Edit

Tentang Kita

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Trigeminal Neuralgia Adalah, Gejala, Diagnosis dan Terapi Terkini

Trigeminal Neuralgia Adalah, Gejala, Diagnosis dan Terapi Terkini

JAKARTA — Trigeminal neuralgia bagi pengidapnya adalah sulit digambarkan rasa nyerinya. Ada yang menyebutnya sebagai rasa nyeri ditusuk-tusuk yang tak tertahankan di bagian wajah tertentu.

Ada pula yang menggambarkannya sebagai rasa nyeri seperti ditampar seember es batu. Sebagian besar pengidap sepakat bahwa trigeminal neuralgia adalah penyakit dengan “rasa nyeri paling menyakitkan di seluruh dunia”.

Seorang pengidap berusia 20 tahunan, Andi sebut saja demikian, menceritakan perjalanan penyakitnya yang telah dideritanya sejak berusia 15 tahun. Disebutkannya serangan nyeri muncul sejak dia mengalami benturan saat bermain bola basket.

Sayangnya rasa nyeri tak hilang seiring waktu sebagaimana mestinya. Bahkan setelah beberapa bulan.  Dokter awalnya menemukan ada retak kecil di tulang tengkoraknya. Ini yang menyebabkan tekanan di beberapa bagian wajahnya.

Pembedahan kemudian dilakukan untuk mengatasi tekanan tersebut. Namun ternyata keluhan nyeri malah semakin memburuk. Nyeri semakin sering datang, tapi dokter tak bisa menemukan masalahnya.

Nyeri Tak Tertahankan Sampai Ingin Bunuh Diri

“Rasanya seperti banyak serangan sekaligus ke wajah — seperti ada es batu yang tajam,” kata Andi. “Itu adalah pertama kali dalam hidup saya di mana saya mengalami nyeri parah yang membuat saya ingin bunuh diri karena nyerinya.”

Saat itulah Andi didiagnosa trigeminal neuralgia. Penyakit yang membuat sensasi di wajahnya terasa menjadi nyeri yang sangat menyakitkan.

Catatan di Klinik Nyeri dan Tulang Belakang di Jakarta yang kini berganti nama menjadi Lamina, Pain and Spine Center. Rasa sakit pada trigeminal neuralgia mencakup juga sensasi seperti ditusuk-tusuk, terbakar atau tersengat aliran listrik. Nyeri bisa muncul saat pasien menggosok gigi, membasuh wajah, berhias, bahkan sekadar terkena angin sepoi-sepoi.

Nyeri trigeminal neuralgia umumnya muncul di salah satu bagian wajah, kiri atau kanan dan bisa muncul dalam hitungan detik sampai beberapa menit. Salah seorang pasien di Lamina Pain and Spine Center ada yang mengeluhkan saat serangan datang bisa mencapai 15 menit.  Dan parahnya nyeri tersebut bisa berulah beberapa kali dalam sehari.

Baca juga : Syaraf Kejepit

Rasa nyeri bisa hilang timbul. Ketika nyeri tak muncul dalam beberapa hari atau bulan, dalam dunia kedokteran fase ini disebut sebagai fase remisi. Namun umumnya pasien yang datang ke Lamina Pain and Spine Center rasa nyeri trigeminal neuralgianya. Rasa nyeri muncul semakin sering dengan intensitas yang semakin tinggi.

Trigeminal neuralgia adalah

Area yang diserang rasa nyeri trigeminal neuralgia biasanya adalah bagian pipi, rahang, gigi, gusi, dan bibir. Jarang muncul di bagian mata dan dahi. Inilah sebabnya pasien seringkali salah menduga sebagai sakit gigi, meski dokter gigi tidak menemukan masalah apapun.

Dalam kasus Andi, dia sempat mencoba mengalihkan rasa nyerinya dengan bermain musik. Meski cara itu tak benar-benar menyembuhkannya.

Diagnosis Trigeminal Neuralgia

Untuk mendiagnosis trigeminal neuralgia, dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai riwayat penyakit, awal munculnya nyeri serta gejala yang paling sering dialami.

Dokter akan melanjutkan pemeriksaan fisik, terutama pemeriksaan saraf area wajah. Dokter akan melihat lokasi nyeri atau cabang saraf trigeminalus yang terganggu. Pemeriksaan dapat dibantu dengan tes refleks untuk memastikan nyeri disebabkan oleh trigeminal neuralgia.

Untuk mengetahui penyebab pasti trigeminal neuralgia dokter mungkin menyarankan pasien melakukan test pencitraan. Pencitraan dimaksud adalah pemeriksaan radiologi MRI kepala, baik dengan maupun tanpa zat pewarna khusus (kontras). Dari pemeriksaan ini, dokter akan memastikan penyebab utama trigeminal neuralgia.

Proses Terjadinya Nyeri Trigeminal Neuralgia

Trigeminal neuralgia berpengaruh pada syaraf trigeminus yang membawa informasi dari otak ke wajah. Biasanya trigeminal neuralgia memang dimulai dengan nyeri ringan, seiring waktu kemudian meningkat intensitasnya. Tak perlu khawatir, saat ini masalah nyeri akibat trigeminal bisa diatasi dengan obat-obatan tertentu, injeksi dan pembedahan minimal.

Di Klinik Lamina Pain and Spine Center, ketiganya bisa dilakukan dengan pilihan yang tergantung pada hasil pembicaraan antara pasien dan dokter, berdasarkan pemeriksaan di antaranya dengan MRI (Magnetic Resonance Imaging).

Tahap pertama treatment biasanya dilakukan dengan menggunakan obat-obatan, khususnya dari kelompok obat antikonvulsan.

Penanganan yang lain misalnya dengan dekompresi mikrovaskular yang lebih permanen. Disini Tim dokter klinik Lamina akan membuat sayatan kecil di belakang telinga. Dari lubang tersebut saraf atau pembuluh darah sumber nyeri dan memberikan bantalan kecil di antaranya. Risiko tetap ada meski penangangan ini cukup efektif, terutama jika tidak ada respon dari obat-obatan.

Cara ketiga yang mungkin dilakukan adalah gamma knife, atau pemberian radiasi dosis tertentu pada saraf trigeminus. Sejumlah pasien dilaporkan memberikan respon yang baik. Dengan efek samping yang minimal dan pemulihan yang cepat, terapi ini cocok untuk pasien yang berisiko dengan pembedahan konvensional.

Pilihan ketiga adalah rizotomy perkutaneus. Ini termasuk prosedur minimal invasif untuk meringankan nyeri yang salah satunya adalah trigeminal neuralgia juga. Dalam treatment ini, elektroda akan dipasang sepanjang pipi melalui lubang yang dibuat di pipi hingga mencapai titik pusat masalah trigeminal.

Komplikasi Trigeminal Neuralgia

Gamma knife radiosurgery merupakan prosedur medis terkini, dokter memaparkan radiasi dalam dosis tertentu pada akar saraf trigeminal, sehingga mengurangi rasa sakit. Prosedur ini dapat diulang jika rasa nyeri menyerang kembali.

Rhizotomy merupakan prosedur medis yang menstimulasi serabut saraf guna menghambat rasa sakit. Beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk merusak serabut saraf adalah penyuntikan gliserol steril di ganglion saraf trigeminal untuk merusak saraf tigeminal (glycerol shooter).

Mengembangkan balon melalui selang kateter di dasar tulang tengkorak, dan memasukkan jarum serta mengalirkannya dengan aliran listrik ringan di dasar tulang tengkorak untuk merusak jaringan serat saraf (radio frequency thermal lesioning).

Meski dapat mengatasi rasa nyeri, ketiga prosedur ini berisiko menyebabkan wajah menjadi mati rasa atau terasa kebas, perdarahan dan memar di area wajah. Gangguan mata dan pendengaran pada sisi lokasi tindakan mungkin terjadi, meski jarang.

Curiga nyeri wajah yang Anda alami adalah trigeminal neurlgia? Segera konsultasikan kondisi Anda dengan Dr dr Wawan Mulyawan, SpBS atau dr Yosi Yudha, SpBS di Lamina Pain and Spine Center. (berbagai sumber)

Subscribe to our

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 08.00 - 22.00
Selasa : 08.00 - 22.00
Rabu : 08.00 - 22.00
Kamis : 08.00 - 22.00
Jumat : 08.00 - 22.00
Sabtu : 08.00 - 22.00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. All Rights Reserved.

Daftar Online