Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
Perbedaan Ciri-Ciri Saraf Kejepit, Dengan Sakit Punggung Biasa!

Pemeriksaan dan Konsultasi Pada Masalah Nyeri Pinggang Itu Penting!

Nyeri pinggang merupakan hal yang umum terjadi pada siapapun dan kapanpun. Tak jarang nyeri pinggang ini dapat menyebabkan penderitanya merasakan sakit hingga sampai tak mampu melakukan aktivitas sehari-hari. Jika sudah seperti ini, maka kamu perlu waspada terhadap penyakit yang mungkin saja bisa merupakan salah satu gejala penyakit tertentu.

Mengapa bisa terjadi?

Mengutip dari artikel kesehatan Mayo Clinic (2021) menyebutkan bahwa nyeri leher terkadang dapat berkembang begitu saja tanpa adanya penyebab yang dapat didentifikasi oleh dokter. Namun, pada kebanyakan kasus, nyeri pinggang ini dapat terjadi ketika terdapat masalah pada gangguan tulang punggung. Selain itu, kondisi tertentu seperti kehamilan juga terkadang menimbulkan gejala nyeri pada pinggang. Meskipun sering menyerang wanita dan lansia, namun nyeri pada pinggang juga banyak menyerang orang  yang jarang berolahraga, orang yang menderita arthritis, orang yang memiliki masalah psikologis, dan para perokok. Golongan tersebut lebih rentan berisiko terkena nyeri pinggang daripada golongan lainnya.

Baca juga: Rekomendasi Dokter Saraf Terbaik Di Jakarta 

Penyakit yang bisa menimbulkan sakit pinggang

nyeri pinggang

  • Ketegangan otot dan ligamen

Ketika seseorang mengangkat beban yang terlalu berat berulang-ulang dalam waktu yang lama. Maka, dapat membuat otot di sekitar punggung dan ligamen menjadi tegang. Apalagi, jika kondisi tubuh dalam keadaan buruk, hal ini akan membuat otot berisiko menjadi kejang. Sehingga, terkadang membuat penderitanya merasakan rasa sakit pada area pinggang.

  • Saraf kejepit

Kondisi ini terjadi ketika disk yang memiliki peran sebagai bantalan di antara tulang pecah atau menonjol ke luar dari jalurnya. Kondisi ini dapat menekan saraf di area sekitar tulang belakang yang menyebabkan nyeri. Sakit atau nyeri tersebut bisa sangat memburuk, bahkan dapat membuat penderitanya menjadi lumpuh.

  • Radang sendi

Osteorarthritis dapat memengaruhi punggung bagian bawah. Dalam beberapa kasus, radang sendi di tulang belakang ini dapat menyebabkan penyempitan ruang di sekitar sum-sum. Sehingga, menyebabkan stenosis tulang belakang yang dapat menimbulkan nyeri pada area pinggang.

Pentingnya pemeriksaan dan konsultasi

Pemeriksaan dan konsultasi terhadap permasalahan punggung hingga pinggang sangat penting untuk penderita lakukan. Hal ini karena, area punggung hingga pinggang merupakan salah satu anggota tubuh yang sensitif karena merupakan salah satu jalur saraf dari tulag sum-sum belakang hingga ke otak. Selain itu, pinggang juga merupakan anggota badan yang berperan penting dalam menopang tubuh dalam aktivitas sehari-hari. Sehingga adanya masalah atau gangguan pada pinggang bisa menghambat aktivitas sekaligus mampu memicu datangnya penyakit komplikasi lainnya.

Pengobatan yang tepat

Di klinik Lamina Pain and Spine Center, masalah nyeri leher dapat terobati dengan beberapa cara, salah satunya adalah PSLD (Percutaneous Stenoscopy Lumbar Discectomy) atau tindakan minim sayatan untuk mengobati masalah pinggang akibat penyempitan tulang belakang atau saraf kejepit. Selain itu, fisioterapi juga bisa menjadi metode pengobatan alternatif untuk mengobati nyeri pada pinggang akibat cedera hingga kecelakaan. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi nomor helpline yang ada pada website.

Baca juga: Ini Penyebab Nyeri Bahu Setelah Melakukan Vaksinasi COVID-19!

Artikel Terkait