Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
ref

Penting, Berikut Titik Refleksi Kaki Beserta Manfaatnya Untuk Tubuh!

Refleksi kaki adalah jenis pengobatan tradisional. Kegiatan ini juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh. Pada beberapa titik refleksi pada bagian kaki kamu bisa melakukan pemijatan dengan lembut agar manfaatnya bisa terasa pada tubuh. Kamu bisa melakukan pemijatan pada beberapa titik seperti, jari kaki, tumit hingga pergelangan kaki bagian depan dan belakang pada tumit.
Saat badan terasa pegal dan kaki terasa tidak nyaman, refleksi kaki bisa menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Teknik pijatan refleksi adalah jenis pengobatan tradisional yang berasal dari negara Cina dan banyak orang percaya bisa meningkatkan kebugaran serta kesehatan tubuh. Metode ini umumnya dilakukan oleh terapis yang berpengalaman agar manfaatnya bisa maksimal.

Titik refleksi kaki dan manfaatnya bagi tubuh

refleksi kaki

Pijat refleksi kaki adalah pengobatan tradisional yang bisa menggunakan pijatan-pijatan lembut pada titik tertentu bagian tubuh, seperti telinga, punggung, dan juga kaki. Teknik pijat refleksi hampir mirip dengan teknik akupuntur dan akupresur. Jenis pengobatan tradisional ini di Indonesia sendiri cukup populer dan banyak memiliki peminat.
Masyarakat banyak memilih refleksi kaki untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan seperti, seputar kelelahan, pegal, hingga kaki yang terasa tidak nyaman akibat lelahnya aktivitas harian. Beberapa ahli juga berpendapat jika pijatan kaki juga bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang dengan menurunkan tingkat stres. Berikut adalah beberapa titik ijatan pada kaki beserta manfaatnya untuk tubuh manusia yang perlu kamu ketahui:
Sela-sela jari kaki

Pada bagian sela-sela jari kaki menjadi salah satu titik pijatan kaki. Tindakan refleksi kaki pada sela-sela jari, dapat menyehatkan area dada, paru-paru, hingga punggung belakang.

Baca juga: Manfaat dan Kelebihan Fisioterapi Dibanding Pengobatan Lainnya!

Jari kaki

Selain itu, jari kaki menjadi titik paling umum dalam refleksi kaki. Lakukan peijatan lembut pada jari-jari kaki agar bisa menghilangkan rasa pegal dan tidak nyaman terasa pada area bagian betis.

Tumit kaki

Memilih untuk memijat pada bagian tumit kaki ternyata memiliki manfaat positif untuk kesehatan. Pijatan pada bagian tumit dapat membuat pegal-pegal pada area betis dapat teratasi dengan baik. Selain itu, pijatan pada tumit juga bisa membuat kaki menjadi lebih rileks.

Sisi kaki bagian atas tumit

Pemijatan secara lembut kamu bisa lakukan pada bagian sisi kaki atas tumit bisa menjadi bagian titik refleksi yang bermanfaat untuk mengatasi atau memperbaiki permasalah nyeri, pegal atau tidak nyaman pada area pinggul.

Jempol kaki

Selain beristirahat dan mengonsumsi obat, kamu bisa melakukan pijatan dengan tekanan lembut pada bagian jempol kaki untuk menghilangkan nyeri kepala. Pijatan  pada bagian jempol kaki bermanfaat juga secara efektif untuk mengatasi kondisi tegang dan kram pada kaki.

Punggung atas kaki

Terlihat sederhana, ternyata memijat pada bagian punggung atas kaki memiliki manfaat positif untuk kesehatan. Melakukan refleksi kaki pada punggung atas kaki bisa membuat tubuh lebih nyaman dan rileks.

Pergelangan kaki belakang

Titik pijatan pada area kaki dan pergelangan belakang dapat mengurangi tekanan pada bagian tendon atau area bawah kaki. Tendon achilles bisa membantu tendon atau urat yang menghubungkan otot betis ke tumit.
Itulah beberapa titik pijatan yang perlu kamu ketahui untuk mengurangi nyeri pada tubuh secara alami.

Namun, jika kamu mengalami gangguan nyeri pada kaki sebaiknya periksakanlah di Klinik Lamina Pain and Spine Center agar mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Baca juga: Pangkal Paha Sakit? Atasi dengan PLDD hanya 10 Menit di Lamina!

Artikel Terkait