Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
Osteofit Sebabkan Nyeri Parah Hingga Pembengkakan - Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Awas, Osteofit Bisa Sebabkan Nyeri Parah Hingga Pembengkakan!

Bagi sebagian orang, istilah osteofit mungkin asing untuk didengar. Namun, tahukah anda bahwa kondisi ini sangat umum di dunia medis? Osteofit atau taji tulang adalah kelainan yang terjadi akibat adanya pertumbuhan tulang yang tidak wajar ke arah luar tubuh. Biasanya, tulang ini muncul di tempat pertemuan kedua tulang atau persendian. Kondisi ini pada akhirnya dapat mempengaruhi mobilitas dan kenyamanan seseorang. 

Pada umumnya, osteofit paling sering tumbuh di bagian leher, bahu, punggung bawah,lutut, kaki, tumit, maupun jari tangan. Untuk mengetahui lebih dalam tentang osteofit, simak penjelasan berikut.

Apa Itu Osteofit? 

 Osteofit Sebabkan Nyeri Parah Hingga Pembengkakan - Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Osteofit adalah pertumbuhan tulang baru yang terjadi di tepi tulang di sekitar sendi. Proses ini adalah respons alami tubuh terhadap kerusakan atau degenerasi pada sendi. Tulang ini biasanya terbentuk di area sendi yang mengalami tekanan berulang, misalnya pada sendi lutut, pinggul, tulang belakang, atau sendi tangan. Meskipun seringkali terkait dengan osteoarthritis, namun taji tulang bisa juga terjadi karena kondisi medis lainnya, seperti penebalan tulang atau stenosis tulang belakang.

Faktor Apa Saja yang Menyebabkan Osteofit? 

Penyebab utama kelainan tulang ini adalah tekanan berlebihan pada sendi. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan tekanan berulang meliputi:

  • Osteoarthritis: Merupakan kondisi degeneratif yang umum terjadi pada usia lanjut. Tulang rawan di sendi mengalami pengikisan, menyebabkan gesekan antar tulang. Kemudian, tubuh merespon dengan membentuk taji tulang untuk mencoba menstabilkan sendi yang terganggu.
  • Cedera atau Trauma: Cedera sendi atau tulang dapat memicu respon pembentukan tulang baru sebagai upaya tubuh untuk mengatasi kerusakan.
  • Stres Berulang: Aktivitas fisik berulang yang menimbulkan tekanan pada sendi, seperti olahraga yang melibatkan beban berlebihan pada sendi tertentu, dapat merangsang pembentukan osteofit.
  • Proses Penuaan: Proses penuaan alami tubuh dapat menyebabkan perubahan dalam struktur dan fungsi sendi, yang mungkin memicu pembentukan osteofit.

Seperti Apa Gejalanya?

Osteofit seringkali tidak menimbulkan gejala. Namun, jika mereka tumbuh cukup besar atau menyebabkan perubahan signifikan pada sendi, gejala yang mungkin muncul meliputi nyeri, pembengkakan, perubahan mobilitas sendi, atau sensasi terjepit di area yang terkena.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Pengelolaan osteofit biasanya fokus untuk meredakan gejalanya. Pendekatan yang umumnya diterapkan meliputi:

  • Manajemen Nyeri: Penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) atau obat pereda nyeri dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan akibat taji tulang.
  • Pemberian Injeksi: Injeksi kortikosteroid dapat diberikan langsung ke area yang bermasalah untuk meredakan nyeri dan peradangan.
  • Manajemen Berat Badan: Menjaga berat badan yang sehat dapat mengurangi tekanan pada sendi dan membantu mencegah pembentukan osteofit lebih lanjut.
  • Modifikasi Aktivitas: Menghindari aktivitas fisik yang berlebihan atau melibatkan tekanan berlebih pada sendi dapat membantu mencegah perkembangan penyakit lebih lanjut.
  • Intervensi Bedah: Dalam kasus yang parah dan jika metode pengelolaan lain tidak efektif, pembedahan mungkin dipertimbangkan untuk menghilangkan taji tulang yang mengganggu atau merusak sendi.

Meskipun mungkin tidak selalu menimbulkan gejala, pengelolaan yang tepat diperlukan jika osteofit menyebabkan ketidaknyamanan atau mempengaruhi mobilitas. Jika rasa nyeri muncul dan tidak juga membaik, segeralah berkonsultasi dengan dokter ahli kami di Lamina Pain and Spine Center. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan, baik fisik maupun radiologis guna mendiagnosis pertumbuhan tulang pada sendi Anda. Dengan diagnosis yang akurat, dokter akan menentukan penanganan yang tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Baca juga: Waspadai Saraf Kejepit Bokong Bisa Timbulkan Nyeri Menjalar Hingga Tungkai Bawah

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Osteofit?

Osteofit atau taji tulang adalah kelainan yang terjadi akibat adanya pertumbuhan tulang yang tidak wajar ke arah luar tubuh. Biasanya, tulang ini muncul di tempat pertemuan kedua tulang atau persendian. Kondisi ini pada akhirnya dapat mempengaruhi mobilitas dan kenyamanan seseorang.

Apa Faktor yang Dapat Menyebabkan Osteofit?

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan tekanan berulang, diantaranya: 1. Osteoarthritis 2. Cedera atau trauma 3. Stres berulang 4. Proses penuaan

Bagaimana Penanganan Osteofit?

Penanganannya meliputi: 1. Penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid 2. Pemberian injeksi kortikosteroid 3. Manajemen berat badan 4. Menghindari aktivitas fisik berlebih 5. Intervensi bedah

Artikel Terkait