Edit

Tentang Kita

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Pengkristalan pada Sendi (Pseudogout) akibat kristal kalsium pirofosfat

Pengkristalan pada Sendi (Pseudogout) akibat kristal kalsium pirofosfat

Pseudogout adalah penyakit yang menyebabkan rasa sakit yang terjadi mirip dengan penyakit asam urat (Gout), namun berbeda dari faktor penyebabnya. Pseudogout ini disebabkan oleh pengendapan kristal kalsium pirofosfat dihidrat menimbulkan nyeri dan hilang timbul.

Gejala Penyakit

Gejala yang terjadi berbeda beda, ada yang mengalami penyakit pseudogout biasanya anda akan merasakan nyeri di lutut, pergelangan tangan, bahu, atau sendi-sendi besar lainnya. Namun dalam beberapa kasus penyakit pseudo gout,  penderita tidak merasakan nyeri, bahkan beberapa orang yang memiliki endapan kristal dalam jumlah besar tidak merasakan nyeri.

Pengendapan kristal kalsium pirofosfat ini dapat diketahui dengan rontgen, akan nampak endapan berwarna putih dari kristal kalsium pirofosfat. Pengobatan yang dapat dilakukan adalah meminum obat anti peradangan non-steroid (misalnya ibuprofen) banyak digunakan untuk mengurangi nyeri dan peradangan Namun jika pengobatan yang telah anda lakukan belum membuahkan hasil, sebaiknya Segera lakukan konsultasi dengan Klinik ARFA PAIN & SPINE CENTER, karena ditangani langsung dengan  dr. Mahdian Nur Nasution Sp.BS yang merupakan dokter spesialis tulang belakang yang sudah berpengalaman.

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk pseudogout?

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena pseudogout meliputi:

• Usia yang semakin tua. Risiko mengalami pseudogout meningkat seiring dengan bertambahnya usia
  • Cedera sendi. Cedera sendi, seperti cedera serius atau operasi dapat meningkatkan risiko terkena pseudogout pada bagian itu
  • Kelainan genetik. Dalam beberapa keluarga, kecenderungan untuk mengalami penyakit ini disebabkan oleh faktor keturunan. Mereka cenderung terserang pseudo gout di usia yang masih muda
  • Ketidakseimbangan mineral. Risiko terserang pseudogout lebih tinggi pada mereka yang kadar kalsium atau zat besi dalam darahnya terlalu berlebih atau terlalu sedikit mengandung magnesium
  • Kondisi medis lainnya. Pseudo gout juga dikaitkan dengan kelenjar tiroid yang kurang aktif atau kelenjar paratiroid yang terlalu aktif

KLIK DISINI UNTUK KONSULTASI GRATIS DENGAN DOKTER WAWAN DAN TIM (082123977262)