Nyeri Punggung Kanan Bawah, Ini Beberapa Kemungkinan Penyebabnya

JAKARTA — Nyeri punggung kanan bawah hampir selalu dikaitkan dengan kesehatan tulang punggung, otot, tendon dan ligamen. Penyebab lainnya sebenarnya juga banyak. Karenanya pemeriksaan bersama dokter-dokter pakar di bidang manajemen nyeri seperti di Klinik Lamina Pain and Spine Center sangat dibutuhkan.

Penyebab lainnya misalnya adalah infeksi, batu ginjal, radang usus buntu atau appendicitis. Karena berbeda sebabnya, maka penanganannya pun bisa sangat berbeda. Tapi bisa saja pengobatan, tindakan dan terapi fisik mungkin tetap dilakukan. Bahkan mungkin juga pembedahan.

Punggung biasa menanggung banyak beban saat manusia melakukan aktivitas harian. Karenanya sangat rentan pula mengalami cedera di kedua sisi kiri dan kanan. Bisa juga mempengaruhi banyak area tubuh lain, misalnya infeksi dan inflamasi atau peradangan yang bermula dari area tubuh lain, tapi nyerinya sampai ke bagian tulang punggung.

Penyebab nyeri punggung bisa menentukan bagaimana nyeri itu dirasakan penderita. Dalam beberapa kasus, orang mengeluhkan nyeri yang tumpul, datang dan pergi. Dalam kasus lain, mungkin rasa nyerinya tajam dan datang dalam waktu cepat tapi berlangsung lama. Nyerinya bisa jadi spesifik misalnya di salah satu jari di tangan kanan.

TERKILIR DAN KESELEO

Dua jenis cedera ini adalah penyebab paling banyak terjadi pada nyeri punggung. Keduanya bisa muncul saat ada ligamen ada yang robek di punggung, sementara jika robekan terjadi otot atau tendon maka yang terjadi adalah keseleo.

Terkilir atau keseleo bisa muncul karena cedera, gerakan yang tiba-tiba, atau mengangkat benda berat. Akibatnya ada kerusakan yang bisa menyakitkan dan membuat gerakan penderita jadi terbatas di area tubuh tertentu seperti misalnya di punggung bawah.

Tubuh bisa menyembuhkan dirinya sendiri, tapi penggunaan anti-radang bisa digunakan untuk meredakan nyeri yang tak nyaman.

RADICULOPATHY

Radiculopathuy muncul ketika terjadi peradangan, tekanan dan efek cedera pada akar saraf tulang belakang. Ini bisa menyebabkan nyeri punggung bawah. Penyebab dari radiculopathy juga beragam. Misalnya dari herniasi diskus, dimana bantalan antar ruas tulang belakang tergelincir dari tempatnya.

Penanganannya tergantung pada penyebabny. Untuk kondisi darurat obat-obatan bisa digunakan untuk menekan gejala. Khusus untuk mereka yang mengalami obesitas, menurunkan berat badan bisa mengurangi tekanan di area saraf terjepit. Terapi fisik juga penting untuk menguatkan otot di sekitar saraf yang terjepit.

STENOSIS SPINAL

Kondisi ini muncul ketika ruang di sekitar tulang belakang mengalami penyempitan dan mengakibatkan tekanan pada tulang belakang dan saraf. Peningkatan tekanan ini akan menyebabkan rasa nyeri dan kebas di punggung bawah dan kaku. Hal ini biasanya terjadi pada kasus-ksus arthritis.

Beberapa penanganan stenosis misalnya:
-Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) atau acetaminophen
-Terapi fisik
-Injeksi steroid
-Pembedahan

DEGENERASI DISKUS INTERVERTEBRAL

Terapi fisik bisa membantu untuk meringkankan degenerasi diskus intervertebral. Kondisi ini sebenarnya umum terjadi pada diskus yang menjadi bantalan tulang atau ruas tulang belakang.

Degenerasi yang sering muncul di punggung bawahii meningkatkan gesekan di antara ruas tulang belakang. Gesekan inilah yang bisa menyebabkan nyeri di punggung, leher, lengan dan kaki. Kondisi ini biasanya terjadi pada mereka yang berusia lanjut. Penanganan masalah ini diantaranya:
-Terapi fisik.
-Injeksi steroid.
-Facet rhizotomy yang terdiri dari injeksi sendi untuk mengurangi rasa nyeri pada saraf.
-Medikasi seperti NSAID atau steroid.
-Pembedahan.

INFEKSI

Infeksi yang memicu nyeri punggung bawah, juga bisa muncul di bagian tubuh lain. Bisa di saraf tulang belakang, pelvis, diskus intervertebral.

Sangat mungkin juga bagi kuman seperti bakteria untuk bergerak menuju ginjal dan menyebabkan infeksi. Ginjal berada di area punggung bawah dilihat dari belakang.

Penyebab peradangan akan ditentukan saat pemeriksaan dan tindakan. Antibiotik adalah standar tindakan untuk kasus infeksi bakteri ini.

ENDROMETRIOSIS

Endrometriosis adalah kondisi dimana ada jaringan yang tumbuh biasanya berada di garis uterus (rahim). Sangat mungkin bagi jaringan ini untuk muncul di bagian kanan perut. Akibatnya adalah nyeri di perut bagian kanan sampai menyebar ke punggung kanan bawah.

Tak ada pengobatan untuk endometriosis, namun tindakan medis bisa meringankan gejala termasuk rasa nyeri. Di antaranya:
– pengobatan nonsteroidal seperti acetaminophen.
– terapi hormon.
– pembedahan.

Jangan diabaikan karena endometriosis bisa menyebabkan ketidaksuburan (infertilitas). Untuk sebab ini banyak wanita yang akhirnya mengikuti program fertilisasi juga.

TUMOR TULANG BELAKANG (SPINAL)

Tumor tulang belakang atau spinal bisa berkembang di dalam sumsum tulang belakang atau kolom tulang belakang.

Penyebabnya sebagian besar tidak diketahui. Dalam beberapa kasus, tumor adalah hasil perkembangandari sel kanker yang berkembangb biak dengan agresif.

Saat tumbuh besar, tumor bisa menekan saraf tulang belakang dan segala yang berada di sekitar saraf tersebut. Salah satu akibatnya adalah nyeri punggung di salah satu bagia, misalnya di punggung kanan bawah.

Tindak untuk tumor spinal sangat tergantung pada penyebabnya. Untuk kanker, bisa dengan terapi radiasi atau kemoterapi. Dalam beberapa kasus, pembedakan mungkin harus dilakukan untuk pengangkatan tumor.

BATU GINJAL

Batu ginjal yang besar bisa menyumbat saluran urin atau kandung kemih. Biasanya batu ginjal kecil tak terlalu sulit untuk dikeluarkan. Batu ginjal adalah gumpalan mineral kecil dan padat yang dapat terbentuk di salah satu atau kedua ginjal.

Batu ginjal yang kecil tidak menyakitkan saat dikeluarkan, tapi yang ukurannya lebih besar sering membawa masalah. Misalnya menyangkut di saluran kemih dan menyebabkan rasa nyeri. Jika terjadi di sebelah kanan, ini juga menyebabkan nyeri punggung kanan bawah.

Sangat penting mengangkat batu ginjal yang besar secepatnya. Karena jika dibiarkan dan menyumbat saluran kemih akan menyebabkan rasa nyeri yang lebih besar.

Tindakan medis yang dilakukan akan mencakup pemecahan batu ginjal menjadi bagian-bagian kecil sebelum akhirnya bisa dikeluarkan secara otomatis lewat sistem sekresi.

APPENDISITIS (RADANG USUS BUNTU)

Appendicitis atau appendisitis adalah peradangan pada appendix atau usus buntu (umbai cacing) adalah kantong kecil di bagian kanan usus besar.

Appendisitis menyebabkan rasa nyeri di perut yang menjalar hingga ke bagian kanan bawah tubuh.

Penanganan appendisitis biasanya melibatkan pembedahan pembedahan untuk mengangkat usus buntu yang meradang tersebut. Untungnya itu tak akan mempengaruhi fungsi tubuh keseluruhan.

KESIMPULAN

Masalah nyeri punggung bawah bagian kanan sangat tergantung pada penyebabnya.

Cedera mekanis pada tulang belakang dan jaringan di sekitarnya seringkali bisa sembuh tanpa tindakan apapun, tapi ini membutuhkan waktu.

Terapi fisik dan tindakan lain mungkin mempercepat proses penyembuhan. Beberapa kondis, seperti degenerasi diskus dan endometriosis akan dirasakans sepanjang usia dan pengidap akan membutuhkan penanganan terus menerus untuk mengendalikan gejalanya.

Sementara untuk penyebab infeksi umumnya akan membaik saat mendapatkan pengobatan yang semestinya. (***)

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now