preloader
Edit

Tentang Kita

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Pengapuran Tulang Obatnya Apa dan Bagaimana Pemulihannya?

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Pengapuran Tulang Obatnya Apa dan Bagaimana Pemulihannya?
 Pengapuran Tulang Obatnya Apa dan Bagaimana Pemulihannya?

Pengapuran tulang dan sendi dapat menyebabkan terganggunya pergerakan Anda.

Dulu pengapuran tulang ini dianggap penyakit degeneratif, atau penyakit orang tua atau lansia karena sendi menjadi ‘aus’ atau usang. Ternyata proses ini juga disertai dengan proses peradangan sehingga mengakibatkan kerusakan pada sendi tersebut.

Selain diakibatkan oleh ‘aus’, kondisi ini juga dapat disebabkan cedera/trauma atau akibat dari penyakit sendi lain.

Pengapuran Tulang atau Osteoartritis

Osteoartritis sendiri terdiri dari 3 kata, yaitu ‘osteo’ berarti tulang; ‘artr’ artinya sendi; dan’ itis’ yang berarti adanya peradangan. Peradangan inilah yang dapat menimbulkan gejala nyeri, kaku dan bengkak. 

Tulang rawan yang terdapat di antara sendi berfungsi sebagai bantalan sendi agar sendi dapat bergerak tanpa gesekan. Namun bagian ini mengalami kerusakan sehingga permukaan tulang pada sendi tersebut saling bergesekan dan timbul rasa nyeri, bengkak dan kaku.

Jadi kondisi medis ini merupakan proses radang pada sendi akibat adanya kerusakan pada tulang rawan sendi.

Kerusakan tulang rawan tersebut, juga dapat terjadi pada seluruh tulang rawan sendi mana pun. Mulai dari lutut, pergelangan kaki, panggul, bahu, tulang belakang, hingga siku. Tak hanya itu, stadiumnya pun berbeda-beda.

Umumnya pengapuran tulang terjadi pada lutut dan panggul karena kedua sendi ini merupakan sendi penopang beban tubuh terbesar (weight bearing).  

Mengenal Pengapuran pada Tulang Belakang

Tulang belakang juga tak luput dari pengapuran, namun yang paling sering terjadi punggung bawah/pinggang dan leher.

Pengapuran pada tulang belakang biasanya mengenai sendi facet yang berada di antara tulang belakang. Dalam beberapa kasus, degenerasi bantalan tulang belakang juga dapat menyebabkan artritis sendi facet. Saat bantalan tulang menjadi lebih tipis, maka beban dapat berpindah ke sendi faset sehingga terjadi gesekan dan lambat laun dapat menimbulkan kerusakan pada tulang rawan.

Akibat gesekan tersebut dapat menyebabkan tumbuhnya taji tulang (bone spur) yang dapat mempersempit rongga tulang belakang dan saraf tulang belakang. Dampaknya dapat menimbulkan nyeri akibat penyempitan rongga tulang belakang (stenosis spinalis) dan saraf terjepit (radikulopati).  

Peradangan lainnya yang juga dapat menyerang tulang belakang adalah ankylosing spondylitis (AS). Peradangan ini mengakibatkan nyeri dan lambat laun ruas tulang belakang menyatu layaknya dahan pohon bambu sehingga disebut dengan bamboo spine.

Selain menyebabkan tulang belakang membungkuk, AS juga berdampak pada gerakan tulang belakang.

Pengapuran tulang belakang menimbulkan variasi gejala, berbeda antara satu dengan lainnya. Pada umumnya:

  • Nyeri punggung dan leher, terutama punggung bawah atau pinggang
  • Tulang belakang kaku atau kurang fleksibel, misalnya tidak dapat meluruskan punggung atau menolehkan leher
  • Tulang belakang yang  terkena menjadi bengkak dan nyeri
  • Nyeri, bengkak dan kekakuan otot pada area tubuh lainnya (terutama akibat peradangan)
  • Tubuh terasa lemah atau fatigue
  • Nyeri dan kebas pada lengan atau kaki jika pengapuran tulang berdampak pada saraf tulang belakang
  • Sakit kepala (pada pengapuran leher)

Gejala Pada Lutut

Pengapuran tulang juga dapat terjadi pada sendi lutut. Gejalanya dapat berupa nyeri (yang memburuk saat beraktivitas dan membaik ketika istirahat), terdengar bunyi (krepitus) pada saat sendi bergerak, dan bengkak serta kekakuan sendi.

Pada awalnya, nyeri timbul saat melakukan aktivitas fisik yang berat seperti sesudah berlari, berjalan jauh, atau sesudah naik turun tangga berulang.

Selanjutnya, nyeri juga timbul saat beraktivitas sehari-hari seperti ketika bangun dari jongkok, atau saat sujud, dan berdiri lama.

Pemeriksaan Penunjang Radiologis

Untuk membantu menegakkan diagnosis pengapuran tulang, dokter akan meminta Anda melakukan pemeriksaan radiologi (rontgen).

Pada rontgen dokter dapat melihat gambaran penyempitan celah sendi, tumbuhnya taji tulang (osteofit) dan terjadi pengapuran di sekitar sendi yang terkena.

Apakah Bisa Sembuh?

OA tidak dapat pulih atau sembuh karena pada umumnya makin lama makin memburuk sejalan dengan usia.

Anda dapat mengendalikan nyeri akibat pengapuran tulang ini sehingga Anda dapat beraktivitas seperti biasanya dan melakukan kegiatan sehari-hari tanpa rasa nyeri. 

Karena nyeri timbul saat beraktivitas dan hilang saat beristirahat, maka pasien dengan pengapuran cenderung mengurangi aktivitasnya agar tidak nyeri.

Hal ini kurang tepat karena otot-ototnya akan menjadi lemah bila Anda jarang menggunakan otot untuk bergerak, sehingga beban ke sendi akan menjadi lebih berat dan pada saat berjalan/bangun dari duduk nyeri semakin hebat.

Lakukan Langkah Sehat

Langkah sehat untuk membantu meredakan nyeri pengapuran tulang:

– Kompres, kompres dingin saat bengkak, dan jika sudah teratasi atau terasa kaku maka Anda dapat memilih kompres hangat

– Menjaga berat badan tetap ideal, karena berat badan yang berlebihan akan menjadi beban bagi sendi-sendi yang menopang tubuh, sehingga semakin nyeri.

-Kurangi aktivitas tertentu yang menyebabkan nyeri sendi, misalnya jongkok, lompat, lari, terlalu sering naik-turun tangga atau berdiri terlalu lama. 

–  Menjalani latihan terapi fisik atau rehabilitasi medik. Dokter akan menyusun program ini sesuai dengan kondisi sendi Anda.

Penanganan pengapuran tulang bergantung pada stadium atau tahapan keparahannya.

Salah satu yang dapat menjadi pilihan penanganan nyeri lutut akibat pengapuran tulang adalah dengan injeksi asam hialuronat atau viscosuplementasi.

Terapi injeksi asam hialuronat ini bertujuan untuk menggantikan asam hialuronat alami yang ada di ruang sendi dan mencegah tulang saling bergesekan.

Pilihan lainnya adalah injeksi steroid yang juga dapat membantu meredakan peradangan, mengatasi pembengkakan dan mengurangi nyeri.  Bergantung lokasi dan peradangannya, dokter akan menginjeksikan steroid ini langsung ke sendi (intraartikular), ke dalam jaringan lunak (periartikular), dan ke dalam otot (intramuskular).

Teknologi pengobatan kini semakin berkembang. Pilihan penanganan nyeri pada lutut akibat pengapuran tulang adalah platelet-rich plasma (PRP). Platelet-rich plasma (PRP) atau plasma kaya trombosit yang mengandung growth factor yang peting dalam proses penyembuhan atau perbaikan jaringan.

Mengendalikan Nyeri

Lantaran pengapuran tulang merupakan penyakit degeneratif yang sebagian besar diakibatkan usia maka penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Namun Anda bisa mengendalikan rasa nyeri, meningkatkan fungsi sendi, mempertahankan berat badan normal, dan melakukan gaya hidup yang sehat. Jangan lupa istirahat yang cukup.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 08.00 - 22.00
Selasa : 08.00 - 22.00
Rabu : 08.00 - 22.00
Kamis : 08.00 - 22.00
Jumat : 08.00 - 22.00
Sabtu : 08.00 - 22.00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. All Rights Reserved.

    Daftar Online

    Daftar Online