Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
bokong nyeri - Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Penyebab Bokong Nyeri dan Cara Mengobatinya

Apakah Anda mengalami bokong nyeri yang sangat mengganggu hingga sulit untuk beraktivitas? Nyeri bokong seringkali disebabkan oleh berbagai faktor dan gejala yang muncul dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan. Kondisi ini tentu tidak dapat Anda abaikan begitu saja, apalagi jika rasa sakitnya sudah menjalar sampai ke area tubuh lainnya. 

Penyebab Bokong Nyeri

bokong nyeri - Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Beberapa kondisi dapat memicu  nyeri di area bokong, antara lain: 

  • Cedera
  • Ketegangan otot
  • Sindrom Piriformis
  • Herniasi diskus
  • Bursitis (Ischial Bursitis)
  • Skiatika

Cara Mengobati Bokong Nyeri

Anda bisa mencoba berbagai cara berikut untuk mengurangi rasa sakit di area bokong, seperti:

  • Istirahat dan Perubahan Aktivitas: Hindari aktivitas yang dapat memperparah nyeri, seperti duduk terlalu lama dalam satu posisi atau mengangkat beban berat.
  • Pemanasan dan Peregangan: Hal ini dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan mencegah cedera. 
  • Kompres Dingin atau Panas: Kompres dingin dapat membantu meredakan peradangan, sedangkan kompres panas dapat membantu mengendurkan otot yang tegang. 
  • Konsumsi Obat Pereda Nyeri: Anda dapat menggunakan obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen atau parasetamol sesuai dosis yang tertera di kemasan. 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika kondisi Anda tidak kunjung membaik setelah melakukan perawatan mandiri atau jika ada gejala tambahan yang mengkhawatirkan seperti demam, kelemahan, atau kesemutan, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Masalah kesehatan yang lebih serius seperti hernia atau masalah saraf memerlukan perhatian medis lebih lanjut.

Mengatasi Bokong Nyeri di Lamina Pain and Spine Center

Pada kondisi nyeri kronis dan cukup parah, dokter mungkin akan merekomendasikan metode pengobatan lainnya, seperti radiofrekuensi ablasi. 

Radiofrekuensi ablasi adalah prosedur intervensi non-bedah yang menggunakan energi radiofrekuensi untuk mengobati nyeri kronis pada berbagai bagian tubuh. Prosedur ini biasanya dilakukan oleh seorang dokter spesialis anestesi atau dokter intervensi nyeri yang sangat terlatih. Tujuan dari radiofrekuensi ablasi adalah untuk merusak saraf-saraf yang menyebabkan sakit kronis, sehingga mengurangi atau menghilangkan rasa sakit pada bokong.

Apabila kondisi Anda tak kunjung membaik, segeralah berkonsultasi dengan dokter kami di Lamina Pain and Spine Center. Dokter akan melakukan anamnesis dan pemeriksaan secara menyeluruh untuk memberikan diagnosis dan penanganan yang tepat. 

Untuk berkonsultasi secara online, Anda bisa menghubungi tim Assistance Center Lamina di nomor 021-7919-6999 atau chat melalui whatsapp di 0811-1443-599.

Baca juga: Alami Nyeri Bokong yang Menjalar ke Kaki? Waspada Saraf Kejepit

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Penyebab Nyeri Bokong?

Beberapa kondisi yang dapat memicu nyeri, antara lain: 1. Cedera 2. Ketegangan otot 3. Sindrom Piriformis 4. Herniasi diskus 5. Bursitis (Ischial Bursitis) 6. Skiatika

Bagaimana Cara Menangani Nyeri pada Area Bokong?

Beberapa cara yang dapat dicoba, diantaranya: 1. Istirahat 2. Melakukan pemanasan dan peregangan 3. Kompres dingin atau panas 4. Konsumsi obat pereda nyeri

Kapan Harus Memeriksakan Diri Jika Mengalami Nyeri Bokong?

Jika kondisi Anda tidak kunjung membaik setelah melakukan perawatan mandiri atau jika ada gejala tambahan yang mengkhawatirkan seperti demam, kelemahan, atau kesemutan, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Masalah kesehatan yang lebih serius seperti hernia atau masalah saraf memerlukan perhatian medis lebih lanjut

Artikel Terkait