
  3. Nyeri menjalar turun ke tungkai dan bawah lutut
  4. Rasa baal (mati rasa) atau kelemahan pada salah satu kedua tungkai
  5. Kehilangan kendali buang air besar dan buang air kecil (dapat menunjukkan adanya tekanan pada sumsum tulang belakang)

MENDIAGNOSIS NYERI PUNGUNG

Pada sebagian besar kasus, dokter akan mampu mengetahui apa yang terjadi dengan memeriksa tubuh Anda dan meminta Anda untuk menggambarkan back pain seperti apa yang Anda rasakan.

Namun demikian, salah satu masalah terbesar nyeri adalah bahwa kita tidak memiliki kata-kata untuk menggambarkannya. Beberapa pemeriksaan lanjut untuk mendiagnosis nyeri :

  1. SINAR X
    Sinar X dapat menunjukkan cedera robekan punggung dan tulang yang patah
  2. Tes Darah
    Tes darah dapat membantu untuk mengidentifikasi penyebab rasa sakit yang sangat spesifik (misalnya infeksi, tumor, penyakit artritik)
  3. CT dan MRI Scan
    Pemeriksaan ini dapat memberikan gambaran tulang dan jaringan sekitarnya dengan rinci, serta juga dapat digunakan untuk menyingkirkan penyakit serius.

PENANGANAN NYERI PUNGGUNG

Penanganan back pain tidak berarti hanya menggunakan penghilang nyeri atau melakukan pembedahan punggung. Terdapat banyak cara lain yang dapat mengendalikan nyeri punggung dan mencegahnya agar tidak kambuh.

Melakukan perubahan sederhana pada gaya hidup dapat segera memberikan perbaikan pada back pain. Hal ini termasuk :

  1. Sedapat mungkin tetap bergerak aktif
  2. Menurunkan berat badan (bila Anda kelebihan berat badan)
  3. Belajar bagaimana membungkuk dan mengangkat benda dengan tepat
  4. Memperbaiki postur tubuh (menyesuaikan posisi duduk di mobil, saat bekerja, saar makan, depan TV, atau posisi tidur Anda).
  5. Berlawanan dengan pendapat yang populer, istirahat di tempat tidur tidak direkomendasikan untuk nyeri punggung. Akan jauh lebih baik bila Anda mencoba untuk tetap aktif. Dokter akan mampu memberi saran jenis olahraga apa yang paling sesuai dengan Anda.

ANALGESIA

Penghilang rasa sakit atau analgesik merupakan obat yang bekerja dengan cara mengganggu proses transmisi nyeri. Meskipun analgesik yang lebih kuat hanya tersedia dengan resep dari dokter, namun banyak penghilang rasa sakit secara bebas, juga bisa efektif. Ingatlah untuk selalu meminta nasihat kepada apoteker dan janganlah pernah melebihi dosis yang tercantum dalam resep atau tabel kemasan.

TERAPI NON-OBAT

Fisioterapi, osteopati, dan chiropractic merupakan bentuk terapi yang melakukan manipulasi terhadap bagian tulang punggung untuk meredakan rasa sakit pada punggung.

Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS) dan akupunktur juga dapat meredakan gejala nyeri. Pembedahan biasanya sebagai pilihan terakhir.

Terakhir diperbarui: 23 Maret 2020
Ditinjau oleh: Dr Mahdian Nur Nasution SpBS

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 08.00 - 22.00
Selasa : 08.00 - 22.00
Rabu : 08.00 - 22.00
Kamis : 08.00 - 22.00
Jumat : 08.00 - 22.00
Sabtu : 08.00 - 22.00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. All Rights Reserved.

    Daftar Online

    Daftar Online