preloader
Edit

Tentang Kita

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Pengobatan Cedera Lutut yang Bisa Dilakukan di Rumah

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Pengobatan Cedera Lutut yang Bisa Dilakukan di Rumah
 Pengobatan Cedera Lutut yang Bisa Dilakukan di Rumah

Pengobatan cedera lutut umumnya sangat bervariasi tergantung tingkat keparahan cedera yang penderita alami, pengobatan tersebut bisa menggunakan terapi hingga dengan operasi besar. Jika cedera yang kamu alami merupakan tipe cedera ringan akibat aktivitas sehari-hari, maka cedera tersebut mampu teratasi dengan beberapa perawatan sederhana seperti yang akan dijelaskan di dalam artikel ini!

Gejala ringan pada cedera

Pengobatan Cedera Lutut

Cedera lutut merupakan masalah yang banyak terjadi pada para atlet maupun orang yang sering melakukan kegiatan dengan banyak melibatkan alat gerak kaki. Pada kebanyakan kasus, cedera lutut ini banyak melibatkan luka di sekitar ligamen, salah satunya adalah akibat robeknya tulang rawan di area tersebut. Mengutip dari artikel kesehatan Mayo Clinic (2021) menyatakan bahwa  ada beberapa gejala ringan yang sering penderita cedera alami, di antaranya:

  • Merasakan lutut mulai membengkak.
  • Kekauan di area lutut sehingga penderitanya sulit bergerak
  • Area lutut menjadi hangat
  • Otot dan sendi lutut menjadi melemah sehingga sulit melakukan gerakan sederhana sekalipun
  • Adanya suara letupan ketika penderita menggerakan lututnya

Namun, gejala tersebut tentunya tidak semua penderita cedera lutut rasakan. Hal ini karena gejala yang muncul berbeda-beda tergantung letak terjadinya cedera. Selain itu, jika kamu merasakan gejala di atas, kamu bisa mencoba melakukan pengobatan siaga di rumah untuk mengurangi rasa sakit atau agar cedera tidak menjadi lebih buruk.

Pengobatan di rumah

Ada beberapa langkah yang bisa penderita cedera ikuti untuk ketika sudah terjadi cedera, di antaranya:

  • Mengompres bagian cedera dengan air dingin maupun air panas
  • Istirahatkan diri dari berbagai aktivitas
  • Lindungi bagian lutut
  • Segera hubungi dokter untuk segera melakukan konsultasi

Pengobatan medis

Pengobatan cedera tidak boleh penderita lakukan sembarangan, hal ini agar bisa mencegah cedera menjadi lebih buruk. Selain itu, cedera lutut bisa menjadi kronis jika tidak segera mendapat pengobatan. Ada beberapa cara yang bisa penderita cedera lutut lakukan, seperti :

1.Fisioterapi

Fisioterapi merupakan terapi untuk memulihkan gerak/fungsi tubuh agar kembali normal dengan meningkatkan kinerja otot sendi, juga mengurangi rasa sakit pada penderita osteoarthritis. Terapi ini bisa menggunakan cara manual, menggunakan peralatan, hingga menggunakan beberapa teknologi mutakhir. Namun, biasanya terapi ini hanya untuk masalah nyeri lutut yang belum kronis/belum terlalu parah.

2.PRP

Injeksi PRP bisa menjadi salah satu pengobatan/tindakan medis yang penderita cedera lutut lakukan. Hal ini karena injeksi PRP bisa mengurangi peradangan, hingga mempercepat proses penyembuhan pada pasien cedera.

Baca juga: Benarkah Merokok Penyebab Tulang Belakang Nyeri?

Mengenal pengobatan RFA

Selain kedua pengobatan di atas klinik Lamina Pain and Spine Center juga menyediakan pengobatan terapi radiofrekuensi sebagai pilihan tepat untuk mengatasi cedera lutut Terapi ini menggunakan terapi menggunakan jarum, sama dengan akupuntur. Menurut beberapa jurnal kesehatan menyebutkan bahwa terapi RFA terbukti 90% efektif untuk menyembuhkan nyeri lutut. Radiofrekuensi ablasi merupakan salah satu metode yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi nyeri lutut akibat cedera maupun penyakit lainnya. Sehingga rasa nyeri lutut pun menjadi berkurang secara signifikan bahkan hingga 75%. Selain itu, metode ini juga memiliki beberapa kelebihan, seperti, minim risiko hingga minim perdarahan, komplikasi, dan infeksi, proses tindakan yang cepat, tak perlu rawat inap, dan biaya lebih terjangkau. Nah itu dia beberapa kelebihan RFA yang bisa menjadi pilihan untuk pasien yang tidak ingin melakukan operasi besar untuk mengatasi nyeri lutut akibat obesitas. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu mengenai kondisi nyeri lutut yang kamu alami agar mendapatkan pengobatan/penanganan yang tepat.

 

Baca juga: Pentingnya Pemeriksaan dan Konsultasi Pada Masalah Nyeri Leher!

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. All Rights Reserved.

    Daftar Online