Osteomielitis

Penyebab Osteomielitis atau Infeksi Tulang

Infeksi tulang bisa disebabkan oleh penyebaran hematogen (melalui darah) dari fokus infeksi di tempat lain (misalnya Tonsil yang terinfeksi, lepuh, gigi terinfeksi, infeksi saluran nafas atas). Osteomielitis akibat penyebaran hematogen biasanya terjadi ditempat di mana terdapat trauma dimana terdapat resistensi rendah kemungkinan akibat trauma subklinis (tak jelas). Osteomielitis dapat berhubungan dengan penyebaran infeksi jaringan lunak (mis. Ulkus dekubitus yang terinfeksi atau ulkus vaskuler) atau kontaminasi langsung tulang (mis, fraktur ulkus vaskuler) atau kontaminasi langsung tulang (mis. Fraktur terbuka, cedera traumatik seperti luka tembak, pembedahan tulang. Pasien yang beresiko tinggi mengalami osteomielitis adalah mereka yang nutrisinya buruk, lansia, kegemukan atau penderita diabetes. Selain itu, pasien yang menderita artritis reumatoid, telah di rawat lama dirumah sakit, mendapat terapi kortikosteroid jangka panjang, menjalani pembedahan sendi sebelum operasi sekarang atau sedang mengalami sepsis rentan, begitu pula yang menjalani pembedahan ortopedi lama, mengalami infeksi luka mengeluarkan pus, mengalami nekrosis insisi marginal atau dehisensi luka, atau memerlukan evakuasi hematoma pascaoperasi.

Gejala Infeksi Tulang

Gejala yang terjai pada orang yeng terkena infeksi tulang, secara umum akan merasakan sakit pada tulang serta mengalami demam. Pada Infeksi Tulang akut gejala, demam terjadi secara tiba tiba, area yang mengalami infeksi biasanya akan membengkak serta lembut saat disentuh. Kesulitan bergerak, serta adanya pembenkakan kelenjar getah bening di dekat bagian tulang yang mengalami infeksi.

Sementara itu pada penyakit infeksi tulang kronis. Gejala yang dapat terlihat adalah

• Nyeri tulang
  • Perasaan lelah yang terjadi secara terus menerus
  • Nanah mengalir dari saluran sinus
  • Pembengkakan pada area infeksi
  • Perubahan kulit
  • Keringat berlebihan
  • Tubuh mengalami panas dingin.

Pengobatan dan Perawatan Pada Infeksi Tulang

Dalam mengatasi Infeksi Tulang (Osteomielitis) biasanya pasien akan segera diberikan obat Antibiotik. Tujuannya adalah untuk menghentikan penyebaran membunuh kuman ( bakteri ) yang sering menyebabkan osteomielitis. Gejala-gejala dapat menetap cukup cepat setelah pasien mengkonsumsi antibiotik.

Penderita mungkin harus minum obat selama 4-6 minggu tetapi, jika Anda memiliki infeksi berat, bisa saja pasien harus mengkonsumsi obat antibiotik hingga dua belas minggu. Hal ini untuk memastikan semua infeksi telah hilang dari tulang. Untuk mengontrol rasa sakit pasien biasanya akan diberi obat penghilang rasa sakit dan jika pasien memiliki infeksi pada tulang panjang ( seperti tangan atau kaki ) Pasien mungkin dilengkapi dengan belat agar pasien tidak terlalu banyak bergerak yang dapat memperburuk kondisi.

Selain diobati dengan antibiotik, sebagian penderita biasanya memelukan operasi dan bahkan harus diamputasi. Operasi dilakukan jika pada infeksi terdapat abses, hal ini karena adanya abses tersebut perlu dikeringkan. Selain itu, operasi perlu dilakukan jika infeksi menekan atau mengganggu pada struktur penting lainnya.Operasi juga perlu dilakukan pada infeksi tulang  (Osteomielitis) kronis. Jangan ragu untuk mengonsultasikan nyeri Anda bersama Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

KLIK DISINI UNTUK KONSULTASI GRATIS DENGAN DOKTER WAWAN DAN TIM (082123977262)