Edit

Tentang Kita

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Nyeri Leher Ternyata Memerlukan Pemeriksaan Medis!

Nyeri Leher Ternyata Memerlukan Pemeriksaan Medis!

Nyeri leher bisa terjadi pada siapapun dan kapanpun. Tak jarang nyeri leher ini dapat menyebabkan penderitanya merasakan sakit hingga sampai tak mampu melakukan aktivitas sehari-hari. Jika sudah seperti ini, maka kamu perlu waspada terhadap penyakit yang mungkin saja bisa merupakan salah satu gejala penyakit tertentu.

Mengapa bisa terjadi kondisi ini?

Nyeri Leher

Mengutip dari artikel kesehatan Mayo Clinic (2021) menyebutkan bahwa nyeri pada leher umumnya disebabkan oleh adanya otot-otot yang mengalami ketegangan di sekitar leher. Hal ini biasanya terjadi akibat penderitanya melakukan aktivitas sehari-hari yang melibatkan leher, seperti mengangkat beban berat, terlalu lama duduk dengan posisi menunduk, dan banyak olahraga tertentu lainnya.

Pada banyak kasus, nyeri leher bisa sembuh dengan sendirinya dengan perawatan di rumah dan obat-obatan yang dokter berikan. Namun, jika nyeri leher yang penderita alami bertahan hingga berminggu-minggu, maka kamu harus waspada. Karena bisa saja nyeri leher tersebut merupakan gejala dari sebuah penyakit berbahaya.

Penyakit yang bisa menimbulkan sakit leher

• Meningitis

Masalah ini terjadi akibat adanya infeksi bakteri, virus, hingga jamur di selaput otak hingga sum-sum tulang belakang. Meningis umumnya mengalami gejala seperti pusing, kejang, berkurangnya nafsu makan. Bahkan, jika sudah sangat parah, penyakit meningitis juga bisa menyebabkan penderitanya menjadi tak sadarkan diri atau koma.

• Tortikolis

Penyakit tortikolis atau leher miring merupakan masalah leher yang bisa terjadi pada anak hingga lansia. Umumnya, penyakit ini terjadi akibat genetic, gangguan saraf, cedera leher hingga akibat infeksi. Pada kondisi yang masih ringan, penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, kebanyakan kasus biasanya penderitanya harus mendapatkan perawatan medis lebih lanjut agar dapat sembuh total.

• Cervical spondylosis

Peradangan yang terjadi di area leher akibat adanya peradangan merupakan tanda munculnya penyakit cervical spondylosis. Gejala utama pada penyakit ini adalah munculnya rasa nyeri, kaku, dan melemahnya otot-otot di area leher.