Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
Pentingnya Vitamin B untuk Saraf - Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Mengenal Pentingnya Vitamin B untuk Kesehatan Saraf

Tahukah Anda pentingnya mengonsumsi vitamin B untuk kesehatan saraf? Kurangnya vitamin B atau vitamin neurotropik ternyata dapat menyebabkan gangguan saraf, yang jika dibiarkan bisa sangat berbahaya. Anda mungkin akan merasakan nyeri, kebas, kram, kesemutan hingga melemahnya otot tubuh. Hal ini tentu akan sangat membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari yang dilakukan. 

Vitamin neurotropik adalah kelompok vitamin yang mencakup vitamin B1 (tiamin), vitamin B6 (piridoksin), dan vitamin B12 (kobalamin). Ketiga jenis vitamin tersebut memiliki manfaatnya sendiri dan sangat penting dalam membantu menjaga kesehatan saraf tubuh. 

Ketahui Manfaat Konsumsi Vitamin B Kompleks

Berikut ini adalah pentingnya vitamin B kompleks dalam menjaga stabilitas fungsi sistem saraf untuk mencegah penyakit neuropati atau kerusakan saraf tubuh. 

Vitamin B1

Konsumsi vitamin B1 dengan cukup dapat membantu mengurangi nyeri, peradangan, dan mencegah kerusakan jaringan atau sel tubuh. Vitamin B1 juga berperan penting untuk membantu tubuh menghasilkan energi dari asupan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi sel.

Vitamin B juga dapat mengurangi nyeri akibat beberapa penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung. Fungsi lainnya antara lain untuk meningkatkan energi, mengurangi stres dan mencegah penyakit Alzheimer.

Anda bisa mendapatkan vitamin B1 dari berbagai makanan seperti kacang polong, beras merah, makanan fermentasi ataupun makanan yang telah melalui proses fortifikasi seperti sereal. 

Vitamin B6

Vitamin B6 merupakan nutrisi yang sangat penting untuk menjaga fungsi saraf pusat dan ujung saraf. Jika Anda kekurangan vitamin B6 maka bisa mengakibatkan kelelahan berlebihan, cemas, depresi, sulit tidur, dan pusing atau sakit kepala. Bahkan Anda mungkin akan mengalami nyeri saraf (neuralgia) dan sindrom terowongan karpal (carpal tunnel syndrome).

Vitamin B6 terdapat pada makanan-makanan seperti daging, ikan, kacang-kacangan, kentang, dan pisang. Jika kebutuhan Vitamin B6 masih belum terpenuhi, maka sebaiknya konsumsi suplemen tambahan untuk mengatasi defisiensi vitamin. 

Vitamin B12

Vitamin B12 dapat membantu mendukung fungsi normal sel-sel pada saraf. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan neuropati perifer yang jika tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan kerusakan saraf permanen. 

Asupan vitamin B12 yang cukup juga dapat mencegah anemia, membantu perbaikan saraf dengan regenerasi jaringan saraf, meningkatkan fungsi saraf, serta dapat menjaga fungsi mielin (selubung saraf). 

Kandungan vitamin B12 terdapat pada makanan dari produk hewani seperti daging merah, daging unggas, hati, telur, ikan, susu dan produk olahan susu. 

Apabila kebutuhan vitamin B tidak tercukupi dari makanan, maka Anda bisa mengonsumsi suplemen tambahan. Namun, sebaiknya tetap ikuti anjuran dokter agar dosis suplemen sesuai. 

Hal lain yang juga perlu diperhatikan yaitu jangan pernah mengabaikan gejala nyeri akibat gangguan saraf. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kami di Lamina Pain and Spine Center melalui nomor 021-7919-6999 atau chat via whatsapp ke 0811 1443 599.

Semoga sehat selalu!

Baca juga: Awas, Sering Kesemutan Bisa Jadi Gejala Saraf Terjepit

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Pentingnya Konsumsi Vitamin B?

Kurangnya vitamin B atau vitamin neurotropik ternyata dapat menyebabkan gangguan saraf, yang jika dibiarkan bisa sangat berbahaya. Anda mungkin akan merasakan nyeri, kebas, kram, kesemutan hingga melemahnya otot tubuh. Hal ini tentu akan sangat membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari yang dilakukan.

Apa Itu Vitamin Neurotropik?

Vitamin neurotropik adalah kelompok vitamin yang mencakup vitamin B1 (tiamin), vitamin B6 (piridoksin), dan vitamin B12 (kobalamin). Ketiga jenis vitamin tersebut memiliki manfaatnya sendiri dan sangat penting dalam membantu menjaga kesehatan saraf tubuh.

Apa Fungsi Vitamin B12?

Vitamin B12 dapat membantu mendukung fungsi normal sel-sel pada saraf. Asupan vitamin B12 yang cukup juga dapat mencegah anemia, membantu perbaikan saraf dengan regenerasi jaringan saraf, meningkatkan fungsi saraf, serta dapat menjaga fungsi mielin (selubung saraf).

Artikel Terkait